Pertempuran Crimissus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Crimissus
Bagian dari Perang Sisilia
Tanggal340 SM
Lokasisungai Crimissus
Hasil Kartago dipaksa ke sudut baratdaya Sisilia
Pihak terlibat
Syracuse Karthago
Tokoh dan pemimpin
Timoleon Asdrubal
Hamilcar
Kekuatan
6,000 or 12,000 70,000
Korban
450 to 1600 8,000

Pertempuran Crimissus adalah pertempuran pasukan besar Kartago yang dipimpin oleh Asdrubal dan Hamilcar melawan Syracuse pada tahun 340 SM. Kekuatan dari Syracuse dipimpin oleh Timoleon menang.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Segera setelah Timoleon melepas Dionysius II dari Syracuse, pasukan besar Kartago mendarat di Sisilia. Timoleon memutuskan untuk melawan dengan memajukan pasukan ke wilayah Kartago untuk mencegah wilayah Yunani direbut oleh pasukan Kartago.[1]

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Menurut Plutarch, kekuatan Kartago sebesar 70.000 orang dan termasuk banyak kereta perang empat kuda. Timoleon hanya memimpin 5000 infanteri dan 1000 kavaleri untuk melawan mereka. Pasukan lainnya agak lebih besar yaitu 12.000. Timoleon mampu menangkap pasukan Kartago ketika mereka menyeberangi sungai Crimissus, pertama mengirim kavalerinya melawan mereka untuk mengacaukan mereka guna mencegah pasukan Kartago membentuk formasi perang yang tepat. Ketika infanteri Yunani menyerang terjadi badai hebat dan saat angin bertiup ke wajah pasukan Kartago, menjadi lebih sulit bagi mereka untuk melawan. Pasukan warga pita suci Kartago bertempur dengan berani dan, menurut laporan, sampai orang yang terakhir.

Kartago dikalahkan dan benteng pertahanan mereka direbut Timolean.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lost Battles, Philip Sabin hal.163

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]