Pesta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Perhelatan)
Pesta desa di kaki Gunung Arjuno pada tahun 1865-1872 (lukisan oleh Abraham Salm (pelukis))
Perayaan "lempar topi" tradisional pada upacara wisuda di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat

Pesta adalah sebuah acara sosial yang dimaksudkan terutama sebagai perayaan dan rekreasi. "Pesta" dapat bersifat keagamaan atau berkaitan dengan musim, atau, pada tingkat yang lebih terbatas, berkaitan dengan acara-acara pribadi dan keluarga untuk memperingati atau merayakan suatu peristiwa khusus dalam kehidupan yang bersangkutan.

Pesta merupakan kesempatan untuk berbagai interaksi sosial, tergantung pada peseratnya dan pemahaman mereka tentang perilaku yang dianggap layak untuk acara tersebut. Akibatnya, pesta cenderung memperkuat standar budaya dan/ atau kontra-budaya, meskipun hal ini kadang-kadang dilakukan dengan sekadar memberikan konteks sosial yang lebih kurang dapat diterima untuk pelanggaran standar-standar tersebut.

Jenis-jenis pesta[sunting | sunting sumber]

Pesta ulang tahun[sunting | sunting sumber]

Siswa-siswa SMA merayakan pesta ulang tahun.
ilustrasi pesta di timur tengah

Pesta ulang tahun adalah perayaan yang dilakukan untuk merayakan kelahiran seseorang. Pesta ulang tahun adalah kejadian yang paling luas dirayakan di seluruh dunia. Hingga Juli 2006 di muka bumi ada sekitar 6,525 miliar orang di muka bumi. Bila ulang tahun terjadi secara merata sepanjang tahun, dan bila setiap orang merayakan ulang tahun mereka tepat pada hari tanggal lahir mereka, maka setiap 0,005 detik ada sebuah pesta ulang tahun.

Sementara pesta untuk anak-anak biasanya dilakukan di rumah dengan menyediakan kado untuk yang merayakan ulang tahunnya, minuman ringan dan kue-kue atau makanan kecil untuk para tamu, sedang pesta orang dewasa dapat diselenggarakan di tempat-tempat khusus, tergantung kelas sosial dan tingkat kemampuan keuangan yang bersangkutan. Misalnya, restoran, hotel, atau sebuah tempat liburan khusus dengan makanan dan minuman yang berlimpah.[1] Adakalanya disajikan pula minuman keras, seperti wine, dan lain-lain.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Junggesellenabschied". Partybike mieten (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2021-08-15.