Penerbitan terbuka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Penerbitan terbuka atau publikasi terbuka adalah proses penciptaan berita atau muatan informasi lainnya yang transparan bagi para pembaca. Mereka dapat menyumbangkan cerita dan melihatnya secara segera di dalam kumpulan cerita yang ditersedia bebas bagi umum. Cerita-cerita itu disaring sesedikit mungkin untuk membantu pembaca menemukan cerita yang dikehendaki. Para pembaca dapat melihat keputusan editorial yang dibikin oleh pembaca lainnya. Mereka dapat mengetahui cara untuk melibatkan diri dan membantu membikin keputusan editorial. Jika mereka dapat memikirkan cara yang lebih baik bagi peranti lunak untuk membantu membentuk keputusan editorial, mereka dapat menyalin peranti lunak itu karena bersifat bebas dan mengubahnya dan memulakan situs sendiri. Jika mereka ingin mendistribusikan kembali berita-berita, mereka bisa, dan lebih disukai jika diterbitkan pada situs terbuka.

Situs-situs internet yang beroperasi pada peranti lunak penerbitan terbuka membolehkan siapapun yang memiliki akses Internet untuk mengunjungi situs itu dan mengunggah muatan informasi secara langsung tanpa menekankan saringan media tradisional. Beberapa prinsip dasar cenderung menginformasikan organisasi-organisasi dan situs-situs yang mengabdikan diri bagi penerbitan terbuka, meskipun mereka hal lain. Prinsip-prinsip ini juga bersifat tak-berjenjang, keikutsertaan publik, kendali editorial yang minimal, dan transparansi.

Gagasan penerbitan terbuka menyisipkan konsep yang sama, meskipun tidak menyebutkan wawasan Eric S. Raymond. Di dalam Penerbitan Terbuka, muatan informasi yang bermasalah bukanlah sesuatu yang rumit. Hampir semua masalah itu dapat diperingatkan, diumumkan, dan dibenahi atas peran pembaca, pendengar, dan penanggap. Hukum Arnison: "Berikanlah bola mata secukupnya, maka muatan informasi dapat dibenahi".

Penerbitan terbuka harus dibedakan dengan akses terbuka, yakni penerbitan bahan-bahan yang diorganisasi dalam suatu cara di mana tidak ada kendala biaya atau kendala lain bagi para pengguna. (Pada kenyataannya, semua atau hampir semua penerbitan terbuka adalah juga akses terbuka.)

Contoh[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pralana luar[sunting | sunting sumber]