Pendidikan Kesehatan Profesional Wira Husada Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pusat Pendidikan Profesional Kesehatan Wira Husada Nusantara
Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara
D-4 Kebidanan Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Sejarah
D-4 Kebidanan Universitas Tribhuwana Tunggadewi secara resmi memulai kegiatannya sejak 21 Juli 2005 dengan turunnya rekomendasi Departemen Kesehatan HK. 03.2.4.1.02787 dan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No.2996/D/T/2005.
Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara secara resmi memulai kegiatannya 19 September 2007 dengan turunnya rekomendasi Departemen Kesehatan HK. 03.2.4.1.04153 dan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 3201/D/T/2007.


Kampus
Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara memiliki kampus di Jalan Kecubung No. 2, Malang. Untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara ditunjang dengan fasilitas gedung seluas 1600 m2 di atas lahan seluas 7500 m2. Gedung dipergunakan untuk sarana kantor, perkuliahan, serta berbagai laboratorium.

Kurikulum
Struktur kurikulum Program Studi D3 Kebidanan Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara disusun atas dasar kurikulum inti dan kurikulum institutional yang berdasarkan KEPMEN No. 232/U/2000, No. 045/U/2002, dan hasil diskusi dengan Ikatan Bidan Indonesia, serta rekomendasi Badan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan – DEPKES.

Latar Belakang dan Tujuan
Adanya Program Pemerintah Indonesia Sehat tahun 2010 serta program Desa Siaga dalam rangka menekan kematian bayi dan ibu melahirkan menuntut tersedianya tenaga bidan yang profesional. Seorang bidan yang mampu menjadi manajer, pendidik, peneliti, sekaligus memberikan pelayanan asuhan kebidanan yang mumpuni.

Melihat tugas bidan yang sedemikian berat maka hanya pendidikan jenjang D-3 atau Ahli Madya Kebidanan saja rasanya tidak cukup. Dengan demikian diperlukan sebuah pendidikan profesional setara Sarjana atau D-4 yang mampu memberikan bekal berupa ketrampilan praktis sekaligus kemampuan manajerial, pendidik, pelayanan, serta peneliti. Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara dan Program D-4 Bidan Universitas Tribhuwana Tunggadewi menawarkan Program Pendidikan Bidan Profesional dengan keahlian, ketrampilan, dan sekaligus fungsi manajerial, peneliti, serta pendidik. Program ini memberikan gelar ganda, yakni AMd.Keb dan SST dengan waktu studi yang relatif pendek dengan biaya yang terjangkau. Fasilitas pendidikan lengkap dengan tenaga pengajar yang merupakan gabungan praktisi dan akademisi berpendidikan S-2, S-3, maupun Guru Besar/ Profesor.

Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara dan Program D-4 Bidan Universitas Tribhuwana Tunggadewi juga membantu pemerintah mendidik para bidan yang berpengalaman namun belum memiliki gelar D-3 serta membantu alih tugas dukun bayi menjadi Bidan Profesional. Selain itu juga disediakan beasiswa bagi bidan yang sudah berpengalaman dan dukun bayi serta kerabatnya yang ingin meningkatkan pendidikannya menjadi seorang Bidan Profesional.

Program Akademik
Pusat Pendidikan Wira Husada Nusantara memiliki program akademik sebagai berikut: Double Degree Program (D3+D4 Kebidanan, bergelar Amd.Keb dan SST) D3 Kebidanan (Bergelar Amd.Keb) D4 Kebidanan (Bergelar SST)

Tenaga Pengajar
Program D3 Kebidanan memiliki Dosen tetap sebanyak 36 orang. Program D4 Kebidanan memiliki Dosen tetap sebanyak 26 orang. Pusat Pendidikan Wira Husada Nusantara juga ditunjang oleh tenaga dosen luar biasa.

Fasilitas
Pusat Pendidikan Wira Husada Nusantara dilengkapi dengan fasilitas sebagai berikut:

  • Laboratorium Kebidanan
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Bahasa
  • Lapangan Basket dan Badminton
  • Asrama Mahasiswi

Kerjasama
Pusat Pendidikan Wira Husada Nusantara melakukan kerjasama dengan berbagai Rumah Sakit maupun Rumah Sakit Bersalin guna menunjang kegiatan praktik mahasiswa. Kerjasama yang telah dilakukan antara lain dengan,

  • RSUD Kepanjen - Malang
  • RS Husada Kepanjen – Malang
  • RSB Permata Hati Kota Malang
  • Rumah Sakit Islam Unisma – Malang
  • RS Haji Batu
  • RB Amanah Bululawang – Malang
  • RSB Manu Husada – Kota Malang
  • RB Permata Hati Dampit – Malang
  • RB Al-Bashiroh – Turen – Malang