Pena 98

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perhimpunan Nasional Aktivis 98 (PENA 98) merupakan sebuah jaringan dari kelompok aktivis mahasiswa Indonesia era 98. PENA 98 terbentuk sebagai rangkaian panjang perjalanan proses reformasi, yang merupakan metamorfosis dari kelompok - kelompok perlawanan terhadap rezim orba, diawali dengan sebuah pertemuan besar seluruh aktivis mahasiswa (rembuk nasional mahasiswa 1999) di kampus Universitas Udayana - BALI, hingga pembentukan 98 centre yang kemudian bermetamorfosis kembali hingga berhasil mendorong pertemuan aktivis nasional 98 di Hotel Grand Cempaka, Jakarta pada 27-29 Juli 2007. Pertemuan yang dihadiri delegasi dari 33 proponsi di Indonesia untuk pertama kalinya berhasil mengumpulkan sejumlah eksponen 98 sebanyak 680 orang.

Generasi Reformasi ini kemudian menyepakati keputusan bersama untuk membentuk Perhimpunan Aktivis Nasional 98 (PENA 98) dengan Adian Napitupulu, SH sebagai Sekjen dan Sangap Surbakti, SH sebagai Koordinator Presidium Nasional PENA 98. PENA juga memiliki struktur ringkas dengan Mixil mina munir sebagai sekretaris harian, Pilia panataran hutasoit sebagai bendahara, Mustar bona ventura sebagai jaringan nasional dan Arie "Gepeng" Mirdjaja atau Jay Geeps sebagai kepala departement jaringan Internasional.

PENA 98 berdiri setelah sembilan tahun reformasi berlalu. Ketika agenda reformasi dirasakan telah dibajak dan ditelikung oleh petualang-petualang politik dan kaum komperador. PENA 98 bertekad untuk merebut kekuasaan menyempurnakan reformasi. PENA 98 mengupayakan konsolidasi demokrasi dan regenerasi kepemimpinan politik sebagai agenda yang mendesak.

Jaringan PENA 98:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]