Perjumpaan BETA Chiles-Whitted

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Perjumpaan BETA Chiles-Whitted adalah sebuah perjumpaan dengan BETA yang terjadi pada tanggal 24 Juli 1948. Saat itu dua orang pilot Amerika Serikat melihat sebuah BETA berbentuk torpedo dengan sangat jelas. 2 orang pilot itu adalah 2 pilot yang pernah terjun ke medan Perang Dunia 2, yaitu Clarence Chiles dan John Whitted.

Kronologi Kejadian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 24 Juli 1948, sekitar pukul 2:45 pagi, Chiles dan Whitted mengemudikan pesawat penumpang Douglas DC-3 dari Alabama menuju Montgomery.

Saat itu, Chiles melihat sebuah jejak asap berwarna merah diatas pesawat mereka, tak berapa lama mereka melihat sebuah objek misterius di depan pesawat merka dengan jarak setengah mil. John Whitted yang bertindak sebagai co-pilot mengatakan itu hanya sebuah pesawat jet tipe baru. Tetapi setelah mereka lebih dekat dengan BETA itu. Mereka sadar itu tidak mirip dengan pesawat jet.

Mereka berdua melihatnya sekitar belasan detik, chiles dan whitted memberi keterangan BETA itu berbentuk cerutu atau torpedo dengan ukuran yang cukup besar,yaitu 30m x 8m. Objek itu memiliki permukaan yang halus. Tanpa sayap dan projeksi. Mengeluarkan asap berwarna orange dengan roket pendorong berwarna merah. Dan hebatnya dari BETA itu tidak terdengar bunyi walau melaju dalam kecepatan tinggi.

Chiles dan Whitted juga mengatakan mereka berdua mengaku melihat BETA itu memiliki 2 baris jendela berbentuk segiempat, sepertinya 2 baris itu menunjukkan adanya dek atas dan dek bawah seperti pesawat penumpang. Dari jendela itu terlihat ada sesuatu yang bercahaya. Tetapi keterangan dari 2 saksi mata ini ada 2 pertentangan, yaitu chiles mengklaim melihat bagian depan dari BETA itu terdapat benda seperti antena dan di bagian depannya ada kaca layaknya sebuah kokpit pesawat terbang. Tetapi whitted mengaku tidak melihat 2 hal ini.

Whitted juga mengatakan asap dari BETA tersebut dalam intensitas banyak, tetapi hal ini ditentang oleh Chiles.

Karena saat penerbangan itu adalah tengah malam saat kebanyakan orang tidur, maka hanya ada 1 penumpang yang melihatnya yaitu Clarence L McKelvie. Yang mengatakan BETA itu terbang diatas pesawat yang mereka tumpangi untuk beberapa saat. Chiles yang mencoba menghubungi menara pengawas Eastern Airlines Flight untuk mencari informasi UFO tersebut hasilnya nihil. Menara pengawas sama sekali tidak menemukan benda terbang lain di daerah itu.

Walter Massey, seorang pilot yang saat kejadian berada di Robin Air Force Base, 150 mil dari Montgomery mengatakan juga melihat BETA yang sama seperti deskripsi Chiles dan Whitted 1 jam sebelumnya.

Pentagon berpendapat apa yang dilihat Chiles dan Whitted adalah balon cuaca, tetapi teori ini langsung terbantahkan, karena tidak pernah ada catatan penerbangan di tempat itu dan dihari itu. Salah seorang juru bicara dari USAF menegaskan saat itu Amerika Serikat tidak mempunyai pesawat dengan 2 dek dan jet. Tidak bersayap dan roket pendorong yang mengeluarkan api hingga 12 meter.

J. Allen Hynek, seorang astronom mengatakan apabila kesaksian Chiles dan Whitted akurat, maka tidak ada penjelasan astronomis yang mendekati itu. Teori tentang meteor juga langsung dibantah 2 pilot itu dengan alasan mereka telah berulang kali melihat meteor dalam kariernya. Entah apa yang dilihat oleh Chiles dan Whitted, namun yang jelas untuk saat itu belum ada teknologi yang telah diketahui mampu membuat pesawat alien seperti itu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]