Pembicaraan:Penulis lagu

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Musik (Dinilai kelas Stub)
Ikon ProyekWiki
Pengalihan ini berada dalam lingkup ProyekWiki Musik, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Musik di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Pengalihan ini tidak memerlukan nilai pada skala kualitas proyek.
 

Apakah halaman ini sama dgn Pencipta lagu ?  MasrudinNgomong  04:49, 15 November 2009 (UTC)

Redefinisi[sunting sumber]

Harus ada redefinisi yang lebih jelas, mungkin judul artikel ini sebaiknya adalah penulis lirik. "Lirik" (dari bahasa Inggris: en:Lyric sama saja dengan "syair" dari bahasa Arab atau bahasa Persia. Namun istilah "lirik" sepertinya kini lebih sering digunakan. Kedua-duanya merujuk pada susunan kalimat dengan nilai seni kebahasaan tertentu, beberapa di antaranya bahkan memiliki pola, meskipun pada beberapa penerapan komposisi zaman terkini seringkali diabaikan. Misalnya terjadi pada aliran hip-hop, atau rap.

Terdapat kebingungan di dalam penggunaan sehari-hari tentang apa itu "lagu", meski di dalam konteks bakunya, lagu lebih merujuk kepada nada-nada (tinggi, sedang, rendah) yang tersusun yang memiliki birama (atau tempo, volume, kecepatan, hentakan, lambat, keras, lirih). Sebagian orang menganggap "lagu" adalah lagu lengkap beserta liriknya. Mungkin Anda punya pendapat lain? Maaf jika keliru, sebab saya bukan pakar musik.

Ada juga istilah komponis yang mungkin berasal dari bahasa Inggris compound + ist, ada lagi "komposer" yang mungkin berasal dari bahasa Inggris compose + er. Entah mana yang benar, (saya berpendapat "komposer"-lah yang benar (karena di dalam musik sering juga disebut komposisi), meski kedua-duanya sering diasosiasikan dengan pencipta komposisi lagu. Tidak jelas, apakah komponis/komposer ini sebagai pencipta lagu saja, penulis lagu saja, atau penulis lirik lagu yang dimaksud saja.

Ada juga arranger yang mungkin bisa diterjemahkan sebagai "pengaransemen" adalah penyusun sajian suatu komposisi, seringkali dalam bentuk tulisan partitur-partitur terpadu dan bersistem untuk dimainkan oleh beberapa alat musik, atau penyanyi solo/paduan suara, tetapi bisa juga seorang musisi yang buta partitur dapat mengaransemen suatu komposisi. Di mana susunan sajian ini belum tentu diciptakan oleh pencipta komposisi aslinya. Pengaransemen juga dapat dikategorikan sebagai penafsir atau pentranslasi atau penerjemah komposisi musik menurut citarasa pribadinya (bisa juga atas dasar pesanan dari pihak ketiga), pengalaman, pengetahuan, atau wawasan bermusiknya.

Reindra (bicara) 14:43, 29 Maret 2010 (UTC)