Pembicaraan:Lipid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Usulan penghapusan[sunting | sunting sumber]

Karena overlapping dengan lemak. Isi artikel ini telah disintesa ke dalam artikel lemak. ESCa :-)/ 01:48, 21 Februari 2010 (UTC)

Bantah. Lipid adalah jenis lemak yang khusus (sub kategori). Yosri (bicara) 02:56, 21 Februari 2010 (UTC)

Lihat en:Lipid. Lipids are a broad group of naturally-occurring molecules which includes fats, waxes, sterols, fat-soluble vitamins (such as vitamins A, D, E and K), monoglycerides, diglycerides, phospholipids, and others.
dan en:Fat Fats form a category of lipid, distinguished from other lipids by their chemical structure and physical properties.
Mana yang benar? ESCa :-)/ 08:27, 21 Februari 2010 (UTC)

Saya coba terjemahkan[sunting | sunting sumber]

Silakan koreksi bila terjemahan saya ngawur.

Lipid adalah kelompok besar molekul-molekul yang ada secara alami meliputi lemak, lilin, sterol, vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak (A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, fosfolipida, dan lain-lain.

Kalimat di atas menyiratkan bahwa lipid adalah super-ordinat terhadap lemak.

Lemak membentuk sebuah kategori dari lipid, ia berbeda dari lipid-lipid yang lain berdasarkan struktur kimia dan sifat-sifat fisika masing-masing.

Kalimat di atas menyiratkan bahwa lemak adalah sub-ordinat terhadap lipid.

Singkatnya, lemak adalah salah satu jenis dari lipid.

Reindra (bicara) 15:04, 21 Februari 2010 (UTC)

Senang dapat bertemu anda. Klasifikasi en:Lipid persis seperti kategori ini, kategori pada en:Fat menunjukkan bahwa yang dijelaskan pada artikel tersebut sebenarnya adalah asam lemak. Bukan begitu? ESCa :-)/ 15:25, 21 Februari 2010 (UTC)


Artikel en:Fat tidak menjelaskan asam lemak. Di sana tertulis bahwa lemak secara kimiawi adalah triester dari gliserol dan asam lemak. Jadi saya kira artikel lemak dan lipid tidak perlu digabungkan karena artikel lemak membahas secara spesifik jenis lipid tertentu, sedangkan artikel lipid lebih luas.Hand15 (bicara) 16:08, 21 Februari 2010 (UTC)
Ya anda benar, itu justru berarti bahwa fats adalah trigliserida - tri ester dari gliserol dan asam lemak, ini bertentangan dari kotak navigasi di sebelah kanan atas yang mengkategorikan sebagai asam lemak.
Dalam bahasa Indonesia, apakah lemak = asam lemak? atau lemak mempunyai arti yang lebih luas daripada asam lemak?
Apakah lipid merupakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dari lemak? ESCa :-)/ 18:49, 21 Februari 2010 (UTC)


Definisi dan pengkategorian lemak, asam lemak, dan lipid perlu dibenahi, silakan Anda sesuaikan. Di dalam bahasa Indonesia "lemak" adalah bahasa awam (dikenal oleh hampir semua kalangan), pada awalnya diasosiasi dengan apa yang kini disebut sebagai "minyak hewani". Lambat laun orang awam semakin paham bahwa "minyak nabati" juga adalah contoh nyata dari lemak. Istilah "asam lemak" mulai dikenali orang Indonesia melalui kedokteran/medis (oleh pasien dokter/RS) dan ilmu kimia, organik tentunya (oleh pelajar dan mahasiswa). Lemak dan asam lemak adalah dua terma yang berbeda per definisi masing-masing. Jadi sebagian besar orang awam hampir pasti tidak akan mengetahui definisi "asam lemak". Begitupun nasibnya dengan lipid. Lipid jelas tidak sama dengan lemak. Tapi sayang, Kamus Besar Bahasa Indonesia pun salah mendefinisikan lipid. Hmmm....

Catatan, silakan Anda rombak dulu artikel lemak, asam lemak, dan lipid sebelum Anda membenahi artikel-artikel lain yang semakin memperkuat kedudukannya. Kaidahnya: untuk membenahi hal-hal yang khusus harus dibenahi dulu hal-hal yang lebih umum. Reindra (bicara) 04:06, 22 Februari 2010 (UTC)

Pendekatan dari umum ke khusus tidak selalu dapat digunakan. Contoh: saya harus membaca mengenai lemak sterol, steroid, hormon steroid, hormon; mungkin menyuntingnya satu per satu sebelum dapat merangkumnya pada artikel lemak. Nasib baik memang berpihak pada ahlinya. Keliatannya saya kok ndak punya kawan dalam hal ini. :-(
Saya menduga istilah lipid digunakan dalam serulogi yang merujuk pada serum lipida, hingga saat ini saya masih berpikir bahwa yang membedakan antara serum lipida dan lemak adalah sudut pandangnya. Lemak dilihat dan dikategorikan menurut rumus bangun molekulnya, serum lipida dilihat dari sudut pandang, salah satunya adalah laju migrasi elektroforesis. Dalam serum darah berarti bahwa albumin dan serum albumin adalah dua hal yang berbeda. Jadi penamaan lipid menurut saya kurang tepat, harusnya serum lipida.
Karena banyak pitfall pada en:wk, saya mulai meninggalkan artikel en:wk sebagai referensi artikel dan mulai menggunakan referensi yang digunakan di en:wk, ditambah dari karya tulis akademis yang dapat saya temukan di internet untuk menyusun artikel di id:wk. Artikel2 baru mulai bermunculan lho. ESCa :-)/ 04:16, 23 Februari 2010 (UTC)
Sayangnya aku cuma bisa bahasa Inggris. Jadinya *Inggris-sentris*, deh. Hehehe. ESCa :-)/ 04:18, 23 Februari 2010 (UTC)

Pendekatan khusus-ke-umum dilakukan manakala sesuatu hal yang dibahas masih dalam taraf rintisan, tujuannya adalah untuk memperoleh keumuman yang diharapkan. Untuk hal yang sudah cukup mapan tingkat keumumannya justru harus dilakukan pendekatan umum-ke-khusus. Bukankah sudah jelas bahwa lipid lebih luas cakupannya daripada lemak? Nah dalam konteks ini yang perlu diperbaiki adalah isi dari artikel lipid terlebih dahulu. Bila artikel lipid saja amburadul, bagaimana kita akan mendapatkan kesinkronan dari artikel-artikel turunannya? Kalau mau digabung, justru lemak-lah yang harus digabung ke lipid. Tapi bukan berarti lipid=lemak.

Wiki bahasa lain dapat diterjemahkan menggunakan google translate, meski belum sempurna. Reindra (bicara) 17:13, 24 Februari 2010 (UTC)

Definisi terbaru untuk Lemak : Rantai alkana yang terhidrogenasi. Pendek, Padat, Tajam. Asam lemak : Rantai alkana yang terhidrogenasi dengan gugus asil. Google translate gak bisa begini. Kalo Lipid, apa? ESCa :-)/ 22:46, 24 Februari 2010 (UTC)

Terjemahan[sunting | sunting sumber]

Sementara selesai, kepada para ahli biologi, kimia, dan siapapun yang memahami seluk beluk lipid, silakan diperbaiki. Mungkin beberapa isi dari terjemahan ini masih terlalu kasar dan sulit dimengerti, atau terdapat kekeliruan maksud, dan kesalahan/ketidakstandaran terminologi, silakan dikoreksi. Reindra (bicara) 07:43, 3 Maret 2010 (UTC)

Giliranku. ESCa :-)/ 08:24, 3 Maret 2010 (UTC)
Menghindari kemungkinan edit warring, nampaknya walaupun referensi yang kita gunakan berbeda, dilihat dari materi yang disampaikan, nampaknya memiliki prekursor yang sama. Jika ada yang kurang berkenan dengan suntingan saya, saya cukup terbuka untuk menerima kritikan. ESCa :-)/ 07:22, 4 Maret 2010 (UTC)