Pemuda Rakyat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pemuda Rakjat)

Pemuda Rakyat adalah sayap pemuda dari Partai Komunis Indonesia (PKI). Organisasi ini dibentuk sebagai Pemuda Sosialis Indonesia (Pesindo). Pada awalnya, organisasi ini didirikan atas prakarsa Menteri Pertahanan Amir Sjarifuddin, sebagai sayap kepemudaan Partai Sosialis Indonesia (PSI). Sebuah kongres diadakan pada tanggal 10 dan 11 November 1945, di mana tujuh organisasi pemuda yang berbasis di daerah bergabung. Dengan cepat, organisasi ini mendapatkan keanggotaan sekitar 25.000 orang. Organisasi ini ikut serta dalam perjuangan bersenjata untuk kemerdekaan selama Revolusi Nasional Indonesia. Unit-unit Pesindo terlibat dalam pertempuran sengit di jalanan selama Pertempuran Surabaya.

Pesindo ikut ambil bagian, bersama dengan PKI dan FDR, dalam Pemberontakan Madiun tahun 1948.

Pada tahun 1950, organisasi ini menjalin hubungan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengubah namanya menjadi "Pemuda Rakyat". Pada kongres bulan November 1950, Francisca C. Fanggidaej menjadi ketua umum. Sukatno menjadi sekretaris jenderal.

Keanggotaan Pemuda Rakyat mencapai sekitar tiga juta orang pada tahun 1965. Pemuda Rakyat secara efektif dihilangkan bersama dengan PKI selama pembantaian di Indonesia 1965-1966.