Pembicaraan:Taoisme

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rekan-rekan editor yang terhormat. Mengingat bahwa Taoisme dibedakan menjadi Taoisme Orthodox / mainstream dan Taoisme Heterodox / kepercayaan rakyat, oleh karena itu saya rasa publik perlu diinformasikan tentang hal ini supaya tidak terjadi kesimpang siuran dan kesalahpahaman. Demikian pula dalam mencantumkan informasi tentang 'ajaran Tao', sebaiknya spesifik dituliskan dari aliran apa, apakah mewakili ajaran aliran tertentu ataukah secara umum. Pendefinisian dan deskripsi tentang ajaran2 Taoisme sudah selayaknya berdasarkan pakem yang berlaku di dunia internasional, bukan pemahaman yang dimonopoli oleh sekelompok aliran tertentu. Informasi yang tidak benar tentu akan mengakibatkan masyarakat Indonesia menerima informasi yang tidak seimbang.

Oleh karena pada link "Pengenalan Agama dan Ajaran Tao" yang mana adalah sebuah link yang menjelaskan Taoisme, maka sudah selayaknya kita memperjelas perbedaan-perbedaan yang ada antara Taoisme orthodox / mainstream dengan Taoisme rakyat. Saya mengusulkan perubahan menjadi "Pengenalan Ajaran Taoisme aliran Thay Shang Men". Kata 'agama' saya hapuskan supaya tidak mengaburkan antara ajaran agama Tao mainstream dengan Taoisme rakyat. Meskipun demikian, Taoisme mainstream tetap menghargai aliran apapun yang mengusung nama Tao. Hanya kita perlu jelas apa ajaran Taoisme mainstream itu walaupun Taoisme mainstream ini belum berkembang dengan baik di Indonesia.

Selanjutnya, kami sertakan sebuah link yang berupa sebuah milis untuk berdiskusi Taoisme secara umum, yang menerima anggota dari semua aliran, baik mainstream Taoism (Utara dan Selatan) maupun dari folk Taoism, yang dianggotai oleh Taois-taois maupun scholar dan awam. Disini, perbedaan perselisihan dan pandangan akan dibahas berdasarkan sumber-sumber referensi yang valid dan dapat dipercaya, tanpa melupakan identitas Keindonesiaan. Milis ini kami beri nama Taoisme Indonesia. Deskripsi visi dan misi milis dapat dibaca pada halaman tersebut.

Demikian pula terjadi pengubahan pada link 'Kitab-kitab Tao' yang berisikan link menuju suatu halaman web yang berafiliasi pada suatu aliran taoisme tertentu. Persyaratan sebuah kitab suci digolongkan dalam kitab suci Taoisme adalah kitab-kitab yang tercantum dalam Daozang atau kanon Tao. Di dalamnya terdapat berbagai macam kitab suci dari berbagai macam aliran Taoisme sah yang ada di Tiongkok. Oleh karena itu, saya mengganti isi link tersebut dengan alamat seorang Taois scholar Fabrizio Pregadio dari Stanford University.

124.81.159.141 19:01, 18 Agustus 2007 (UTC) Li Tian jushe Quanzhen Longmen sect , 22th generation.

Terima kasih atas masukan anda. Tapi mohon baca pula halaman ini. Meursault2004ngobrol 22:30, 15 Agustus 2007 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Taoisme that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 18 Oktober 2023 13.53 (UTC)[balas]