Pertarungan Santiago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Piala Dunia FIFA 1962
Grup 2
Pemain Italia Giorgio Ferrini meninggalkan lapangan dengan kawalan polisi
Tanggal2 Juni 1962
StadionEstadio Nacional, Santiago de Chile
WasitKen Aston (Inggris)
Penonton66,057

Pertarungan Santiago (it. Battaglia di Santiago, sp. Batalla de Santiago) adalah julukan untuk pertandingan sepak bola yang terkenal karena keburukannya pada Piala Dunia FIFA 1962. Pertandingan ini dimainkan dengan Chili antara Italia pada 2 Juni, 1962 di Santiago.[1] Wasit pertandingan tersebut adalah Ken Aston yang kemudian menciptakan sistem kartu kuning dan merah.[2]

Detail[sunting | sunting sumber]

Pada pertandingan Grup 2 ini, sudah terjadi ketegangan ketika dua wartawan Italia yang meliput persiapan Santiago dalam Piala Dunia 1962 yang dianggap masih buruk.[1] Organisasi Chili dan persiapan akan turnamen tersebut sudah luar biasa; namun, pada 1960 gempa bumi terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah sangat memengaruhi negara tersebut. Artikel Italia tersebut digunakan oleh koran-koran Chili untuk merangsang penduduk Chili. Wartawan tersebut, Antonio Ghirelli dan Corrado Pizzinelli, harus meninggalkan negara tersebut sebelum Piala Dunia dimulai dengan alasan keamanan: beberapa hari sebelumnya seorang wartawan Argentina, yang dengan salah dianggap wartawan Italia, dipukuli di sebuah bar di Santiago.

Pelanggaran pertama terjadi 12 detik setelah kick-off.[1] Giorgio Ferrini dikeluarkan dua belas menit kemudian setelah melakukan pelanggaran terhadap Honorino Landa, namun menolak untuk meninggalkan lapangan sehingga ia harus dikeluarkan paksa oleh polisi. Landa membalas memukul beberapa menit kemudian, namun ia tidak dikeluarkan.

Wasit Ken Aston mengabaikan pukulan Leonel Sanchez kepada Mario David, yang kemudian dibalas oleh David tak lama kemudian, ketika David menendang kepala Sanchez. Ia dikeluarkan.

Ketika kekerasan terus berlanjut, antara sembilan pemain Italia dan sebelas pemain Chili, Sanchez mematahkan hidung Humberto Maschio dengan tonjokan tangan kiri, namun Aston tidak mengeluarkan Sanchez. Ketika kedua tim terlibat baku hantam dan peludahan, polisi harus melerai sebanyak tiga kali. Chili memenangkan pertandingan 2-0 (74' Ramírez; 88' Toro).

Ketika sorotan permainan tersebut [3] ditayangkan pada televisi Inggris beberapa hari kemudian (tidak pada hari yang sama, karena rekaman harus diterbangkan ke Inggris), pertandingan tersebut dibuka dengan iintroduksi David Coleman mengatakan pertandingan tersebut "adalah pertandingan paling bodoh, paling mengerikan, paling menjijikan, dan paling memalukan dalam sejarah sepak bola."[1]

Pertandingan[sunting | sunting sumber]

2 Juni 1962
15.00 UTC−5
Chili  2 – 0  Italia
Ramírez Gol 73'
Toro Gol 87'
Report
Estadio Nacional, Santiago
Penonton: 66.057
Wasit: Ken Aston (Inggris)
Chili
CHILE:
GK 1 Misael Escuti
DF 2 Luis Eyzaguirre
DF 3 Raúl Sánchez
DF 4 Sergio Navarro (c)
DF 5 Carlos Contreras
MF 6 Eladio Rojas
FW 7 Jaime Ramírez
MF 8 Jorge Toro
FW 9 Honorino Landa
FW 10 Alberto Fouilloux
MF 11 Leonel Sánchez
Pelatih:
Chili Fernando Riera
Italia
ITALY:
GK 12 Carlo Mattrel
DF 4 Sandro Salvadore
FW 7 Bruno Mora (c)
FW 8 Humberto Maschio
FW 9 José Altafini
FW 11 Giampaolo Menichelli
DF 16 Enzo Robotti
DF 18 Mario David sent off 41'
DF 19 Francesco Janich
MF 20 Paride Tumburus
MF 21 Giorgio Ferrini sent off 8'
Pelatih:
Italia Paolo Mazza

Wasit: Ken Aston (Inggris)

Asisten wasit:
Israel Leo Goldstein
Meksiko Fernando Buergo Elcuaz

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Murray, Scott (2003-11-06). "The Knowledge (November 6 2003)". Guardian Online (UK). London. Diakses tanggal 2006-06-26. 
  2. ^ "FIFA.com - Ken Aston – the inventor of yellow and red cards". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-06-06. Diakses tanggal 2011-01-02. 
  3. ^ Video Highlights: The Battle of Santiago. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]