Pengeboman Hotel Hilton Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pengeboman Hotel Hilton Sydney terjadi pada tanggal 13 Februari 1978 pada pukul 1:40 pagi di luar Hotel Hilton Sydney yang membunuh 2 tukang sampah dan seorang polisi, dan melukai beberapa orang lagi. Bom yang diletakkan di tong sampah meledak saat isi tong sampah tersebut sedang dimasukkan ke truk sampah. Pertemuan Commonwealth Heads of Government Meeting sedang berlangsung di hotel itu dan sejumlah pemimpin asing sedang menginap di situ.

Tim Anderson, Ross Dunn dan Paul Alister, yang dikenal sebagai Ananda Marga Three dan merupakan anggota sekte Ananda Marga, dihukum penjara pada tanggal 15 Mei 1985 atas pengeboman tersebut, sebelum diampuni setelah melalui beberapa penyelidikan.

Peristiwa ini adalah insiden terorisme pertama yang menerpa pesisir di Australia dan memiliki dampak besar pada orang pulau yang terlena pada tahun 1978. Menyoroti korupsi yang mengganggu (dan masih banyak yang menyangkalnya) New South Wales Police Service, dan sifat dinas intelijen itu yang rahasia dan mengejutkan.

Teori[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa teori.

Rujukan[sunting | sunting sumber]