Perang Palsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Perang Phoney)
Langsung ke: navigasi, cari
Perang Palsu
Tanggal October 1939 — April 1940
(7 bulan dan 4 hari)
Lokasi Garis Maginot, Garis Siegfried
Hasil Pertempuran Perancis
Pihak yang terlibat
Sekutu:
Perancis
 Britania Raya
Poros:
 Jerman

Perang Palsu (bahasa Inggris: Phoney War) adalah tahap kejadian pada awal terjadinya Perang Dunia II yang ditandai dengan kurangnya operasi militer yang besar oleh Sekutu Barat (Britania Raya dan Perancis) terhadap Jerman Nazi. Tahap ini meliputi beberapa bulan setelah Inggris dan Prancis menyatakan perang terhadap Jerman (tepatnya setelah invasi Polandia) pada bulan September 1939 dan mendahului Pertempuran Perancis pada bulan Mei 1940. Perang diumumkan oleh masing-masing pihak, tetapi tidak ada kekuatan Barat yang ingin melakukan serangan darat yang signifikan, meskipun persyaratan aliansi militer Anglo-Polandia dan Franco-Polandia yang mewajibkan Inggris dan Perancis untuk membantu Polandia.

Periode juga disebut sebagai The Twilight War (Perang Senja) (oleh Winston Churchill), der Sitzkrieg [1] ("perang duduk": plesetan dari blitzkrieg), The Bore War (Perang yang Membosankan) (plesetan dari Perang Boer), Dziwna Wojna ("perang aneh" dalam bahasa Polandia), dan drôle de guerre ("perang lucu / aneh" dalam bahasa Perancis).

Istilah "perang palsu" mungkin diciptakan oleh Senator Amerika Serikat William Borah pada bulan September 1939, yang menyatakan: ". Ada sesuatu yang palsu tentang perang ini" [2]

Poster Britania yang merupakan tipe umum selama "Perang Palsu". Pada poster ini, tertulis, "Hitler tidak akan mengirimkan pernyataan perang, sehingga, kenakanlah selalu masker gas anda".
Orang-orang dari Warsawa yang berdemonstrasi di bawah Kedutaan Besar Inggris di Warsawa setelah pernyataan perang Inggris terhadap Jerman Nazi

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Phoney War". History Learning Site. 
  2. ^ "Defiant Peace Bid Hurled By Hitler". The Pittsburgh Press. September 19, 1939. 

Referensi[sunting | sunting sumber]