Pembicaraan:Sunan Kudus

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Biografi (Dinilai kelas Stub)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas rintisan pada skala kualitas proyek.
 

saudara operator wikimedia terhormat, Rasanya tidaklah benar kalau Sunan Kudus merupakan murid dari Sunan Kalijaga, karena Sunan Kalijaga merupakan sunan termuda dari 9 wali. Sunan Kalijaga adalah murid Sunan Ampel. Sedangkan Sunan Kudus belum pernah diberitakan mempunyai guru, apalagi berguru kepada Sunan Kalijaga.

saudara operator wikimedia terhormat,

dari artikel tersebut, saya ingin memberikan koreksi. sepanjang yang saya tahu, bahwa dari sumber sejarah yang saya ketahui bahwa sunan kudus tidak ikut bertempur melawan arya penangsang.

alasannya:

  1. sunan kudus merupakan penasihat kadipaten jipang sejak pemerintahan pangeran seda lepen hingga pemerintahan arya penangsang.
  2. arya penangsang, jaka tingkir dan sunan prawoto merupakan murid2 utama dan kesayangan dari sunan kudus.

sehingga, sunan kudus menolak permintaan ratu kalinyamat (menantu sultan trenggono) untuk membalasdendam kematian adipati japara, suaminya. alasannya:

  1. beliau tidak ingin membela salah satu dari murid2 kesayangannya.
  2. beliau tidak ingin ikut dalam konflik keluarga (perang saudara) kerajaan demak.

kemudian ratu kalinyamat pergi meminta bantuan dari jaka tingkir dan sunan prawoto yang notabenenya merupakan menantu dan anak dari sultan trenggono. jaka tingkir akhirnya pergi kepada sunan kudus untuk meminta bantuan secara lisan. permintaan jaka tingkir ternyata ditolak juga oleh sunan kudus, alasannya sunan kudus merasa tersinggung karena jaka tingkir diam-diam berguru juga pada:

  1. syech siti jenar, yang merupakan lawan dari sunan kudus. sehingga jaka tingkir dianggap mempelajari ilmu syech siti jenar yang dianggap sesat.
  2. sunan kalijaga, yang merupakan guru dari sunan kudus. sehingga jaka tingkir dianggap merendahkan sunan kudus.
Bisa tolong diberikan sumber referensinya? Ada yang bisa memverifikasi? -- IvanLanin 06:36, 25 April 2006 (UTC)


Dengan hormat:

Setahu saya Arya Penangsang (Adik Arya Mataram) adalah murid kesayangan Sunan Kudus. Beliau lah yang menginginkan agar Arya Penangsang akan menjadi penerus dan pemimpin Demak berikutnya. Oleh Karena itu adalah tidak mungkin bila dinyatakan bahwa Sunan Kudus memerangi Arya Penangsang.

Yang bekepentingan agar Arya Penangsang tersingkir adalah Sultan Pajang (Sultan Hadiwijoyo / Joko Tingkir) dan Kyai Gede Mataram dan Ki Juru Martani.