Pembicaraan:Keju

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pembagian artikel[sunting sumber]

Setelah melihat panjangnya artikel ini, saya mengusulkan beberapa bagian dipecah dan dibuat jadi artikel-artikel baru. Usulan judul-judul artikelnya sbb: Sejarah keju, Pembuatan keju, Jenis keju, dan Daftar keju. Agar tidak terjadi dulpikasi isi, maka isi pada subjudul-subjudul yang bersangkutan pada artikel Keju ini tinggal di salin-tempel (copy paste) ke artikel-artikel baru tersebut, dan pada artikel induknya ini isi dari subjudul-subjudul tersebut dapat diperingkas atau dipadatkan penulisannya menjadi 2-3 alinea saja. Demikianlah saran saya. Salam, Naval Scene (bicara) 05:14, 26 April 2010 (UTC)

Tampaknya memang perlu dipecah, tapi isi artikel yang sekarang biarkan saja. Maksudnya bagian mengenai sejarah keju (dan bagian-bagian lainnya yang memang perlu dibuat artikel utamanya) dibuat saja, jangan menyalin yang sudah ada. Saya lihat, bagian sejarah keju masih sedikit dan sudah cukup menjadi pembuka artikel utama tentang sejarah keju. Saya rasa, berpotensi menjadi artikel pilihan. sumbernya cukup banyak. yang bikin saya senyum-senyum adalah: tengok bagian sejarah keju, setiap kalimat ada catatan kakinya. wah, penulisnya "benar-benar berusaha" meyakinkan para pembaca.
wah, ternyata bukan hanya bagian sejarah keju saja. saya rasa, ini tulisan pengguna baru. setiap kalimat diberi catatan kaki! bahkan dalam 1 paragraf, semua kalimat diberi catatan kaki, padahal dari 1 sumber yang sama...

-- Adiputra बिचर -- 05:31, 26 April 2010 (UTC)

Terima kasih mas Naval Scene. Saya sudah membuat artikel Pembuatan keju dan Jenis keju. Tapi saya agak bingung untuk artikel Daftar keju. Saya sudah pakai List of cheeses untuk interwiki artikel Jenis keju, jadi untuk yang Daftar keju saya bingung interwikinya kemana. Mohon bantuannya lagi. Terima kasih.
06Ivonne (bicara) 10:37, 28 April 2010 (UTC)
06Ivonne, menurut saya List of cheeses lebih cocok untuk "Daftar keju", yang isinya daftar (tabel) keju berdasarkan negara. Sementara "Jenis keju" (Types of cheese) memang di artikel bahasa Inggris masih bersatu dengan artikel utamanya, tapi menurut saya bisa saja bila kita di Wikipedia Bahasa Indonesia ingin terpisah, toh isinya sudah cukup panjang juga (tidak apa-apa belum ada interwikinya). Demikian menurut pendapat saya. Salam, Naval Scene (bicara) 11:04, 29 April 2010 (UTC)

Catatan[sunting sumber]

Setuju dengan NavalScene. Bagian Sejarah Keju (bukan artikel Sejarah Keju!) dibikin singkat saja, karena isinya nyaris sama persis. Catatan kaki yang terlalu banyak mengganggu pembaca (menurunkan nilai estetika). Kalau sumber-sumbernya sama untuk satu paragraf, tanda kutipan ditaruh di akhir kalimat utama saja. Kembangraps (bicara) 12:37, 28 April 2010 (UTC)

Tadi saya beberapa kali sudah mencoba menggabungkan dua kalimat pendek menjadi satu kalimat saja. Secara estetika memang jadi terlihat lebih bagus. Salam, Naval Scene (bicara) 11:07, 29 April 2010 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Keju that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 3 Oktober 2023 11.18 (UTC)[balas]