Perang Koalisi Pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perang Koalisi Pertama
Bagian dari Perang Revolusi Perancis
Valmy Battle painting.jpg
Pertempuran Valmy yang dimenangkan oleh tentara Revolusi Perancis
Tanggal 1792–1797
Lokasi Perancis, Eropa Tengah, Italia, Belgia, Belanda, Spanyol, Hindia Barat
Hasil Kemenangan Perancis; Perdamaian Basel, Traktat Campo Formio
Pihak yang terlibat
Koalisi Pertama:

 Monarki Habsburg
 Kekaisaran Romawi Suci
 Prusia (hingga 1795)
 Great Britain
Bendera Kerajaan Perancis Royalis Perancis
 Spanyol (hingga 1795)
 Portugal
 Sardinia (hingga 1796)
 Napoli dan Sisilia
Negara-negara Italia lainnya
 Kesultanan Utsmaniyah
 Republik Belanda (hingga 1795)

Bendera Perancis Republik Perancis
 Spanyol (dari 1796)
 Republik Batavia (dari 1795)
Bendera Kerajaan Italia (Napoleon) Republik boneka Perancis
POL COA Ciołek.svg Legiun Polandia (dari 1795)

Perang Koalisi Pertama (1792–1797) adalah upaya pertama berbagai monarki di Eropa untuk mengekang Republik Perancis Pertama. Perancis menyatakan perang kepada monarki Habsburg di Austria pada tanggal 20 April 1792, dan Kerajaan Prusia membantu Austria beberapa minggu kemudian.

Koalisi Pertama melancarkan berbagai serangan darat dan laut ke Perancis. Prusia dan Austria menyerang dari Belanda Austria dan Rhine, sementara Kerajaan Britania Raya mendukung pemberontakan di provinsi-provinsi Perancis dan mengepung Toulon. Perancis awalnya mengalami kekalahan (Pertempuran Neerwinden, 18 Maret 1793) dan perselisihan internal (Pemberontakan Vendée), sehingga melancarkan tindakan-tindakan ekstrem: Comité de salut public didirikan (6 April 1793) dan wajib militer untuk yang berusia antara 18 hingga 25 tahun ditetapkan (Agustus 1793). Angkatan Bersenjata Perancis yang baru melancarkan serangan balasan, mengusir semua penyerang, dan menyerang wilayah di luar Perancis. Perancis mendirikan Republik Batavia sebagai negara boneka (Mei 1795) dan merebut Rhineland Prusia melalui Perjanjian Basel pertama. Dengan ditandatanganinya Perjanjian Campo Formio, Kekaisaran Romawi Suci menyerahkan Belanda Austria dan Italia Utara berubah menjadi republik-republik boneka Perancis. Spanyol membuat perjanjian perdamaian terpisah dengan Perancis (perjanjian Basel kedua) dan Direktori Perancis melancarkan rencana penaklukan wilayah-wilayah di Jerman dan Italia utara (1795).

Dengan disetujuinya perdamaian Leoben dan Perjanjian Campo Formio (Oktober 1797), Koalisi Pertama runtuh, dan hanya Britania yang masih berperang melawan Perancis.

Rujukan[sunting | sunting sumber]