Persikama Kabupaten Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Persikama)
Persikama Kabupaten Magelang
Nama lengkapPersatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Magelang
JulukanLaskar Syailendra
Berdiri19 November 1986
StadionStadion Gemilang, Bumirejo, Kota Mungkid
(Kapasitas: 20,000)
Ketua UmumRohman
SekretarisDoni Kurniawan
ManajerSukardiyono Goodres
PelatihTommy Parsep
LigaLiga 3 Zona Jawa Tengah
Kostum kandang
Kostum tandang

Persikama Kabupaten Magelang (Persatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Magelang) adalah sebuah tim sepak bola Indonesia kebanggaan warga Kabupaten Magelang yang bermarkas di ibu kota Kabupaten Magelang yaitu di Kota Mungkid.

Persikama berdiri pada tanggal 19 November 1986 di Muntilan dan telah diakui secara resmi PSSI pada kongres tahun 1997. Inisiator dalam pembentukan PERSIKAMA adalah Bupati Magelang (saat itu) Solichin dan Subagiono, Kepala Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan pada era tersebut. Persikama adalah tim yang masih sangat muda, apalagi bila dibandingkan dengan saudara tuanya PPSM Sakti Magelang. Pada tanggal 16 Juni 2011, bertempat di perwakilan dari beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang mendirikan wadah suporter Persikama yang disebut KAMANIA. Kehadiran kelompok suporter yang keberadaan dan kehadirannya mulai diterima kalangan pecinta sepak bola di Magelang sekaligus membawa beberapa desakan penting yakni ; meminta agar Pemerintah Kabupaten Magelang, DPRD Kabupaten Magelang dan sektor swasta potensial untuk mendukung PERSIKAMA mengikuti Kompetisi Divisi III dengan target lolos ke level yang lebih tinggi di setiap musim, serta segera merealisasikan rencana pembangunan "stadion" sepak bola yang sesuai standar kompetisi sepak bola nasional sebagai home-base PERSIKAMA. Kamania berkomitmen untuk mendukung PERSIKAMA dengan cara damai dan kreatif, serta menjalin hubungan baik dengan kelompok suporter yang lain, demi terwujudnya cita-cita bersama untuk menjadikan PERSIKAMA sebagai ikon baru Kabupaten Magelang. Stadion Kabupaten Magelang atau disebut juga Stadion Gemilang sebagai home base Persikama. Stadion yang bertempat di Desa Bumirejo, Kota Mungkid ini yang sampai kini digunakan Persikama untuk melaksanakan laga kandang. Pada tahun 2015 ini Persikama siap mangarungi kompetisi Liga Nusantara. Bergabung dalam grup B Liga Nusantara 2015 Zona Jawa Tengah bersama dengan Persipa Pati, PSD Demak, Persiku Kudus, dan Persik Kendal.

Rekor musim ke musim[sunting | sunting sumber]

  • 2017 Liga 3 Peringkat 3 Grup A (Regional Jateng)
  • 2018 Liga 3 Peringkat 3 Grup 4 (Regional Jateng)
  • 2019 Liga 3 Peringkat 5 Grup 2 (Regional Jateng)
  • 2021 Liga 3 Peringkat 4 Grup E (Regional Jateng)
  • 2022 Liga 3 Peringkat 2 Grup G (Regional Jateng)

Tim utama[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan tim utama dari Persikama Kab.Magelang 2015

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
21 GK Indonesia IDN Fajar
1 GK Indonesia IDN Ikhsan Yoga
12 GK Indonesia IDN Agil
19 DF Indonesia IDN Edi Rintoko
15 DF Indonesia IDN Tyas
23 DF Indonesia IDN Herwin
5 DF Indonesia IDN Aditya Wahyudi
3 DF Indonesia IDN Syamsudin
5 DF Indonesia IDN Rino
16 DF Indonesia IDN Hery
14 DF Indonesia IDN Pandu
No. Pos. Negara Pemain
10 MF Indonesia IDN Ikmal
7 MF Indonesia IDN Ahmad Kusdiyanto
25 MF Indonesia IDN Ruslan "Ateng"
8 MF Indonesia IDN Hendro Prasetyo
10 MF Indonesia IDN Anton
11 MF Indonesia IDN Reza
17 MF Indonesia IDN Dendi
9 MF Indonesia IDN Andhika
32 FW Indonesia IDN Sumaryanto
18 FW Indonesia IDN Anwar Rohman

Daftar transfer[sunting | sunting sumber]

Masuk[sunting | sunting sumber]

Nama Dari
Indonesia Sumaryanto Persitema Temanggung
Indonesia Ruslan "Ateng" PPSM Magelang

Pertandingan[sunting | sunting sumber]

Kesebelasan kebanggaan Kabupaten Magelang ini melakukan sejumlah laga uji coba menjelang kick off Liga Nusantara 1 April 2015 mendatang. Awalnya, uji coba di kandang terkendala izin, maka Persikama hanya melakoni laga tandang. Laga tandang pertama di Alun Alun Wates melawan Persikup Kulon Progo dan mampu menahan imbang tuan rumah 1-1 pada hari Minggu (15/3/2015). Setelah itu, Persikama pada laga uji coba ke dua melawat ke kandang Persiharjo di Stadion Gelora Merdeka, Sukoharjo Jumat (20/3/2015) kemarin, Ruslan ‘Ateng’ cs mampu mengalahkan tuan rumah 0-1. Satu-satunya gol Persikama dicetak Rino melalui titik putih menit ke-80. Hasil positif ini, tentu mendongkrak motivasi anak-anak Magelang . Sampai pada akhirnya, Persikama telah mengantongi izin untuk berlaga kandang setelah launching Stadion Gemilang dan tim persikama pada hari Kamis (26/3). Sore itu Persikama menjamu Persiharjo Sukoharjo. Dari jalannya pertandingan, kedua tim bertarung cukup sengit. Pada menit ke 4, Ruslan Ateng dan kawan-kawan (Persikama) langsung menyerangkan gawang lawan. Ini berawal dari serangan balik. Maman berhasil melewati dua pemain belakang Persiharjo. Sayang, tendangannya melebar beberapa sentimeter dari gawang tim tamu yang dijaga Baskoro.Selanjutnya, pada menit 27, Sumaryanto Gambir juga membuat peluang. Hanya, sundulannya masih bisa ditangkap penjaga gawang.Terus ditekan, tim tamu beberapa kali juga membuat peluang. Di antaranya melalui kaki Purwanto dan Ferry. Namun, semua gagal berbuah gol, akibat penyelesaian akhir yang buruk. Kedudukan 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.Memasuki babak kedua, Pelatih Persikama Tommy Parsep melakukan sejumlah pergantian pemain.Permainan anak asuhnya jauh lebih hidup. Serangan demi serangan terus dilancarkan. Lagi-lagi, gol gagal tercipta. Kiper dari Persiharjo masih mampu mengantisipasi lajunya bola.Pada menit- menit akhir, kemelut di depan gawang Persiharjo, Sumaryanto Gambir mampu menkonversi bola liar. Kedudukan menjadi 1-0 untuk Persikama. Beruntung, tidak lama kemudian wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]