Pembicaraan:Tujuan Pembangunan Milenium

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apakah seharusnya dieja 'Milenium' atau 'Millennium'? Hayabusa future (bicara) 16:37, 16 September 2005 (UTC)

Percaya tidak di KBBI milik saya edisi tahun 1998 tidak ada. Di kamus2 lain yg kebetulan saya ada tidak memuat pula. Tapi di RCTI kan ada serial "Panji Manusia Millenium" (dengan dua 'l'). Meursault2004 21:44, 16 September 2005 (UTC)

Ini terjemahannya ternyata bukan tujuan pembangunan milenium tapi sasaran pembangunan milenium. Secara resmi gue pernah lihat dimana gitu di media, gue cari-cari lagi dapatnya cuman ini (lihat Januari 5, 2008) ok, ding dapat lagi lembar fakta kemitraan (kalo boleh nebak NGO yang dibikin PBB) nekat gue ganti deh. Dan milenium ("l"-nya satu) Serenity (bicara) 12:16, 8 Oktober 2009 (UTC)

Pindahan dari Warung Kopi[sunting sumber]

Halah, bingung nih gue, ada dua terjemahannya Millenium Development Goals:

  • Sasaran Pembangunan Milenium
  • Tujuan Pembangunan Milenium

Dua-duanya punya referensi, tapi Bappenas pakai Tujuan Pembangunan Milenium, dan ada website Inggris yang udah nekat menerjemahkan MDGs sebagai TPM lihat ini.

Enaknya pakai yang mana? Gue sih ngga punya preference. Serenity (bicara) 00:28, 10 Oktober 2009 (UTC)

Dalam penggunaan populer, keduanya adalah sinonim. Tapi jika keduanya ada dalam satu naskah, misalnya "tujuan dan sasaran pembangunan", tujuan biasa diterjemahkan menjadi goals sedangkan sasaran menjadi objectives. Tujuan biasanya hanya satu dan bersifat jangka panjang, sasaran biasanya ada beberapa dan lebih pendek. Kalau melihat isi artikel dan judul dari bahasa asingnya sendiri (goal), versi Bappenas memang sudah tepat: Tujuan Pembangunan Milenium. •• ivanlanin 02:09, 10 Oktober 2009 (UTC)

Terus singkatannya? Nekat aja di TPM-in kah? Mengingat Bappenas ngga berani dan keukeuh pakai MDGs <-- which is weird. Serenity (bicara) 03:12, 10 Oktober 2009 (UTC)

Tulis saja begini: Tujuan Pembangunan Milenium, atau biasa disingkat MDG (Inggris: Millenium Development Goals) ... •• ivanlanin 06:30, 10 Oktober 2009 (UTC)

Ah TPM aja ah. Serenity (bicara)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Tujuan Pembangunan Milenium that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 20 Oktober 2023 02.39 (UTC)[balas]