Penangkapan Kristus (Caravaggio)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Penangkapan Kristus
Seniman Caravaggio
Tahun c. 1602
Jenis minyak di atas kanvas
Dimensi 133.5 cm × 169.5 cm (526 in × 667 in)
Lokasi Galeri Nasional Irlandia, Dublin

Penangkapan Kristus adalah lukisan dari pelukis Barok Italia Michelangelo Merisi da Caravaggio (c. 1602). Saat ini lukisan tersebut berada di Galeri Nasional Irlandia, Dublin. Lukisan ini, sebuah contoh awal dari gaya Barok, sangat mengesankan. Dilukis dengan warna-warna gelap, lukisan ini mampu membuat orang yang melihatnya untuk merenungkan peristiwa penangkapan Yesus di Taman Getsemani.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Ada tujuh tokoh yang digambarkan di lukisan ini, dari kiri ke kanan: Rasul Yohanes, Yesus, Yudas Iskariot, dua orang tentara Romawi, seorang lelaki (potret diri Caravaggio), dan seorang prajurit. Mereka semua berdiri, dan hanya tiga perempat tubuh mereka bagian atas yang digambarkan. Profil mereka digambarkan di depan latar yang sangat gelap. Sumber cahaya dalam lukisan ini tidak tampak jelas, namun berasal dari bagian kiri atas. Ada sebuah lentera yang dibawa oleh orang di sebelah kanan (Caravaggio). Di sebelah kiri, seorang pria (Rasul Yohanes) melarikan diri; tangannya teracung, mulutnya menganga setengah berteriak, dan jubahnya melambai dan ditangkap oleh seorang prajurit.

Dua elemen utama dari peristiwa itu, yang tergambar pada lukisan tersebut menarik perhatian pengamat. Gambaran pertama adalah Yudas yang menyampaikan ciuman maut. Namun, fokus pengamat segera tertuju pada jari-jari Yesus yang saling terlipat. Ini menunjukkan bahwa Yesus tidak memberikan perlawanan terhadap ketidakadilan. Meskipun Dia memiliki kuasa untuk menciptakan alam semesta, Kristus memberikan diri-Nya secara sukarela kepada para penangkap-Nya dan salib yang menanti.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Caravaggio