Permata Kecubung, Sukamara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Permata Kecubung
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Tengah
KabupatenSukamara
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total6,517 jiwa
Kode Kemendagri62.08.05
Kode BPS6206031
Luas660 km²
Desa/kelurahan7 desa

Permata Kecubung adalah kecamatan di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Topografi[sunting | sunting sumber]

Ketinggian dari permukaan air laut pada wilayah Kecamatan Permata Kecubung berkisar antara 10–55 meter.[1] Kemiringan daratan di Kecamatan Permata Kecubung berkisar antara 8–15%. Hal ini menunjukkan bahwa Kecamatan Permata Kecubung merupakan kawasan dataran rendah. Sebagian wilayah Kecamatan Permata Kecubung berada di sekitar sungai.

Perbatasan wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Permata Kecubung di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Lamandau, Kabupaten lamandau. Lalu di sebelah barat, wilayah Kecamatan Permata Kecubung berbatasan dengan Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang. Di sebelah selatan, Kecamatan Permata Kecubung berbatasan dengan Kecamatan Balai Riam. Kecamatan Permata Kecubung di sebelah timur juga berbagi perbatasan dengan Kecamatan Bulik dalam wilayah Kabupaten Lamandau dan kecamatan Kotawaringin Lama dalam wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nugraha, Ristika (2023). Kecamatan Permata Kecubung Dalam Angka 2023. Sukamara: BPS Kabupaten Sukamara. hlm. 5. ISSN 2963-6582. 
  2. ^ Bupati Sukamara (12 April 2006). "Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Sukamara Nomor 03 Tahun 2006 tentang Pembentukan Kecamatan Permata Kecubung dan Kecamatan Pantai Lunci di Kabupaten Sukamara". Database Peraturan BPK. Pasal 7 Nomor 1. Diakses tanggal 15 Januari 2024.