Pertempuran Głogów

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Głogów
Wojna Polsko-Niemiecka 1109.png
Kampanye tahun 1109 konflik Polandia-Jerman
Tanggal 24 Agustus, 1109
Lokasi Głogów, Kerajaan Polandia
Hasil Polandia menang
Pihak yang terlibat
Alex K Kingdom of Poland-flag.svg Kerajaan Polandia Heiliges Römisches Reich - Reichssturmfahne vor 1433 (Nimbierter Adler).svg Kekaisaran Romawi Suci
Komandan
Bolesław III yang Bermulut Masam Henry V dari Jerman
Svatopluk, Adipati Bohemia
Kekuatan
tidak diketahui sekitar 10,000
Monumen anak-anak di Głogów
Prasasti mengandung tulisan Gallus Anonymus : "Lebih baik dan terhormat bagi warga dan sandera mati diatas pedang di dalam membela tanah air daripada membayar dengan menyerahkan diri untuk kehidupan yang tak terhormat sebagai budak dari tuan-tuan yang biadab."

Pertempuran Głogów atau Pertahanan Głogów (bahasa Polandia: Obrona Głogowa) terjadi pada tanggal 24 Agustus 1109 di Silesia kota Głogów, antara Kerajaan Polandia dan Kekaisaran Romawi Suci. Dicatat oleh sejarawan abad pertengahan Gallus Anonymus menceritakan salah satu dari peperangan yang terkenal di dalam sejarah Polandia. Pasukan Polandia dipimpin oleh Adipati Bolesław III yang Bermulut Masam, dan pasukan Kerajaan dipimpin oleh Raja Henry V dari Jerman. Bolesław memenangkan pertempuran tersebut.

Peristiwa awal[sunting | sunting sumber]

Setelah lama bersaing di antara Dinasti Piast, Bolesław III pada tahun 1107 akhirnya megusir saudara tirinya dan wakil pemimpin Adipati Zbigniew dari Polandia. Zbigniew melarikan diri ke Kekaisaran Romawi Suci dimana ia mencari bantuan dari Kaisar Henry V. Namun kaisar tidak bertindak, karena ia terkurung di dalam persaingan Hongaria, mendukung Árpád pangeran Álmos melawan saudaranya Raja Coloman, dan memulai ekspedisi senjata ke Bratislava (Pozsony).

Henry terbelenggu dengan Bolesław, ketika adipati Polandia yang setia kepada Raja Coloman, mengambil kesempatan untuk kampanye di wilayah-wilayah Bohemia pada tahun 1108: Segera setelah adipati Bohemia Svatopluk mendengar invasi ini, ia meninggalkan pasukan kekaisaran untuk mengusir pasukan Polandia. Ditinggalkan sendirian, Raja Henry terpaksa mengabaikan kampanye Hongarianya.

Meradang atas kekalahan itu, Henry akhirnya melibatkan dirinya sendiri dengan Zbigniew dan meminta Bolesław untuk memulihkan saudara tirinya dan juga membayar upeti tahunan kepada kerajaan, dimana adipati Polandia ditolak. Tahun berikutnya pasukan Jerman berkumpul di Erfurt, menyeberangi perbatasan Polandia dekat Krosno di sungai Bóbr dan Hari Santo Bartholomew dekat benteng kota Głogów, dimana mereka bertemu pasukan Bohemia Adipati Svatopluk. Pertama-tama mereka mengalahkan garnisun Polandia yang berlokasi di dekat kota, ketika Bolesław yang sedang sedih bergegas dari pertempurannya melawan Pomeranian di Nakło.

Pengepungan[sunting | sunting sumber]

Menurut Gallus' Gesta principum Polonorum, Raja Henry, mengetahui bahwa Bolesław berada di kota tersebut, terpaksa mengepung Głogów namun memberikan warganya gencatan senjata selama 5 hari untuk meminta raja mereka untuk menyerah. Ia diduga bahkan membuat warga kota menyerahkan anak-anak mereka sebagai sandera sebagai jaminan gencatan senjata dan berjanji untuk mengembalikan mereka hidup-hidup tidak peduli apapun jawaban Bolesław.

Namun adipati Polandia tidak berniat untuk menyerahkan kota tersebut dan memerintah untuk mempertahankan Głogów. Setelah 5 hari berakhir, Raja Henry mulai memberondong kota itu. Melanggar janjinya, ia merantai tawanan anak-anak tersebut ke mesin pengepungannya, berharap agar warga Głogów tidak akan menembak keturunan mereka sendiri, yang akan memberinya peluang untuk menguasai wilayah tersebut. Namun, Gallus menyatakan bahwa kekejamannya terhadap anak-anak hanya memperkuat tekad para pembela Głogów. Beberapa serangan kasar oleh pasukan Kekaisaran dilancarkan, dan Henry menderita kekalahan yang signifikan oleh prajurit perang gerilya Polandia. Setelah beberapa hari pertempuran tanpa hasil, raja terpaksa meninggalkan pengepungan tersebut dan berbaris menuju selatan.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Kampanye Raja Henry menjadi suatu kegagalan penuh, ketika pertempuran tersebut berakhir dengan kemenangan final Bolesław pada Pertempuran Hundsfeld (Psie Pole). Adipati Svatopluk dibunuh - kemungkinan oleh pengikut Bohemia, Vršovci - yang masih berada di kemah Głogów pada tanggal 21 September. Pewarisnya Vladislaus rujuk kembali dengan Bolesław, dimana setelah itu Zbigniew dapat kembali ke Polandia pada tahun 1111, hanya untuk ditahan dan dibutakan oleh saudara tirinya tak lama setelah itu. Posisi Bolesław terhadap Kekaisaran diperkokoh, dan pada tahun-tahun berikutnya ia dapat menkonsolidasikan pemerintahannya di Pomerania dan Wilayah Lubusz. Tidak melebihi tahun 1157, ketika Kaisar Frederick Barbarossa dengan bantuan Silesia adipati Władysław II yang Diasingkan melancarkan sebuah kampanye yang sukses ke wilayah-wilayah Polandia.

Setelah selama berabad-abad lamanya hubungan dengan Jerman ambivalen, pertahanan yang sukses dan tradisi kekejaman Henry telah berevolusi ke elemen kunci ingatan bangsa Polandia. Prasasti yang pertama didirikan oleh warga Głogów di dalam peringatan ke-850 pertempuran pada tahun 1959. Pada tanggal 1 September 1979 Realistik Sosialis peringatan yang besar kepada anak-anak Głogów dilantik untuk memperingati tidak hanya untuk peringatan ke-870 namun juga hari peringatan ke-40 Jerman Invasi Polandia.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 51°40′14″LU 16°5′34″BT / 51,67056°LU 16,09278°BT / 51.67056; 16.09278