Persaudaraan Suku Banjar dengan Suku Dayak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sejak zaman dahulu telah terjadi hubungan persaudaraan dan ikatan kekeluargaan serta toleransi yang tinggi antara suku Banjar dan suku-suku Dayak.

Suku Banjar meskipun memiliki pertalian darah dan kebudayaan dengan Suku Dayak terutama Maanyan, Ngaju dan Bukit (Banjar arkhais) tetapi tidak dimasukkan ke dalam sub-suku Dayak karena keduanya memiliki sejarah yang berbeda dalam proses pembentukan identitasnya baik dalam hal politis, sosio-kultural dan agama.

Identitas sebagai Urang Banjar yang merupakan penduduk dari Kesultanan Banjar bagi suku-suku rumpun Maanyan, Ngaju dan Bukit telah lebih dahulu terbentuk dan melekat daripada identitas sebagai Dayak yang merupakan sebuah payung untuk mempersatukan suku-suku asli Kalimantan yang berada di luar wilayah hukum Kerajaan atau Kesultanan dan umumnya tidak beragama Islam yang secara umum baru terbentuk setelah peristiwa Perjanjian Tumbang Anoi tahun 1894.

Dengan demikian, identitas sebagai Banjar dan Dayak sebenarnya adalah identitas bangsa; yaitu suatu kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan sejarah dan kebudayaan. Sebagian Urang Banjar masih mengakui diri mereka sebagai Urang Dayak atau sedarah dengan Dayak.

Perkawinan Sultan Banjar dengan Puteri-puteri Dayak[sunting | sunting sumber]

Dari tradisi lisan suku Dayak Ngaju dapat diketahui, isteri Raja Banjar pertama yang bernama Biang Lawai beretnis Dayak Ngaju. Sedangkan isteri kedua Raja Banjar pertama yang bernama Noorhayati, menurut tradisi lisan Suku Dayak Maanyan, berasal dari etnis mereka. Jadi perempuan Dayaklah yang menurunkan raja-raja Banjar yang pernah ada. Dalam Hikayat Banjar menyebutkan salah satu isteri Raja Banjar ketiga Sultan Hidayatullah juga puteri Dayak, yaitu puteri Khatib Banun, seorang tokoh Dayak Ngaju. Dari rahim putri ini lahir Marhum Panembahan yang kemudian naik tahta dengan gelar Sultan Mustainbillah .Dan Sultan Tamjidillah Al-Wazikoebillah (putera Sultan Muda Abdurrahman bin Sultan Adam) juga lahir dari seorang putri Dayak berdarah campuran Tionghoa yaitu Nyai Dawang.

Sultan Muhammad Seman[sunting | sunting sumber]

Salah satu sayap militer Pangeran Antasari yang terkenal tangguh dan setia, adalah kelompok Suku Dayak Siang Murung dengan kepala sukunya Tumenggung Surapati. Hubungan kekerabatan sang pangeran melalui perkawinannya dengan Nyai Fatimah yang tak lain adalah saudara perempuan kepala suku mereka, Surapati. Dari puteri Dayak ini lahir Sultan Muhammad Seman yang kelak meneruskan perjuangan ayahnya sampai gugur oleh peluru Belanda tahun 1905. Dalam masa perjuangan tersebut, Muhammad Seman juga mengawini dua puteri Dayak dari Suku Dayak Ot Danum. Puteranya, Gusti Berakit, ketika tahun 1906 juga mengawini putri kepala suku Dayak yang tinggal di tepi sungai Tabalong. Sebagai wujud toleransi yang tinggi, ketika mertuanya meninggal, Sultan Muhammad Seman memprakarsai diselenggarakannya tiwah, yaitu upacara pemakaman secara adat Dayak.

Puteri Mayang Sari[sunting | sunting sumber]

Makam Putri Mayang Sari di desa Jaar, Kabupaten Barito Timur.

Putri Mayang Sari atau Poetri Maija[1] adalah Pemimpin Dayak Maanyan yang meneruskan kepemimpinan Uria Lan'na. Putri Mayang Sari berkedudukan di Sangarwasi (sebelumnya bernama Sangar Jatang), Kabupaten Barito Timur. Kampung Sanggarwasi sekarang masuk desa Jaar. Puteri Mayangsari puteri dari Raja Banjar Islam yang pertama (Sultan Suriansyah) dari isteri keduanya Norhayati yang berdarah Dayak, cucu Labai Lamiah tokoh Islam Dayak Maanyan. Labai Lamiah dimakamkan di dekat masjid Pusaka Nurul Iman di Puain Kanan. Walau Mayang Sari beragama Islam, dalam memimpin sangat kental dengan adat Dayak, senang turun lapangan mengunjungi perkampungan Dayak dan sangat memperhatikan keadilmakmuran masyarakat Dayak di masanya. Itu sebabnya ia sangat dihormati dan makamnya diabadikan dalam cungkup makam berbentuk Rumah Adat Banjar di Jaar, kabupaten Barito Timur (Marko Mahin, 2005).[2][3] [4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tijdschrift van het Bataviaasch Genootschap (dalam bahasa Belanda). 9. Batavia: Lange & Company. 1860. hlm. 174. 
  2. ^ https://AmpahChannel.wordpress.com
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-08. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  4. ^ http://www.freelists.org/post/nasional_list/ppiindia-Putri-Banjar-Di-Tanah-Dayak,1
  5. ^ (Belanda) "Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, Lembaga Kebudajaan Indonesia". Tijdschrift van het Bataviaasch Genootschap (dalam bahasa Belanda). 9. Lange & Company. 1860. hlm. 174. 


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Video di YouTube Legenda Putri Mayang Sari - By.Ampah Channel
  • Video di YouTube Situs Bersejarah Makam Putri Mayang [Bartim]
  • Video di YouTube Makam Ineh Palan S Boesay (Jaisah Bakang Boesay) Di Komplek Makam Putri Mayang Sari
  • Video di YouTube Wisata Spiritual Ke Makam Puteri Mayang Sari di Desa Jaar Barito Timur
  • Video di YouTube Trailer profil desa Jaar, kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur.
  • Video di YouTube Tarian DaYak Bikin Merinding Bulu kuduk, Desa Jaar Tamiang Layang Kalimantan Tengah
  • Video di YouTube Tarian Dayak Kalimantan Tengah Edisi NASAR Desa Jaar, Tamiang Layang Barito Timur Kalimantan Tengah
  • Video di YouTube Tarian Dayak Desa Jaar Kalimantan Tengah
  • Video di YouTube TERUNGKAP!! Inilah Sejarah Putri Mayang Sari di Jaar Sangarasi
  • Video di YouTube Nansarunai By Antat
  • Video di YouTube Museum Lambung Mangkurat: candi agung

Perang Banjar[sunting | sunting sumber]

Eratnya persahabatan Banjar-Dayak, juga karena kedua suku ini terlibat persekutuan erat melawan Belanda dalam Perang Banjar. Setelah terdesak di Banjarmasin dan Martapura, Pangeran Antasari beserta pengikut dan keturunannya mengalihkan perlawanan ke daerah Hulu Sungai dan sepanjang sungai Barito sampai ke hulu Barito, dimana terdapat beragam etnis Dayak terlibat di dalamnya. Perang antara koalisi etnis Banjar bersama etnis Dayak di satu pihak versus Belanda dan antek-anteknya di pihak lain, sebagaimana watak peperangan pada umumnya, jauh lebih banyak duka daripada sukanya. Kedua suku serumpun ini sudah merasa bersaudara senasib sepenanggungan, dimana harta benda, jiwa raga, darah dan air mata sama-sama tumpah di tengah api perjuangan mengusir penjajah. Beberapa pahlawan perang Banjar dan perang Barito dari etnis Dayak:

Dammung Sayu[sunting | sunting sumber]

Dammung Sayu merupakan seorang pemimpin masyarakat suku Dayak Maanyan Paju Sapuluh yang telah berjasa dalam membantu salah seorang kerabat raja Banjar yang bersembunyi di wilayahnya dari pengejaran pihak Belanda. Karena itu akhirnya Belanda membumihanguskan perkampungan suku ini yang terletak di Magantis, Dusun Timur, Barito Timur. Pihak kerajaan Banjar yang berjuang melawan penjajah Belanda mengangkat Dammung Sayu sebagai panglima dengan gelar Tumenggung dan memberikan seperangkat payung kuning dan perlengkapan kerajaan.

Sangiang[sunting | sunting sumber]

Toleransi antara suku Banjar dan Dayak, juga dapat dilihat dari sastera suci suku Dayak Ngaju, Panaturan. Digambarkan disana, Raja Banjar (Raja Maruhum) beserta Putri Dayak yang menjadi isterinya Nyai Siti Diang Lawai adalah bagian leluhur orang Dayak Ngaju. Bahkan mereka juga diproyeksikan sebagai sangiang (manusia illahi) yang tinggal di Lewu Tambak Raja, salah satu tempat di Lewu Sangiang (Perkampungan para Dewa). Karena Sang Raja beragama Islam maka disana disebutkan juga ada masjid.(Marko Mahin, Urang Banjar, 2005)

Balai Hakey[sunting | sunting sumber]

Secara sosiologis-antropologis antara etnis Banjar dan Dayak diibaratkan sebagai dangsanak tuha dan dangsanak anum (saudara tua dan muda). Urang Banjar yang lebih dahulu menjadi muslim disusul sebagian etnis Dayak yang bahakey (berislam), saling merasa dan menyebut yang lain sebagai saudara. Mereka tetap memelihara toleransi hingga kini. Tiap ada upacara ijambe, tewah dan sejenisnya, komunitas Dayak selalu menyediakan Balai Hakey, tempat orang muslim dipersilakan menyembelih dan memasak makanannya sendiri yang dihalalkan menurut keyakinan Islam.[1]

Intingan dan Dayuhan[sunting | sunting sumber]

Toleransi antara suku Banjar dengan suku Dayak Bukit di pegunungan Meratus di daerah Tapin di Kalimantan Selatan, juga dapat dilihat pada mitologi suku bangsa tersebut. Dalam pandangan mereka, Urang Banjar adalah keturunan dari Intingan (Bambang Basiwara), yaitu dangsanak anum (adik) dari leluhur mereka yang bernama Dayuhan (Ayuhan/Sandayuhan). Meskipun kokoh dengan kepercayaan leluhur, suku Dayak Bukit selalu menziarahi Masjid Banua Halat yang menurut mitologi mereka dibangun oleh Intingan, ketika saudara leluhur mereka tersebut memeluk agama Islam (Norpikriadi,Putri Dayak di Tanah Banjar, Opini Banjarmasin Post, Sabtu 21 Januari 2006).


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]