Pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Balcony snap
Adipati dan Putri Cambridge di balkon Istana Buckingham. Di sebelah kiri adalah pendamping pengantin junior Grace van Cutsem dan di sebelah kanan adalah pendamping pengantin junior Margarita Armstrong-Jones.

Pernikahan Pangeran William, Adipati Cambridge, dan Catherine Middleton dilaksanakan pada Jumat, 29 April 2011 di Westminster Abbey di London. Pangeran William, pewaris tahta urutan kedua dari Ratu Elizabeth II, pertama kali bertemu Catherine Middleton pada tahun 2011 ketika mengenyam pendidikan di Universitas St Andrews. Mereka bertunangan pada 20 Oktober 2010 dan baru diumumkan pada 16 November 2010. Peristiwa menjelang pernikahan dan pernikahan itu sendiri menarik perhatian besar dari media. Pernikahan mereka disiarkan secara langsung di seluruh dunia dan diperbandingkan dengan pernikahan orang tua William, Pangeran Charles dan Putri Diana Spencer pada tahun 1981. Sekitar dua miliar orang menyaksikan pernikahan ini di seluruh dunia. 24,5 juta orang menyaksikannya di Britania Raya.[1]

Sebagian besar perhatian terfokus pada status Middleton sebagai orang biasa (bukan keturunan keluarga kerajaan atau bagian dari aristokrasi) yang menikahi seorang anggota keluarga kerajaan. Beberapa jam sebelum prosesi pernikahan dimulai, Ratu menganugerahi gelar Adipati Cambridge, Earl Strathearn, dan Baron Carrickfergus kepada William. Sebelum pernikahannya, Middleton otomatis menjadi Yang Mulia Duchess of Cambridge, bukan 'Putri Catherine'.

Karena William bukan pewaris tahta langsung, pernikahan ini bukan merupakan acara negara sepenuhnya dan banyak rincian acara yang ditentukan oleh pasangan itu sendiri, misalnya jumlah tamu yang ditetapkan mencapai 1.900 orang. Hari pernikahan ini adalah hari libur umum di Britania Raya dan menampilkan berbagai unsur seremonial, termasuk kereta kuda kerajaan, Foot Guards dan Household Cavalry. Upacara ini dihadiri oleh sebagian besar Keluarga Kerajaan dan berbagai raja negara asing, duta besar, dan tamu pribadi yang dipilih oleh pasangan ini.

Middleton mengenakan pakaian putih sepanjang 270-sentimeter (110 in) karya desainer Britania Sarah Burton dan tiara yang dipinjamkan oleh Ratu. Pangeran William mengenakan seragam kehormatan Kolonel Irish Guards. Pendamping pengantin pria William adalah adiknya, Pangeran Harry, sementara Pippa Middleton, adik Catherine, berperan sebagai pendamping pengantin wanita. Upacara pernikahan dimulai pada 11:00 am BST (UTC+1). John Robert Hall, Dekan Westminster, membuka upacara ini bersama Rowan Williams, Uskup Agung Canterbury yang memimpin upacara pernikahan dan Richard Chartres, Uskup London yang memberi ceramah selepas upacara. Pembacaan pidato dilakukan oleh adik Catherine, James Middleton. Setelah upacara selesai, pasangan yang baru menikah ini mengikuti prosesi menuju Istana Buckingham untuk berdiri di balkon istana dan menerima penerbangan kehormatan sesuai tradisi sebelum masyarakat berkumpul di The Mall. Kemudian Pangeran mengendarai Aston Martin DB6 Volante klasik milik ayahnya bersama Catherine menuju Clarence House,[2]. Kendaraan tersebut didekorasi oleh Pangeran Harry dan James Middleton dengan plat nomor "JUST WED".

Setelah menikah, pasangan ini akan menetap di Pulau Anglesey di North Wales, tempat Pangeran William bertugas sebagai pilot RAF Search and Rescue.

Perencanaan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 November 2010, Clarence House mengumumkan tanggal untuk pernikahan sebagai 29 April 2011 dan tempatnya adalah Westminster Abbey. Westminster Abbey hanya baru-baru ini gereja yang pilihan untuk pernikahan kerajaan, sebelum 1918, pernikahan sebagian besar kerajaan terjadi di kapel kerajaan seperti Royal Chapel di St James's Palace dan St George's Chapel, Windsor Castle. Gereja, yang memiliki kapasitas tempat duduk biasa tahun 2000, telah menjadi tempat untuk pernikahan kerajaan baru-baru ini, termasuk Elizabeth II (kemudian Putri Elizabeth) dan Pangeran Philip (1947), Putri Margaret dan Anthony Armstrong-Jones (1960), Putri Anne dan Mark Phillips (1973), dan Andrew Prince dan Sarah Ferguson (1986).

Hal ini juga mengumumkan bahwa biaya dari pernikahan itu sendiri akan dipenuhi oleh keluarga kerajaan dan keluarga Middletons sendiri, sedangkan biaya keamanan dan transportasi akan ditanggung oleh bendahara Inggris. Pasangan itu juga telah meminta bahwa sumbangan dilakukan untuk amal di tempat hadiah pernikahan tradisional. Untuk itu, mereka mendirikan "The Pangeran William dan Miss Catherine Middleton Amal Gift Fund" yang berfokus untuk membantu badan amal seperti The New Zealand Christchurch Earthquake Appeal, The Canadian Coast Guard Auxiliary, The Royal Flying Doctor Service, dan The Zoological Society of London.

Selama minggu acara, Westminster Abbey penuh kegiatan untuk persiapan Pernikahan Kerajaan Pangeran William dan Kate Middleton pada Jumat, 29 April 2011.

Waktu Pelaksanaan[sunting | sunting sumber]

William dan Kate di altar

Mulai pukul 8:15, jemaat utama, gubernur-jenderal, perdana menteri negara-negara dunia, dan para diplomat semua akan tiba di Westminster Abbey. Pangeran William dan Pangeran Harry kemudian dijadwalkan tiba pada pukul 10:15, diikuti dengan kerajaan asing, keluarga Middleton, dan terakhir, sang Pangeran keluarga (Royal Princess, Duke of York, Putri Beatrice dari York, Princess Eugenie of York, Earl dan Countess of Wessex, Laksamana Timothy Laurence, Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall). Seperti tradisi, Ratu dan Duke of Edinburgh akan menjadi anggota terakhir dari keluarga kerajaan yang meninggalkan Istana Buckingham dan tiba di Westminster Abbey pada pukul 10:45. Pihak pengantin kemudian akan meninggalkan Hotel Goring pada waktunya untuk pelayanan yang dimulai pada pukul 11 ​​pagi. Pelayanan ini berakhir pada pukul 12:15, setelah itu pasangan yang baru menikah akan berkunjung ke Istana Buckingham dalam prosesi yang terdiri dari anggota keluarga kerajaan lainnya, orang tua dari kedua pengantin pria dan pengantin perempuan, pria terbaik, dan pengiring pengantin. Pada pukul 13:25, pasangan akan muncul di balkon Istana Buckingham untuk menonton pertunjukan masa lalu yang terdiri dari Lancaster, Spitfire, dan pesawat Badai dari Pertempuran Britania Memorial Penerbangan, diikuti oleh dua Topan dan dua Tornado GR4s.

Hiasan di Westminster Abbey[sunting | sunting sumber]

Pangeran William dan Kate Middleton telah memilih desainer bunga Shane Connolly yang berbasis di London untuk menciptakan menampilkan bunga untuk pernikahan mereka pada tanggal 29 April 2011. Connolly telah diarahkan tim toko bunga, termasuk Westminster Abbey dan Istana Buckingham.

Connolly dipilih oleh kedua Pasangan itu karena reputasinya untuk memproduksi menampilkan elegan dan unik, dan untuk pendekatan kreatif yang memfokuskan pada penggunaan bunga musiman, alami dan organik. Connolly juga terkenal dengan pendekatan yang berkelanjutan ke Budidaya Bunga, yang memasukkan sebanyak mungkin penggunaan pertumbuhan, bukan dipotong.

Menampilkan bunga di Westminster Abbey adalah fitur berbagai pertumbuhan musiman dan memotong bunga Inggris dan pohon bersumber dari Perkebunan Kerajaan dan petani lainnya di seluruh negeri. Bunga-bunga dan tanaman termasuk bunga azalea, rhododendron, euphorbias, beech, wisteria dan lilac.

Menampilkan bunga di Westminster Abbey akan mencakup delapan pohon setinggi 20 kaki, enam Maple Inggris dan dua hornbeam. Semua pohon akan tumbuh di perkebunan, yang juga telah dirancang oleh Connolly dan yang dibuat oleh pengrajin di Highgrove, The Prince of Wales Residence di Gloucestershire.

Setelah pernikahan, bunga-bunga dan tanaman akan ditinggalkan pada posisinya di Westminster Abbey agar publik bisa melihatnya sampai 6 Mei 2011. Setelah itu, banyak pohon-pohon akan dibawa ke Highgrove Gardens untuk ditanam. Tujuannya kedua pasangan itu bahwa banyak tanaman dan bunga potong dan semua tanaman yang tumbuh akan disumbangkan untuk amal atau ditanam kembali.

Enam anggota Nafas juga akan membantu Shane Connolly dan timnya untuk menghiasi Westminster Abbey. Anggota Nafas telah mengatur bunga-bunga untuk acara-acara khusus di Westminster Abbey selama bertahun-tahun.

Prosesi Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Rute[sunting | sunting sumber]

Peta Rute yang dilalui oleh Pangeran William saat acara The Royal Wedding

Rute yang dilalui oleh Pangeran William antara Istana Buckingham dan Westminster Abbey, melewati Clarence House, The Mall, Parade Pengawal Berkuda, melalui Kuda Pengawal Arch, Whitehall, sisi selatan Parliament Square, dan Broad Sanctuary.

The Band of the Coldstream Guards[sunting | sunting sumber]

Hiburan dalam bentuk pertunjukan lagu, lagu-lagu pop dan bernyanyi diberikan kepada orang banyak yang berderet di sepanjang rute prosesi pernikahan pada hari Pernikahan Kerajaan. Band Pengawal Coldstream yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang hidup pada hari itu.

Pada hari pernikahan lebih dari lima band militer ditempatkan di berbagai titik sepanjang rute dari Istana Buckingham ke Westminster Abbey.

Letnan Kolonel Jones Graham, adalah Direktur dari Band Coldstream tentang Musik.

Pada hari latihan, Band dari Pengawal Skotlandia F Coldstream dipimpin perusahaan Penjaga saat mereka berbaris dari mereka Wellington Barak untuk Istana Buckingham terdekat untuk m

Departemen Pertahanan dengan senang hati mengkonfirmasi rincian dan berbagai Personil Militer seremonial yang akan memainkan peran kunci dalam elemen-elemen formal dari pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada tanggal 29 April 2011.

Unsur-unsur militer yang terlibat adalah:

  • Queen's Guard:

Batalyon 1 Pengawal Irlandia akan menyediakan Pengawal Ratu di Istana Buckingham dan Menara London sepanjang hari. Garda akan berubah untuk keberangkatan keluarga kerajaan dari Istana Buckingham ke Westminster Abbey.

  • Guard of Honour:

Sebuah Pengawal Kehormatan terdiri dari tiga perwira dan 101 lainnya peringkat dari Pengawal Welsh akan diposisikan di halaman depan dari Istana Buckingham untuk mengembalikan anggota keluarga kerajaan.

  • Street Liners:

Lebih dari 1.000 personel militer dan musisi militer berada di garis rute dari Westminster Abbey ke Istana Buckingham. Mereka terdiri dari perwira dan peringkat lain dari:

HMS Astute, Campbeltown HMS, Chatham HMS, HMS Cumberland, HMS Daring, HMS berani, Diamond HMS, HMS Edinburgh, Gloucester HMS, HMS Mulia, Liverpool HMS, HMS Monmouth, Montrose HMS, Neptunus HMS, Northumberland HMS, HMS Vanguard, HMS York , Royal Naval Air Station Culdrose, Royal Naval Air Station Yeovilton, unsur-unsur dari Markas Armada Pertahanan dan Peralatan dan Dukungan, Bristol.

  • Tentara:

Pengawal Perusahaan Nijmegen Grenadier, Pengawal Perusahaan 7 Coldstream, Pengawal M Perusahaan Skotlandia , Pengawal Welsh Batalyon 1, Batalyon ke-2 The Princess of Wales Resimen Royal.

RAF Benson, RAF Boulmer, Chicksands RAF, RAF Coningsby, Cosford RAF, RAF Cottesmore, Cranwell RAF, RAF Digby, Fylingdales RAF, RAF Halton, High Wycombe RAF, Honington RAF, RAF Kinloss, Leeming RAF, RAF Lossiemouth, Lyneham RAF, RAF Marham, RAF Odiham, personel RAF dari Tetap Bersama Markas Northwood, RAF Scampton, RAF Shawbury, RAF St Athan, RAF Swanwick, RAF Valley, RAF Waddington, RAF Wittering, Ratu Warna Skuadron, Pertahanan Sekolah Bahasa Beaconsfield, Bersama Unit Pelayanan Cheltenham, Departemen Pertahanan Rumah Sakit Unit Northallerton, MOD Rumah Sakit Unit Peterborough, MOD Abbeywood, personel RAF dari College Pertahanan Policing dan Menjaga, Southwick Park.

Band Royal Marinir, Collingwood, terletak di Parliament Square.

  • Tentara:

Pada halaman depan dari Istana Buckingham - Band dari Welsh Guards. Sepanjang rute - Band dari Pengawal Grenadier di Marlborough Road, Band dari Coldstream Pengawal di Duke of York Langkah, Band dari Pengawal Skotlandia dan Korps Drum, The Welsh Pengawal di Kuda Pengawal, dan Korps Drum, The Princess Resimen Royal Wales oleh Cenotaph tersebut. Di dalam Westminster Abbey - Delapan Negara Kavaleri Rumah Tangga trompet, ditarik sama dari Pengawal Life dan The Blues dan Royals.

Sepanjang rute - Band Sentral RAF, terletak di Kuda Pengawal Avenue / Whitehall. Di dalam Westminster Abbey - trompet RAF Delapan Fanfare.

Kereta Kuda "The 1902 State Landau"[sunting | sunting sumber]

Kereta Kuda "The 1902 State Landau" secara khusus dibuat untuk Raja Edward VII pada tahun 1902 dan dimaksudkan untuk digunakan di Penobatannya. Kereta ini akan membawa Bride dan Pangeran William dalam perjalanan mereka kembali dari Westminster Abbey ke Istana Buckingham.

Tamu yang diundang[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 16 dan 17 Februari 2011, tiga set daftar tamu yang dikirim atas nama Ratu. Protokol telah menentukan bahwa banyak tamu (atau penerus mereka di kantor) yang diundang ke pesta pernikahan Charles, Prince of Wales, dan Lady Diana Spencer pada 29 Juli 1981 tidak perlu diundang ke pesta pernikahan Pangeran William. Lebih dari setengah dari tamu yaitu keluarga dan teman dari pasangan itu, meskipun akan ada sejumlah besar pemimpin Persemakmuran (termasuk gubernur jenderal yang mewakili Ratu di alam Persemakmuran selain Inggris, perdana menteri alam Persemakmuran, dan kepala pemerintahan negara-negara Persemakmuran lainnya), anggota organisasi keagamaan, korps diplomatik, beberapa pejabat militer, anggota rumah tangga Kerajaan Inggris, anggota keluarga kerajaan asing, dan perwakilan dari amal William dan lain-lain. Meskipun St James's Palace menolak untuk mempublikasikan nama-nama yang diundang, suatu uraian tamu diterbitkan oleh foreign heads of state. Daftar tamu tersebut tidak menyebutkan kepala asing negara, meskipun diumumkan bahwa sekitar 40 anggota keluarga kerajaan asing telah diundang.

Daftar pertama, yang terdiri dari sekitar 1.900 orang, adalah peserta upacara di Westminster Abbey. Daftar kedua sekitar 600 orang adalah orang-orang yang diundang untuk acara resepsi makan siang di Istana Buckingham yang diselenggarakan oleh Ratu. Daftar akhir, berisi 300 nama, adalah untuk makan malam yang diselenggarakan oleh Pangeran William.

Rowan Atkinson (pemeran tokoh Mr. Bean) dan David Beckham (seorang pemain sepakbola profesional) juga di undang dalam acara ini. Dari Indonesia Yuri Octavian Thamrin yang merupakan Duta besar indonesia untuk Inggris merupakan satu-satunya orang Indonesia yang di undang ke acara Royal wedding tersebut.[3]

Resepsi[sunting | sunting sumber]

Sang Ratu akan menjadi tuan rumah resepsi makan siang di Istana Buckingham. Resepsi akan mulai setelah kedatangan kereta kuda dengan pasangan pengantin. Acara ini akan menjadi pertemuan pribadi untuk para tamu yang diambil dari jemaat yang resmi mewakili pasangan dan kehidupan pribadi. Selama resepsi, pasangan akan memberikan sebuah penampilan di balkon Istana Buckingham. Bagian depan Timur istana berisi balkon yang terkenal karena Keluarga Kerajaan untuk menyapa orang banyak yang berkumpul di luar. Para tamu akan dilayani dengan makanan kecil di resepsi. Para pemain harpa Resmike Prince of Wales, Claire Jones, akan tampil di resepsi. Resepsi selesai pada pertengahan sore hari.

Makan Malam Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada malam hari, Pangeran William akan memberikan makan malam pribadi, diikuti dengan menari, di Istana Buckingham untuk pasangan dan teman-teman dekat dan keluarga mereka

Kue Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Kue Pernikahan akan memiliki tema bunga Inggris, menggunakan elemen dari teknik Lambeth Yusuf. Kue ini akan menjadi kue buah multi-tier tradisional dihiasi dengan krim dan icing putih. Teknik Lambeth didasarkan pada gaya dekorasi yang populer di Inggris di mana koki dan dekorator akan menggunakan banyak perpipaan rumit untuk menciptakan scrollwork 3-D, daun, bunga, dan dekorasi lainnya. Metode ini sampai sekarang masih populer dan sering digunakan oleh desainer dan dekorator kue pernikahan untuk membuat hiasan kue pernikahan. Perancang kue Fiona Cairns dipilih pada bulan Februari 2011 untuk menciptakan kue pernikahan. Selanjutnya, McVitie akan membuat kue khusus dari biskuit cokelat untuk resepsi di Istana Buckingham. Kue coklat biskuit akan dibuat dari resep keluarga kerajaan dan diminta khusus oleh Pangeran William.

Atribut di Luar Inggris[sunting | sunting sumber]

Di Empire State Building di New York City, Amerika Serikat akan menyala warna merah, putih, dan biru, yang merupakan warna dari Bendera Kerajaan Inggris yang juga warna dari Bendera Amerika Serikat, pada saat matahari terbenam untuk menandai pernikahan. Hal ini akan menandai kedua kalinya dalam waktu kurang dari 12 bulan Empire State Building akan menghormati anggota keluarga Kerajaan Inggris. Juli sebelumnya, gedung ini memberi penghormatan kepada Ratu dan Pangeran Philip selama kunjungan mereka ke New York City.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2 billion tune in to Royal Wedding". News.com.au. 1 May 2011. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2 May 2011. Diakses 1 May 2011. 
  2. ^ "accessed 30 April 2011". Insideline.com. Diakses 2011-05-02. 
  3. ^ Dubes indonesi ahadiri pernikahan william dan kate, teks tambahan.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]