Pemeringkat Efek Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemeringkat Efek Indonesia
Jenis Perseroan Terbatas
Industri/jasa Lembaga pemeringkat efek
Didirikan 21 Desember 1993
Kantor pusat Jakarta, Indonesia
Tokoh penting Ronald Tauviek Andi Kasim, CFA (President Director) • Salyadi Saputra (Director) • Yose Rizal (Director) • DR Djoko Sarwono (President Commissioner) • Erry Firmansyah (Commissioner) • Torang Napitupulu (Commissioner)
Produk Peringkat efek
Situs web [1]

PT. PEFINDO atau "PT Pemeringkat Efek Indonesia" didirikan di Jakarta pada tanggal 21 Desember 1993, melalui inisiatif Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) dan Bank Indonesia. Pada tanggal 31 Agustus 1994, PEFINDO memperoleh izin usahanya dari BAPEPAM dengan Nomor. 39/PM-PI/1994 dan menjadi salah satu lembaga penunjang pasar modal di Indonesia.

Tugas utama PEFINDO adalah untuk menyediakan suatu peringkat atas risiko kredit yang objektif, independen, serta dapat dipertanggung jawabkan atas penerbitan surat hutang yang diperdagangkan kepada masyarakat luas.

Disamping melaksanakan kegiatannya dalam melakukan pemeringkatan surat hutang, PEFINDO juga menerbitkan dan mempublikasikan informasi kredit sehubungan dengan pasar perdagangan efek. Publikasi ini terdiri dari opini kredit atas perusahaan-perusahaan penerbit obligasi beserta sektor aset acuannya.

PEFINDO adalah Perseroan Terbatas yang sahamnya per Desember 2006 tercatat dimiliki oleh 96 perusahaan domestik, yang terdiri dari dana pensiun, perbankan, asuransi, Bursa Efek Jakarta, Bursa Efek Surabaya dan perusahaan sekuriti.

Guna meningkatkan metodologi pemeringkatan yang digunakan dan kriteria dalam melakukan pemeringkatan, maka PEFINDO didukung oleh mitra globalnya yaitu Standard & Poor's Rating Services (S&P's).

PEFINDO juga aktif berpartisipasi dalam Asian Credit Rating Agencies Association (ACRAA).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]