Pendidikan di Dinasti Joseon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pendidikan di Dinasti Joseon adalah suatu periode sejarah pendidikan di Korea.

Pendidikan di Joseon dibuat berdasarkan Konfusianisme, umumnya mempersiapkan para siswa untuk memberikan pelayanan pada pemerintah. Tujuan utama dari kebanyakan siswa adalah untuk berhasil melewati ujian negara, yang dikenal sebagai gwageo.

Sekolah-sekolah cukup banyak di Joseon, dapat dibagi menjadi lembaga pendidikan publik dan swasta. Lembaga pendidikan publik tertinggi adalah Sungkyunkwan, yang terletak di Seoul. Dibawahnya adalah Sahak, empat sekolah yang memberikan pelatihan teknis, dan hyanggyo, sekolah negeri yang dikelola pemerintah daerah di Delapan Provinsi.[1] Hyanggyo kemudian ditinggalkan dan pendidikan pada periode Joseon didominasi oleh sekolah swasta, seowon dan seodang.

Ujian pegawai negeri sipil[sunting | sunting sumber]

Ujian pegawai negeri sipil, yang dikenal sebagai gwageo, kemampuan yang dinilai adalah pengetahuan mengenai Sastra Tiongkok. Hanya mereka yang berasal dari keluarga berpangkat tinggi yang diizinkan untuk mengikuti ujian. Gwageo dibagi menjadi beberapa bagian sipil dan militer, dengan bagian militer terbuka kepada orang-orang dari peringkat yang relatif lebih rendah. Sistem gwageo telah didirikan di dinasti Goryeo, tetapi mencapai puncaknya pada periode Joseon.

Pendidikan yang didukung negara[sunting | sunting sumber]

Sungkyunkwan[sunting | sunting sumber]

Sungkyunkwan adalah lembaga pendidikan tertinggi di Joseon, dan menarik para sarjana dari seluruh negeri. Lembaga ini didasarkan pada Gukjagam dari periode Goryeo.

Kurikulum Konghucu[sunting | sunting sumber]

Kurikulum Konghucu Korea didasarkan pada sistem pendidikan Tiongkok yang memiliki 15 atau lebih karya utama, dan sejumlah besar penafsiran dihasilkan, bersama dengan ujian dinilai yang dikumpulkan dalam satu topik. Semua karya ini ditulis dalam bahasa Tiongkok, bahasa tertulis akademis Joseon. Sebuah buku pengantar umum adalah Pembelajaran Kecil, karya penafsiran oleh Zhu Xi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nahm (1996), p. 110.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Nahm, Andrew C. (1996). Korea: A history of the Korean people (2nd ed.). Seoul: Hollym. ISBN 1-56591-070-2. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]