Perpustakaan akademik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perpustakaan Akademik Universitas Indonesia

Perpustakaan Akademik adalah perpustakaan yang merupakan bagian dari universitas, akademi, lembaga pendidikan tinggi.

Perpustakaan Akademik adalah unit pelayanan pusat Universitas. Berbeda dengan perpustakaan fakultas atau departemen yang berfokus pada literatur mata pelajaran masing-masing, termasuk aset dari literatur perpustakaan universitas pada semua Universitas bidang diwakili dan biasanya harus memiliki banyak daerah lain yang tidak diajarkan di Universitas . Di Indonesia biasanya perpustakaan akademik di Universitas berbentuk UPT (Unit Pelaksana Tehnis) yang dipimpin seorang Kepala UPT Perpustakaan Pusat bertanggung jawab secara langsung kepada rektor, melalui Wakil Rektor I (Bidang Akademik) dan berfungsi sebagai koordinator untuk perpustakaan-perpustakaan fakultas. Sedangkan Perpustakaan Fakultas bertanggung jawab kepada Dekan Fakultas masing-masing.

Perpustakaan ini juga memiliki tugas menjaga dan memelihara buku-buku berharga. Untuk tujuan ini, selain kemegahan abad pertengahan naskah mencakup buku atau cetakan budaya dan sejarah yang luar biasa atau lembaran tunggal. Akses ke karya-karya tersebut sangat terbatas.

Di dalam gedung Perpustakaan akademik biasanya terdiri dari ruang baca, ruang komputer, koneksi internet hotspot , ruang diskusi, kubikus, dan tempat pengembalian koleksi yang sedang dipinjam oleh pengguna perpustakaan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]