Pembicaraan:Penyakit Rickettsia

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Judul dan definisi[sunting sumber]

Tifus tular kutu (louse-borne typhus) atau tifus epidemik ini salah satu dari tiga jenis tifus. Jenis yang lain adalah tifus tular tungau (flea-borne typhus atau mite-borne typhus) atau tifus endemik, dan penyakit Brill-Zinsser. Tampaknya definisi tifus pada Wikipedia bahasa Inggris kurang tepat. Pada versi sebelumnya, sudah ada definisi tifus dari Encarta sebagaimana juga definisi di Wikipedia bahasa Belanda. Sedangkan tifus-tifus yang lain, seperti demam tifoid dan tifus belukar (scrub typhus), sebenarnya adalah salah kaprah. Wallahu a'lam. Alfarq (bicara) 03:32, 6 September 2008 (UTC)


Oke, dibetulkan atau ditulis ulang saja. Saya lepas tangan. Coba kita kaji dari berbagai sumber deh. Jangan cuma satu atau dua.

Typhus[sunting sumber]

Typhus itu berbagai (bukan hanya tiga) penyakit yang disebabkan oleh bakteri familia Rickettsiae.[1][2][3] Penyakit ini disebarkan oleh arthropoda, khususnya kutu, tungau, dan caplak.[1][2][3] Tiga jenis typhus utama adalah epidemic typhus, endemic typhus, dan scrub typhus.[1][3] Brill-Zinsser disease adalah epidemic typhus yang muncul kembali setelah bertahun-tahun sembuh.[4][3][1][5] Epidemic typhus dan Brill-Zinsser disease disebabkan oleh bakteri Rickettsia prowazekii.[3][1] Epidemic typhus disebarkan oleh kutu badan.[3][1] Endemic typhus disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi, disebarkan oleh kutu.[3][1] Scrub typhus disebabkan oleh bakteri Rickettsia tsutsugamushi (dahulu bernama Orientia tsutsugamushi), disebarkan oleh tungau dan caplak.[3][1][4][6] Jenis typhus lainnya misalnya Rocky Mountain spotted fever, Rickettsialpox, Boutonneuse fever, Siberian tick typhus, Australian tick typhus, Oriental spotted fever.[4][7]

Refs[sunting sumber]

dragunovadiscuss 04:44, 6 September 2008 (UTC)

Louse, flea, mite, tick?[sunting sumber]

Terima kasih referensi yang disebutkan. Namun, apakah kutu dan tungau itu sama? Louse=kutu, mite=tungau, tick=caplak (Pusat Bahasa), flea=?. Yang saya pahami, epidemic / louse-borne typhus: tifus epidemik atau tifus kutu, ini adalah salah satu jenis utama tifus. Sehingga judul artikel ini kurang tepat.

Tampaknya ada perbedaan klasifikasi untuk tifus antar referensi. Di situs healthatoz menyebutkan empat jenis utama. Encarta tidak memasukkan scrub typhus sebagai jenis tifus. Tapi karena Orientia tsutsugamushi berganti nama menjadi Rickettsia tsutsugamushi, scrub typhus tentunya menjadi termasuk tifus. Allahu a'lam. Alfarq (bicara) 05:33, 6 September 2008 (UTC)

Kalau judul artikel sih fleksibel saja, harus dicari yang kira-kira bisa mencakup semua. Yang termasuk tifus utama juga sepertinya relatif. Oya, Pusat bahasa bilang dog flea = kutu anjing. dragunovadiscuss 05:55, 6 September 2008 (UTC)

Kata kutu bermakna umum, mungkin yang lebih spesifik, flea = pinjal. Di KBBI Daring:

  • pin·jal n kutu (anjing dsb).
  • 1cap·lak n 1 kutu kucing (anjing dsb); 2 lalat kuda (kerbau dsb); pikat

Sayang, tidak disebutkan definisi lebih lanjut. Trus, apakah pinjal dan caplak ini berbeda? Pengertian saya, pinjal itu kutu yang dapat melompat, kakinya panjang, badannya pipih vertikal. Kata ini cocok untuk judul artikel kutu. Alfarq (bicara) 02:08, 24 Februari 2009 (UTC)

Judul[sunting sumber]

Alternatif lain judul bisa Penyakit Rickettsia atau Infeksi Rickettsia, seperti yang dipakai oleh Depkes, CDC, dan Universitas South Carolina. dragunovadiscuss 06:11, 6 September 2008 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Penyakit Rickettsia that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 12 Oktober 2023 04.23 (UTC)[balas]