Perpustakaan Masjid Nabawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perpustakaan Masjid Nabawi
(مكتبة المسجد النبوي)
Ruang Baca Perpustakaan
Peta
LokasiMadinah, Arab Saudi
Didirikan1352 H
Situs webhttp://www.mktaba.org/

Perpustakaan Masjid Nabawi ([مكتبة المسجد النبوي Maktabah al-Masjid an-Nabawi] Error: {{Lang-xx}}: text has italic markup (help)) adalah sebuah Perpustakaan modern yang terletak di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Perpustakaan ini didirikan pada tahun 1352 Hijriah atas usulan dari Direktur urusan Wakaf Kota Madinah, Syaikh Ubaid Madani. Kepala Perpustakaan yang pertama adalah Ahmad Yasin al-Khiyari. Sebagian buku-buku yang ada di perpustakaan ini merupakan buku yang diwakafkan sebelum berdirinya perpustakaan baru, antara lain wakaf dari Perpustakaan Syaikh Muhammad Aziz al-Wazir yang telah mewakafkan perpustakaannya pada tahun 1320 Hijriah. Dan buku-buku yang dimasukkan ke perpustakaan setelah pembangunan antara lain buku-buku yang berada di Raudhah asy-Syarifah yang didalamnya terdapat buku sejarah pembangunan pendirian perpustakaan. Adapun perpustakaan yang pertama kali sudah ada di Masjid Nabawi, menurut Kitab Khazain al-Kutub al-'Arabiyyah, Perpustakaan Masjid Nabawi sudah berdiri sebelum terjadinya kebakaran Masjid Nabawi pada 13 Ramadhan 886 Hijriah. Kebakaran tersebut telah membakar rak-rak buku, mushaf-mushaf, buku-buku yang terdapat di perpustakaan.[1]

Pembagian Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan terbagi menjadi 7 bagian:[2]

  • Ruang Baca: Terdapat ruang baca untuk laki-laki dan ruang baca untuk perempuan.
  • Bagian Manuskrip: Terletak di lantai dua pintu 'Ustman bin Affan.
  • Bagian Perpustakaan Suara: Terletak di Pintu 17 Masjid Nabawi, bagian ini bertugas untuk menyimpan kajian-kajian, khutbah-khutbah dan rekaman salat-salat di Masjid Nabawi.
  • Bagian Teknis: Terletak di Pintu 9, bagian ini bertugas untuk menyampulkan, membersihkan dan sterilisasi buku-buku dan manuskrip.
  • Bagian Klasifikasi, Katalog, Majalah dan Gudang: Terletak di Pintu 9.
  • Bagian Buku-buku Langka: Bagian ini bertugas untuk menyimpan buku-buku langka, dari segi sejarah percetakaan (buku lama), bentuk, dekorasi atau gambar.
  • Bagian Perpustakaan Digital: Terdapat komputer-komputer jinjing yang tersambung dengan jaringan lokal Masjid Nabawi dan jaringan internet, para pengunjung dapat memanfaatkan dan mencari buku-buku dan tema yang berbeda yang tersedia di perpustakaan masjid nabawi ini. Terdapat pula Program Maktabah Syamilah, Program al-Maktabah al-Islamiyyah, dan situs-situs islami di internet. Perpustakaan ini berada di barat pintu masuk Masjid Nabawi, pintu 12 lantai 2 masjid nabawi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-28. Diakses tanggal 2013-09-27. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-22. Diakses tanggal 2013-09-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]