Peringkat kredit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Peringkat kredit adalah penilaian dari risiko kredit dari seorang individu, perusahaan, ataupun suatu negara. Peringkat kredit dibuat berdasarkan riwayat finansial dan aset yang dimiliki sekarang serta kewajiban. Pada umumnya suatu peringkat kredit menggambarkan kepada kreditur atau investor tingkat kemungkinan dari subjek dalah melaksanakan pengembalian / pembayaran utangnya . Namun pada akhir-akhir ini peringkat kredit juga digunakan guna menentukan premi asuransi, memutuskan kelayakan suatu pekerjaan, dan penetapan besarnya nilai jaminan dalam sewa guna usaha (leasing).

Tabel perhitungan peringkat kredit

Peringkat kredit yang rendah mengindikasikan suatu risiko yang tinggi atas kemungkinan gagal bayar dan oleh karenanya menjadikan bunga pinjaman tersebut menjadi tinggi.

Peringkat kredit pribadi[sunting | sunting sumber]

Di negara seperti Amerika, riwayat kredit individu dibuat dan dikelola oleh suatu lembaga yang disebut "Biro kredit" . risiko kredit biasanya ditetapkan berdasarkan suatu analisis statistik dari data kredit yang tersedia. Umumnya hasil analisis ini berbentuk 3 digit nilai kredit yang dibuat oleh layanan jasa keuangan mandiri seperti misalnya penilaian kredit dari FICO (Fair Isaac Corporation) yaitu suatu perusahaan yang merupakan perintis konsep peringkat kredit pada akhir era tahun 1950an.

Suatu nilai kredit dari seorang individu ini akan sangat berpengaruh pada kemampuannya untuk memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan seperti bank.

Di Kanada, peringkat yang umumnya digunakan adalah standar akun Amerika Utara yang juga dikenal dengan sebutan peringkat "R" dimana nilainya antara R0 hingga R9. R0 digunakan untuk memberikan peringkat pada akun baru, R1 digunakan bagi pembayaran tepat waktu dan R9 diberikan bagi utang macet.

Faktor yang memengaruhi peringkat kredit seseorang adalah :[1]

  • Kemampuan untuk melakukan pembayaran utangnya
  • suku bunga
  • junlah kredit yang digunakan
  • pola menabung
  • pola pembelanjaan

Peringkat kredit perusahaan[sunting | sunting sumber]

Peringkat kredit dari suatu perusahaan adalah indikator keuangan bagi investor sekuriti seperti misalnya obligasi Peringkat ini dibuat daoleh lembaga pemeringkat kredit seperti Standard & Poor's atau Fitch Ratings dan peringkat ini ditunjukkan dengan guruf seperti misalnya AAA, B, CC.

Peringkat negara[sunting | sunting sumber]

Peringkat negara adalah peringkat kredit yang diberikan terhadap suatu suatu daerah pemerintahan misalnya negara, propinsi, dll., yang menunjukkan tingkat risiko dari suatu investasi pada suatu negara dan digunakan oleh investor untuk melakukan investasi di luar negaranya.

Peringkat kredit jangka pendek[sunting | sunting sumber]

Peringkat kredit jangka pendek adalah faktor kemungkinan gagal bayar dari suatu individu dalam rentang waktu setahun. Ini adalah kebalikannya dari peringkat kredit jangka panjang yang merupakan evaluasi peringkat kredit untuk suatu rentang waktu yang panjang.

Lembaga pemeringkat kredit[sunting | sunting sumber]

Peringkat kredit dari suatu individu dibuat oleh biro kredit yang di [[Inggris dan Amerika disebut "credit reference agencies". Peringkat kredit bagi perusahaan dan pemerintah dibuat oleh lembaga pemeringkat kredit

Beberapa biro kredit di berbagai negara antara lain :

  • Di Amerika : Experian, Equifax, TransUnion, dan Innovis.
  • Di Inggris Experian, Equifax, dan Callcredit.
  • Di Kanada Equifax, TransUnion dan Northern Credit Bureaus/ Experian.[2]

Beberapa lembaga pemeringkat kredit di dunia anatara lain : Moody's, Standard and Poor's dan Fitch Ratings.

Di Indonesia lembaga pemeringkat kredit yang dikenal antara lain : Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), Moody's Indonesia

References[sunting | sunting sumber]

  • de Servigny, Arnaud and Olivier Renault (2004). The Standard & Poor's Guide to Measuring and Managing Credit Risk. McGraw-Hill. ISBN13 978-0071417556. 

See also[sunting | sunting sumber]