Pembicaraan:Komunisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Artikel ini memerlukan banyak suntingan dan saduran! Meursault2004 12:59, 25 Des 2004 (UTC)

Biased[sunting | sunting sumber]

This article is obviously biased by author's anticommunism sentiment.

Yes, you are right, like I wrote here above. I think it's better to write about the history of communism, why Karl Marx started this whole movement etc. etc. etc. There are also lots of irrelevant and wrong informations here. For example Nietszche was not a communist. In fact the nazis, archenemies of the commies, (mis)used some of his ideas. Meursault2004 14:53, 14 Feb 2005 (UTC)

Saya bukan orang komunis, tetapi artikel ini non-NPOV dan semua artikel di Wikipedia harus netral. Maka sedikit saya ubah.

Sebaiknya artikel ini dihapus saja kemudian ditulis baru yang lebih netral. Komunitas 11:20, 25 Apr 2005 (UTC)

Masih kurang netral ya kelihatannya. Komunitas 10:26, 19 Mei 2007 (UTC)

Berbicara tentang komunisme di Indonesia memang serba salah, barangkali itu mungkin karena kita telanjur "didoktrin" untuk membenci komunisme secara pukul rata sejak zaman Orde Baru lewat sejarah yang dibuat sesuai kehendak penguasa waktu itu. Mungkin komunisme memang patut dibenci pada prakteknya, tapi secara teori tidak bisa dikatakan buruk seluruhnya, sama seperti ideologi-ideologi yang lain. Sherlockindo (bicara) 03:37, 28 April 2011 (UTC)

Dowx (bicara) 19 Januari 2012 20.52 (UTC) artikel ini sangat tidak terarah bukan karena berdasarkan pengalaman sejarah tetapi tidak sesuai standar dan misi wikipedia Indonesia dan komunisme >> Di Indonesia perubuhan komunisme juga terjadi dengan insiden berdarah dan dilanjutkan dengan pembantaian yang banyak menimbulkan korban jiwa. Dan tidak berakhir disana, para tersangka pengikut komunisme juga diganjar eks-tapol oleh pemerintahan Orde Baru dan mendapatkan pembatasan dalam melakukan ikhtiar hidup mereka. bisa lebih diperjelas maksud insiden berdarah tersebut ? tentang kata pembantaian, tersangka, pemeritahan Orde Baru dan ikhtiar hidup mereka, tidak obyektif. Sejarah Komunisme Di Indonesia >> Komunisme di Indonesia memiliki sejarah yang kelam, kelahirannya di Indonesia tak jauh dengan hadirnya para orang-orang buangan dari Belanda ke Indonesia dan mahasiswa-mahasiswa jebolannya yang beraliran kiri... subyektif.

Apakah Komunisme Telah Mati? ... >> pendapat subyektif komunis sosialis >> apakah masih sama dengan komunisme ? Seperti yang digambarkan Anthony Giddens, komunisme dan sosialisme sebenarnya belum mati. pendapat subyektif komunisme berubah menjadi bentuk yang baru. Baik itu Kiri Baru ataupun komunisme khas seperti di Kuba dan Vietnam. ada definisi perbedaan dengan bentuk baru dengan yang sebelumnya ? apabila kiri baru atau komunisme khas dan bentuk2 yang lain masih berkaitan dengan komunisme, cantumkan definisinya setelah definisi komunisme.

pendapat saya komunisme adalah ideologi, dan ideologi itu adalah rumusan/konsep/prinsip yang diterapkan pada suatu negara atau masyarakat luas.

tentunya bukan kapasitas partai politik untuk membuat, menentukan, menerapkan atau merubah ideologi negara yang sudah ada. nah jika sebuah negara telah memiliki ideologi komunis, maka semua partai politik akan berideologi sama yaitu komunisme.

dan menurut penjelasan saya tsb, maka harus dibedakan antara ideologi negara dan ideologi partai politik / organisasi.

jika menggambarkan sebuah kejadian tentunya ada waktu dan tempat, misalkan jakarta, 30 september 1965.

untuk peristiwa2 yang terjadi yang mungkin ada kaitannya bisa dilihat di sini referensi