Peniscola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peniscola
Peníscola/Peñíscola
Peniscola from the beach
Peniscola from the beach
Bendera Peniscola
Lambang kebesaran Peniscola
Negara Spanyol
Autonomous community Valencian Community
ProvinsiCastelló
ComarcaBaix Maestrat
Pemerintahan
 • MayorAndrés Martínez Castellà (PP)
Luas
 • Total79 km2 (31 sq mi)
Ketinggian
46 m (151 ft)
Populasi
 (2009)
 • Total7.894
 • Kepadatan100/km2 (260/sq mi)
DemonimPenisclà, penisclana Peniscolà, peniscolana
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Official language(s)Valencian
Situs webSitus web resmi

Peníscola (Bahasa Catalan) atau Peñíscola (Bahasa Spanyol) adalah sebuah kota di Provinsi Castellón, Komunitas Valencia, Spanyol. Kota ini terletak di daerah Costa del Azahar, sebelah utara Serra d'Irta di sepanjang pantai Mediterania. Kota ini adalah sebuah tujuan pariwisata yang terkenal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peniscola, yang sering kali dijuluki "Gibraltar-nya Valencia", adalah sebuah pelabuhan laut yang dikelilingi tembok benteng, memiliki sebuah mercu suar yang dibangun di tanah berkarang dengan tinggi 67 meter, dan terhubung dengan daratan utama melalui sejalur tanah yang sempit (Peníscola adalah kata lokal yang berevolusi dari kata Bahasa Latin peninsula yang berarti semenanjung). Awalnya pelabuhan ini dibangun antara tahun 1294 dan 1307[1] oleh para Ksatria Templar, pada abad ke-14 pelabuhan ini dijadikan markas pertahanan para Ksatria Montesa, dan pada tahun 1420 mereka mengembalikannya kepada tahta kerajaan Spanyol. Dari tahun 1415 benteng pelabuhan ini menjadi markas Kepausan Avignon dalam masa Skisma Barat, yaitu Antipaus Benediktus XIII yang bernama asli Pedro de Luna, di mana nama aslinya tersebut diabadikan dalam nama Bufador de Papa Luna, yaitu suatu gua yang sangat menarik karena memiliki jalan masuk setapak di mana air laut bisa hilang terserap olehnya. Sejarah menceritakan bahwa disinilah tempat di mana Hannibal bersumpah pada ayahnya dirinya tidak akan pernah menjadi teman dari Roma. Ia kemudian berperang dengan Roma sepanjang masa hidupnya, dan mencapai banyak kemenangan besar.

Kastil[sunting | sunting sumber]

Kastil di mana Benediktus tinggal dari tahun 1417 hingga wafatnya pada tahun 1423 diperbaiki, diperkuat dan ditambah tembok-tembok baru pada tahun 196 ketika film El Cid dengan sutradara Anthony Mann mengambil sebagian gambarnya disana. Kota dan kastil Peníscola digambarkan menjadi kota Valencia. Kastil ini sekarang merupakan sebuah daya tarik pariwisata terkenal, sementara pantai dan area sekitarnya merupakan tempat liburan yang popular buat keluarga.

Festival film[sunting | sunting sumber]

Peniscola menjadi tempat festival film komedi yang diikuti oleh banyak aktor dan pembuat film Spanyol dan dari negara-negara lain, serta melakukan pertunjukan film di beberapa tempat bersejarah di kota tersebut. Kota ini cocok sebagai lokasi festival komedi karena kota ini menjadi latar belakang karya komedi Calabuch dari Luis Berlanga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-13. Diakses tanggal 2011-09-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]