Perang Tiongkok-India

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perang Tiongkok-India adalah konflik bersenjata di perbatasan antara Tiongkok dan India pada tahun 1962. Konflik ini pecah hampir bersamaan waktunya dengan Konflik Kuba.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Perbatasan India dan Tiongkok hampir sepanjang 2000 km, terbagi atas perbatasan sebelah barat, tengah dan timur. Tahun 1951, India menguasai secara sepihak daerah di dalam garis McMahon yang ditentukan sepihak oleh Inggris dan belum pernah diakui oleh Tiongkok. Setelah itu, di sebelah timur, India juga menguasai beberapa wilayah yang seharusnya dimiliki oleh Tiongkok. Lebih jauh pada tahun 1959, pihak militer India mendirikan 43 pos militer di perbatasan untuk menunjukkan keabsahan penguasaan mereka.

Usaha-usaha diplomatik yang dilakukan oleh pemerintah Beijing tidak mendapat tanggapan dari pihak Delhi.

Pandangan Beijing[sunting | sunting sumber]

Beijing merasa bahwa garis McMahon adalah ketetapan sepihak dari Inggris atas urusan perbatasan Tiongkok dan India. Atas dasar ini, Beijing merasa bahwa wilayah yang dipersengketakan sudah seharusnya menjadi wilayah teritorial Tiongkok.

Pandangan Delhi[sunting | sunting sumber]

Delhi merasa, sejak kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1947, mereka berhak atas seluruh klaim teritorial Inggris semasa menguasai India, dalam hal ini wilayah yang termasuk dalam garis McMahon adalah sudah seharusnya menjadi milik India.