Perang Saudara Caesar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
'Perang Saudara Caesar
Tanggal 10 Januari 49–17 Maret 45 SM
Lokasi Hispania, Italia, Graecia, Aegyptus, Africa
Hasil Kemenangan Caesar
Pihak yang terlibat
Julius Caesar dan pendukungnya, Populares Senat Romawi, Optimat
Komandan
Julius Caesar,
Curio†,
Marc Antony,
Decimus Brutus,
Publius Sulla,
Calvinus
Pompey†,
Titus Labienus†,
Metellus Scipio†,
Cato the Younger†,
Gnaeus Pompeius
Sextus Pompeius

Perang saudara Caesar yang terjadi pada tahun 49 SM adalah salah satu dari pertempuran terakhir Republik Romawi. Pertempuran ini merupakan satu konfrontasi politik dan militer antara Julius Caesar, dan legiunnya terhadap Senat Romawi yang didukung oleh legiun-legiun Pompey.

Banyak ahli sejarah melihat perang ini sebagai hal yang logis bagi satu proses panjang subversi institusi-institusi politik Republik Romawi yang bermula dengan karier Tiberius Gracchus, diikuti dengan pembaharuan-pembaharuan legiun oleh Gaius Marius, kediktatoran Lucius Cornelius Sulla, dan kemudian berakhir dengan penguasaan Romawi oleh First Triumvirate (Pemerintahan Bertiga Pertama).

Setelah perjuangan politik dan militer yang berkepanjangan antara 49 dan 45 SM yang merangkumi perang-perang di Italia, Yunani, Mesir, Afrika, dan Hispania, Caesar akhirnya berhasil menghabisi lawannya yang terakhir dalam Senat Romawi di Perang Munda.

Bagi sebagian ahli sejarah, perang saudara itu, bersama-sama dengan pemerintahan Romawi oleh Caesar sebelum pembunuhannya, menandakan akhir dari Republik Romawi, dan permulaan dari Kekaisaran Romawi.