Pendingin laptop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pendingin laptop atau yang sering disebut dengan Cooling pad adalah aksesoris laptop yang berfungsi untuk mengurangi/mendinginkan laptop pada saat digunakan. Pendingin laptop biasa digunakan untuk mencegah laptop dari kepanasan (atau biasa disebut overheating) dan untuk menjaga pengguna dari bahaya panas laptop. Ada tiga cara yang digunakan dalam pendingin laptop, yaitu : pendinginan secara aktif dan pendinginan secara pasif.

Pendinginan secara aktif adalah pendinginan yang memakai kipas dan atau cairan yang dapat memindahkan panas secara cepat. Sedangkan pendinginan secara pasif adalah pendinginan yang menggunakan bahan-bahan penghantar panas untuk memindahkan panas atau meningkatkan aliran udara panas secara pasif.

Pendingin aktif[sunting | sunting sumber]

Pendingin aktif adalah suatu alat yang menggunakan kipas kecil untuk menghasilkan aliran udara tambahan di sekitar laptop. Pendingin ini adalah pendingin yang banyak digunakan untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh laptop. Banyak dari pendingin ini yang menggunakan adaptor untuk dapat langsung memakai daya dari USB port.

Beberapa pendingin aktif biasanya didesain untuk menyedot udara dari bawah dan mengalirkannya ke atas, tetapi ada juga yang di desain untuk menyedot panas dari laptop dan mengalirkannya ke bawah. Kecepatan kipas biasanya dapat diatur secara manual atau otomatis di beberapa model pendingin, dan ada juga yang kecepatan kipasnya tidak dapat diatur.

Pendingin pasif[sunting | sunting sumber]

Pendingin pasif adalah pendingin yang tidak memerlukan daya sama sekali. Pendingin ini biasanya berbentuk alas yang diisi dengan garam organik yang dapat menyerap panas dari laptop. Bentuk yang lebih sederhana adalah alas yang mengangkat laptop, jadi aliran udara laptop jadi lebih baik. Pendingin pasif yang berbahan konduktif tidak disarankan untuk laptop yang memiliki lubang ventilasi kipas di bawah karena dapat "menghadang" aliran udara panas dari laptop.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]