Pengikatan balik π

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
(Atas) HOMO dan LUMO CO. (Tengah) contoh orbital ikat sigma yang mana CO mendonasikan elektronnya ke logam pusat dari HOMO-nya. (Bawah) contoh di mana logam pusat mendonasikan elektron melalui orbital d ke LUMO CO. Perhatikan bahwa penggambaran sumbu y tidak berkorelasi dengan aras energi.

Pengikatan balik π, juga dikenal donasi balik π, adalah suatu konsep dalam kimia di mana elektron berpindah dari satu orbital atom suatu atom ke orbital anti-ikat π* atom ataupun ligan lainnya.[1][2] Ia umumnya terpantau pada kimia organologam logam transisi dengan ligan multiatom seperti karbon monoksida, etilena, ataupun kation nitrosonium. Elektron dari logam digunakan untuk berikatan dengan ligan, dalam prosesnya ini akan membebaskan logam dari muatan negatif yang berlebihan.

Elektron ini berasal dari orbital d logam, dan biasanya akan berpindah ke orbital molekul anti-ikat ligan, menyebabkan derajat ikat ligan menurun. Ini akan mengakibatkan penurunan frekuensi vibrasi ikatan yang dapat terpantau pada spektroskopi inframerah. Walaupun derajat ikat antar atom ligan menurun, derajat ikat logam-ligan meningkat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miessler, Gary L.; Donald Arthur Tarr (1999). Inorganic Chemistry. ISBN 0138418918, 9780138418915 Check |isbn= value (help). 
  2. ^ Cotton, Frank Albert; Geoffrey Wilkinson, Carlos A. Murillo (1999). Advanced Inorganic Chemistry. ISBN 0471199575, 9780471199571 Check |isbn= value (help).