Perang Polandia-Teutonik (1326-1332)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perang Polandia-Teutonik (1326-1332) adalah perang antara Kerajaan Polandia dengan Ordo Teutonik, terjadi dari tahun 1326 hingga 1332.

John dari Luxemburg, Raja Bohemia, mengklaim sebagai penerus tahta Polandia, dan berulang-ulang mencoba dan melawan Władysław yang Pendek, Raja Polandia selama pecahnya Polandia. Ordo Teutonik, pendukung Raja John yang melakukan perang salib terhadap pagan Lithuania, bersekutu dengan salah satu penguasa regional Polandia, Wacław dari Płock.

Mengambil kesempatan dalam kelemahan Kerajaan Polandia, pada tahun 1326 menghancurkan dan menaklukan Kuyavia. Raja Władysław menerima bantuan dari Gediminas dari Lithuania dan Charles I dari Hongaria.

Ordo Teutonik membalas, merebut banyak kota di Kuyavia, dan pada tahun 1329 menguasai Tanah Dobriner. Serangan balasan Polandia dan Lithuania tahun 1330 menyebabkan perdamaian sementara, dengan OrdoTeutonik mengembalikan wilayah yang baru diambil ke Polandia, tetapi setahun berikutnya, pertempuran berlanjut. Setelah pertempuran Płowce tahun 1331, Ordo Teutonik merebut kembali Kuyavia.

Pada tahun 1343, wilayah ditukar melalui Perjanjian Kalisz.

Referensi[sunting | sunting sumber]