Peng Zu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Peng Zu
Lahir± 1900 SM
Meninggal± 1066 SM (berusia 800 tahun)
KebangsaanTionghoa
Nama lain彭祖
Dikenal atasusia panjang melegenda
Pahatan Peng Zu pada Tea Theme Park di Pegunungan Wuyi

Peng Zu (彭祖, "Leluhur Peng") adalah seorang tokoh legendaris berusia panjang di China. Ia seharusnya telah hidup selama 800 tahun pada masa Dinasti Yin (殷朝 1900 hingga 1066 SM).[1] Beberapa legenda menyebutkan bahwa lama satu tahun adalah 60 hari di China kuno; jika berdasarkan perhitungan tersebut, usianya adalah lebih dari 130 tahun. Pendapat lain mengatakan ia berusia lebih dari 200 atau 400 tahun. Menurut legenda, usianya yang panjang disebabkan namanya tanpa sengaja tidak tercatat dalam daftar kematian di alam baka.

Peng Zu dipuja sebagai orang suci dalam Taoisme. Pencarian obat keabadian oleh para pengikut Taoisme sangat dipengaruhi oleh Peng Zu. Ia sangat dikenal dalam budaya Tionghoa sebagai lambang untuk usia panjang, pemberian nutrisi, dan perawatan terapi seksual. Legenda menyebutkan bahwa ia menikahi lebih dari 100 orang istri dan menjadi ayah dari ratusan anak pada usianya yang panjang.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Salah satu teknik Peng Zu untuk memperpanjang usianya adalah teknik berhubungan badan, dikatakan mengekstraksi energi wanita ke dalam tubuh pria (memanen dari Yin untuk melengkapi Yang).

Ia makan secara normal dan menggunakan herbal untuk memperkaya asupan nutrisinya. Ia terkenal dapat memasak sup yang luar biasa.[2] Masyarakat China percaya bahwa usianya yang panjang, kesehatannya yang bagus, dan energi seksualnya berasal dari makanan yang ia konsumsi. Gaya hidupnya ditekankan pada meditasi. Ia dipandang sebagai salah satu pelopor Qigong.

Tempat Peng Zu tinggal hingga meninggal disebut Peng Shan (Gunung Peng, 彭山), akhirnya dijadikan nama wilayah tersebut (di Provinsi Sichuan, China). Kuil, makam, dan patungnya diabadikan di wilayah Peng Shan.

Setiap tahunnya, masyarakat menyelenggarakan festival Peng Zu untuk menghormati warisannya serta berdoa agar menjadi lebih sehat, bahagia, dan berusia panjang. Lukisannya digantung pada rumah-rumah di seluruh China serta menjadi hadiah ulang tahun populer untuk warga usia lanjut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wong, Eva (2007). Tales of the Dancing Dragon: Stories of the Tao. Shambhala Publications. ISBN 1-59030-523-X. p. 26.
  2. ^ Connell, Brendan (2012). Lives of Notorious Cooks. Chomu Press. ISBN 978-1-907681-20-2