Pembicaraan:Semboyan moto dan julukan kota dan kabupaten di Indonesia

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam template kota Semboyan diisikan ke dalam kotak isian motto, sy lebih cenderung ke semboyan karena mengacu kepada semoboyan negara Bhinneka Tunggal Ika. Moto lebih cenderung situasional dan bukan merupakan identitas yang spesifik karena bisa jadi motto ini dimiliki pula oleh kota/kabupaten yang lain. Julukan, terkadang merupakan moto dari kota/kabupaten itu sendiri. Tetapi bisa jadi tiap kota bisa memiliki lebih dari 1 Julukan. Seperti Bandung selain sebagai kota Kembang juga terkenal sebagai Paris Van Java dan itu semua adalah julukan bukan moto bukan pula semboyan. eMpu Pallawa (bicara) 05:50, 15 Januari 2011 (UTC)

JUDUL dan MAKNA[sunting sumber]

Menurut saya, semboyan, moto, dan julukan sebaiknya dibedakan dan diberikan definisi tepat disini.
Semboyan sebaiknya kita rujuk pada lambang daerah, apakah ada kata-kata seperti BHINNEKA TUNGGAL IKA dalam lambang tersebut. Hal ini merujuk pada UUD 1945 yang menyebutkan bahwa Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara. Dan letaknya, seperti kita ketahui sendiri, berada dalam atau menjadi bagian lambang negara kita. Untuk daerah yang lambangnya tanpa kata-kata yang saya sebutkan di atas, sebaiknya dibiarkan kosong saja.
Moto merupakan kosakata baru dalam perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Moto lebih tepat disematkan kepada kata-kata yang menjadi semacam slogan dari daerah tersebut, seperti ALAMI (Asri Layaknya Emas dan Intan) yang digunakan oleh Kabupaten Kepahiang. Moto tidak terdapat dalam lambang, tetapi semacam program atau identitas semi-resmi dari daerah tersebut.
Julukan, menurut saya, mengarah pada sebutan tak resmi, namun familiar di telinga masyarakat daerah tersebut atau bahkan daerah lain. Julukan tidak ada dasar hukumnya alias murni sebutan dari masyarakat atau para jurnalis yang memasyarakatkannya .Seperti Kota Tarakan dan Kota Balikpapan yang memiliki julukan sama, yaitu KOTA MINYAK.
Sebagai penjelas lagi, mari kita lihat Kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta memiliki semboyan MANGAYU HAYUNING BAWONO (tercantum dalam lambang Kota Yogyakarta), moto YOGYAKARTA BERHATI NYAMAN yang merupakan kependekan dari Yogyakarta Bersih, Sehat, Asri, dan Nyaman (yang menjadi slogan Kota Yogyakarta dan dapat ditemui di beberapa tempat strategis di wilayah Pemerintahan Kota Yogyakarta), dan julukan KOTA GUDEG, KOTA PENDIDIKAN, dan KOTA BUDAYA.
Dengan penjelasan di atas, saya menyarankan agar judul artikel ini sebaiknya diubah menjadi DAFTAR SEMBOYAN, MOTO, DAN JULUKAN KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA.
Daftar ini bisa dibuat terpisah antara semboyan, moto, dan julukan. Namun, alangkah baiknya ketika ditampilkan dalam bentuk tabel, sehingga lebih sederhana dan mudah dibaca dan dimengerti pembaca.
Terimakasih! :) Oxamuel (bicara) 20:50 WIB, 10 Oktober 2011.

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Semboyan moto dan julukan kota dan kabupaten di Indonesia that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 16 Oktober 2023 03.28 (UTC)[balas]