Pembicaraan:Timor Leste

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Asia atau Oceania ???[sunting | sunting sumber]

WILAYAH OSEANIA (SECARA GEOGRAFIS)

Sebenarnya Timor leste ini masuk dalam bagian Asia atau Oceania ? karena menurut garis wallace negara ini masuk dalam bagian Oceania. Ada alasan lain seperti : penduduknya tidak mirip dengan suku bangsa lain asia serta mempunyai karakteristik budaya yang sama dengan negara ocean lainnya. Sebenarnya dimasukan negara ini ke Asia hanya oleh faktor politik, ketika masih di bawah invasi Indonesia. --201.220.215.11 16:53, 16 Maret 2009 (UTC)

Secara politik masuk Asia, secara geografis masuk Oseania. Indonesia juga begitu. Batas-batas Oseania dijelaskan di sini. -- Adiputra बिचर -- 3 Februari 2013 07.23 (UTC)

Rakyat Maubere[sunting | sunting sumber]

sejak awal perjuangan pembebasan rakyat maubere. para pelopor perjuangan telah mentapkan dua tahap perjaungan untuk mencapai kemerdekaan total, dimana prinsip perjuangan bertahap ini berangkat dari kesimpulan bahwa. "tidak ada fasisme yang liberal dan kolonialisme yang demokratis, maka pemikiran bahwa suatu ketergantungan yang jelas terbuka maupun tidak, itu bisa mendatangkan kemajuan bagi tanah jajahan ini dan pembebasan rakyat dalam kekuasaan kolonial dalah absurd" (lihat manifesto politik fretilin). Berangkat dari kesimpulan ini prisip perjuangan dua tahapan yang ditetapkan tersebut adalah pertama perjuangan pembebasan tanah air dan kedua adalah perjuangan pembebasan rakyat. Dengan perjuangan yang heroik dan gagah berani disemua front perjuangan rakyat telah berhasil merebut kemerdekaanya dan kini rakyat maubere melangkah menuju pembebasan dirinya sendiri. Bagi kami anak-anak maubere bentuk pembebasan rakyat itu bukan seperti apa yang dikatakan oleh tuan-tuan berdasi dengan MENGISI KEMERDEKAAN dan dengan enten mengatakan pembebasan rakyat itu hanyalah persoalan bagaimana bisa membuka lapangan kerja untuk memberantas kemiskinan atau mendirikan sekolah-sekolah dan rumah sakit-rumah sakit sampai ke desa-desa untuk memberantas kebodohan dan memerangi penyakit. Tetapi pembebasan rakyat itu adalah persoalan MEMERANGI PEMISKINAN DAN PEMBODOHAN. dan lebih dari itu pembebasan rakyat ini sudah akan tercapai apabila sistem lama yang menindas itu telah dihancurkan untuk kemudian membangun sitem baru yang lebih manusiawi. suatu sistem baru yang didalamnya tidak lagi ada peluang bagi terjadinya ekspolitasi dan penindasan oleh manusia terhadap manusia lainya.

                                                              A LUTA KONTINUA.....
                                                            VIVA POVU MAUBERE


nb 'sipapun anda yang mengakses situs ini dan sempat membaca tulisan ini sangat diharapkan tanggapannya. layangkan saja komentar anda pada alamat email ini.

Bukan semestinya a luta continua? :-P

dala bahasa tetum tidak ada abjad "c" bung prek!!!

Data mana yg benar? Sebelum Indonesia dtg penganut Katholik 27% atau 77%? Hayabusa future 09:08, 30 Mei 2005 (UTC)

27%. Jadi bisa dikatakan bahwa Tim-Tim menjadi daerah Katholik berkat RI. Meursault2004 09:15, 30 Mei 2005 (UTC)

Indonesia bukan penyebar ajaran Katolik[sunting | sunting sumber]

Setelah membaca komentar bung Mersault2004 bahwa Tim-Tim menjadi daerah Katolik berkat RI saya merasa sangat kaget. bagaimana mungkin RI yang NB salah satu negara di Asia yang pemeluk islam terbesar malah jadi penyebar agama Katolik di Timor Leste. Kalau benar, mengapa tidak menyebarkan agama Islam saja dari dulu ?? jadi mohon jangan sok membesar-besarkan saja topik itu karena sebelum RI menginvasi Timor Leste, mayoritas penduduk Timor Leste sudah memeluk agama katolik berkat kerja keras dari para misionaris setelah beberapa tahun kedatangan portugis. salam...Acces Denied


Tapi barusan ada yg mengubah datanya menjadi 77%? Hayabusa future 09:30, 30 Mei 2005 (UTC)

Mana sumbernya? Di buku-buku saya tidak ada. Yg jelas pada tahun 1980 jumlahnya +/- 80% dan pada tahun 1999 91%. Sumber: Robert Cribb, 2000, Historical Atlas of Indonesia. Memang secara linear kelihatannya logis, tetapi setelah dimasukkan (integrasi atau dicaplok, you name it) RI, ada peningkatan tajam, sebab orang Portugis menelantarkan koloni ini. Nanti kalau perlu saya carikan data lain. Meursault2004 09:41, 30 Mei 2005 (UTC)

Barangkali perlu sikap yang lebih tegas apakah peristiwa dimasukkannya Timor Timur itu integrasi ("penyatuan") ataukah invasi. Sejarah versi Orde Baru tentu melihatnya sebagai integrasi, namun mayoritas pandangan dunia menganggapnya sebagai invasi. Karena itu saya berpendapat sejarah Timor "Leste" (itu nama resmi yang dipakai sekarang), mungkin perlu mengakui invasi Indonesia tersebut (yang terjadi pada 7 Desember 1975). Dan konflik yang terjadi (1975 - bukan 1976 - hingga 1980(?? rasanya perlawanan pihak Fretilin, dan belakangan CNRT jauh lebih lama daripada 1980), mestinya ditulis bukan sebagai "perang saudara", melainkan "perang" (atau "perang kemerdekaan" menuruta saudara-saudara dari Timor Leste). Saya kuatir, bila tidak demikian kita sama "revisionis"-nya dengan golongan kanan Jepang yang hingga kini menolak mengakui invasi militernya ke RRT, Korea, dan Asia Tenggara. --Stephensuleeman 20:44, 17 November 2005 (UTC)

Invasi, bukan Integrasi[sunting | sunting sumber]

Saya menegaskan, bahwa Timor Timur diinvasi oleh Indonesia pada 1975, saya sebagai warga Indonesia mengakui hal itu. Saya tidak menyetujui penggunaan kata integrasi yang tercetak di buku sejarah selama orde baru karena itu benar-benar pembodohan semata. Sudah sepantasnya kita mengakui bahwa Indonesia memang bangsa yang ekspansif.

CATATAN PEMBACA LAIN. ANDA PERLU BACA RESOLUSI PBB 1941 TAHUN 1949 TENTANG MEKANISME KEMERDEKAAN DARI SUATU NEGARA PENJAJAH YAITU PORTUGAL. PORTUGAL MEMBIARKAN TIMOR TIMUR VAKUM PEMERINTAHAN SELAMA 3 BULAN (September, Oktober, Nopember). Selama itu FRETILIN membantai lebih dari 60.000 dari kelompok integrasi yg notabene adalah orang Timor Timur sendiri (ini adalah data resmi dari laporan PBB. Anda tidak bisa membantah itu). Apakah itu bukan dikategorikan genocide atau pembantaian. Dan apakah itu bukan Perang Saudara atau perang antara Saudara?

Bacalah sejarah sebelum berkomentar. Jangan buat malu Warga Negar Indonesia lain yang lebih terdidik.

Edit request[sunting | sunting sumber]

Population count results 2004 for districts, subdistricts and sucos of East Timor: This [1] was only a provisional result, the final results can be found here: [2]. I still edited the German table of subdistricts (de:Liste der Subdistrikte Osttimors), but I hope someone here has time to edit the ET-articles in this language, cause I have to change all German articles. Greetings, --de:user:J. Patrick Fischer --217.249.192.156 07:59, 20 Juni 2007 (UTC)

Timor Leste[sunting | sunting sumber]

Artikel ini apakah perlu dipindahkan ke Timor Leste?

Timor Leste, bukan Timor-Timur[sunting | sunting sumber]

Nama Timor-Timur seharusnya sudah diganti menjadi Timor Leste karena Timor-Timur adalah nama Timor Leste saat masih menjadi koloni RI. Seharusnya sudah diganti menjadi Timor Leste karena merupakan nama resmi negara ini. Salam.. Acces Denied


bennylin 09:14, 9 Juli 2007 (UTC)