Pembicaraan:Kepercayaan tradisional Tionghoa

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apakah yang seperti ini patut disebut agama? Sepertinya lebih tepat disebut kepercayaan. Hayabusa future (bicara) 13:51, 3 September 2005 (UTC)

Silahkan pindah, saya hanya mengambil dari Wikipedia Melayu :-) Meursault2004 13:57, 3 September 2005 (UTC)
Saya lihat di :en ternyata juga disebut agama (en:Chinese folk religion dan en:Chinese traditional religion; dua-duanya mirip). Judulnya saya ubah kepada "agama tradisional Tionghoa" sebab jika ditulis "rakyat China" bisa disalah artikan sebagai agama yang hanya dipercayai di RRC saja. Hayabusa future (bicara) 13:59, 3 September 2005 (UTC)
Sebenarnya, saya pribadi lebih condong ke kepercayaan daripada mendefinisikannya sebagai agama, karena kepercayaan ini adalah satu sinkretisme filsafat dan tradisi antara Buddhisme, Taoisme dan Konfusianisme. Di dalam bahasa Tionghoa sendiri ini sering disebut sebagai 民間信仰 "traditional belief" dan bukan 宗教 "religion". Rinto Jiang 17:38, 5 September 2005 (UTC)
Baiklah dipindah saja tidak apa. Perbedaan utama antara "agama" dan "kepecayaan" ialah konon bahwa "agama" memiliki kitab suci sedangkan "kepercayaan" tidak. Meursault2004 17:42, 5 September 2005 (UTC)
Setelah dipindah, saya akan bantu melengkapi dengan data dari saya. Rinto Jiang 18:39, 5 September 2005 (UTC)

Informasi yang tidak handal dari sebuah kelompok cult mengatas namakan Taoisme[sunting sumber]

Rekan-rekan editor yang terhormat. Mengingat bahwa Taoisme dibedakan menjadi Taoisme Orthodox / mainstream dan Taoisme Heterodox / cult (kepercayaan rakyat), oleh karena itu saya rasa publik perlu diinformasikan tentang hal ini supaya tidak terjadi kesimpang siuran dan kesalahpahaman. Demikian pula dalam mencantumkan informasi tentang 'ajaran dan filsafat Tao', sebaiknya spesifik dituliskan dari aliran apa, apakah mewakili ajaran aliran tertentu ataukah secara umum. Di dalamnya terdapat banyak kesalahan dan informasi yang tidak akurat tentang Taoisme. Bahkan dalam link tentang kitab-kitab sucinya juga tercantum kitab-kitab suci yang diragukan validitasnya. Dengan demikian, saya mengedit link tersebut untuk menuju pada sebuah website yg dikelola secara profesional dan didukung oleh Taois scholar yang bisa diyakinkan kredibilitasnya.

Pendefinisian dan deskripsi tentang ajaran2 Taoisme sudah selayaknya berdasarkan pakem yang berlaku di dunia Taoisme internasional, bukan pemahaman yang dibuat oleh sekelompok aliran / cult tertentu. Informasi yang tidak benar tentu akan mengakibatkan masyarakat Indonesia menjadi kuper atau terbelakang dalam pergaulan internasional. Disamping itu akan mengakibatkan konflik yang tidak perlu dikalangan masyarakat Tionghua karena informasi-informasi simpang siur yang kebanyakan dibuat atas dasar pemikiran2 amatir.

Selanjutnya, kami sertakan sebuah link yang berupa sebuah milis untuk berdiskusi Taoisme secara umum, yang menerima anggota dari semua aliran, baik mainstream Taoism (Utara dan Selatan) maupun dari folk Taoism, yang dianggotai oleh Taois-taois maupun scholar dan awam. Disini, perbedaan perselisihan dan pandangan akan dibahas berdasarkan sumber-sumber referensi yang valid dan dapat dipercaya, tanpa melupakan identitas Keindonesiaan. Milis ini kami beri nama Taoisme Indonesia. Deskripsi visi dan misi milis dapat dibaca pada halaman tersebut.

202.75.25.74 04:34, 15 Agustus 2007 (UTC) Li Tian jushe, Quanzhen Longmen sect, 22th generation, member of Singapore Taoist Association

Permohonan untuk penggabungan artikel[sunting sumber]

Mohon agar artikel ini digabungkan dengan artikel ((Tridharma)) karena sebenarnya merujuk kepada hal yang sama. istilah Tridharma merupakan istilah yang resmi digunakan di Indonesia. Okkisafire (bicara) 2 Maret 2013 03.25 (UTC)[balas]

Tanggapan : Tridharma itu mengacu pada rutual kedewaan, tidak sepenuhnya cocok dengan kepercayaan tradisional Tionghoa, yang lebih luas cakupannya.