Pembicaraan:Jenglot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jangan dihapus dulu. Artikel ini bisa dikategorikan sebagai makhluk dalam legenda.-- Adiputra बिचर -- 05:15, 14 November 2010 (UTC)

Interwiki di en:Jenglot. -- Adiputra बिचर -- 05:17, 14 November 2010 (UTC)

Dipindahkan dari suntingan pertama oleh Emha andieka 1212:

Menurut orang awam jenglot adalah sosok mistis berbentuk manusia yang memfosil ratusanatau mungkin ribuan tahun & menciut. Walaupun sudah menjadi mumi ratusan tahun, namun Jenglot masih menyimpan kekuatan mistis yg besar bagi mereka yg percaya.

Menurut paranormal Jenglot adalah penjelmaan dari para Batara/orang sakti/petapa yang hidup ribuan tahun yg lalu. Jenglot adalah benda mati yg masih hidup tapi hidup dalam alam kematiannya Jenglot diyakini memiliki kekuatan mistis yg besar.

Beberapa jenglot ada yg dinamai dengan Bethoro Karang, jenis kelamin pria , konon bisa membantu kelancaran usaha, menjaga keselamatan dan lain-lain. Lalu Bethoro Katon, konon berjenis kelamin wanita, di mana selain membantu melancarkan usaha juga bisa dipakai sebagai pengasih. Begawan Kapiworo, katanya penjelmaan kera putih, ada hubungan dengan Anoman.

Karena kepercayaan bahwa jenglot masih hidup, maka pihak yg memiliki jenglot biasanya merawatnya dengan memberikannya makan setiap 35 hari sekali dengan setetes darah manusia golongan O dan minyak avaron.

Secara Medis Jenglot didefinisikan bukan mahluk hidup karena pernah dilakukan uji forensik oleh tim forensik RSCM tapi hasilnya nihil. Karena jenglot setelah di Scan dengan rontgen tidak ditemukan unsur tulang, sebgai penyangga organ mahluk hidup. Jenglot hanya sejenis patung yg dipakai sebagai pemujaan. Namu hal yg mengejutkan justru dari lapisan kulit jenglot yg mengelupas yg diperiksa DNA-nya ternyata menunjukan bahwa lapisan itu memiliki DNA primata sejenis manusia.

Sayangnya penyelidikan asal usul jenglot secara medis hanya dihentikan sampai di sana karena pemilik jenglot tidak mengizinkan jenglot di bedah.

Seorang paranormal bernama SRI Ningsih asal semarang mendefinisikan Jenglot sebagai penjelmaan petir yang pernah sambar menyambar saat Sang Wali (yakni Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel dan Sunan Giri) berjalan. Petir ini ditangkap oleh Sang wali dan dikunci dalam bentuk manusia mistis.

Nah...kamu boleh mempercayai atau tidak dari beberapa definisi tersebut. Atau kamu punya definisi sendiri.


dipindahkan dari suntingan oleh Gokilito

kisruh jenglot[sunting | sunting sumber]

Menurut Abas Soegiono, jenglot ditemukan saat sejumlah paranormal alias dukun melakukan tirakat di Wlingi, Jawa Timur tahun 1972.

Jenglot yang dipamerkan waktu itu ada empat, masing-masing disebut sebagai jenglot, yang konon berjenis kelamin lelaki dan konon pula bisa membantu mengamankan pemiliknya dari segala macam bahaya. Yang lain lagi adalah Bethoro Karang, pria juga, konon bisa membantu kelancaran usaha, menjaga keselamatan dan lain-lain. Lalu Bethoro Katon, konon berjenis kelamin wanita, di mana selain membantu melancarkan usaha juga bisa dipakai sebagai pengasih.

Yang terakhir, Begawan Kapiworo, katanya penjelmaan kera putih, ada hubungan dengan Anoman, mempunyai padepokan Kendali Sodo. Jenglot sendiri menurut Abas adalah benda mati, bukan makhluk hidup. Meski jenglot bukan makhluk hidup, tetapi daya spiritual jenglot tetap hidup. Karena itu jenglot “harus diberi makan”. Makanan jenglot adalah darah berjenis O dan AB dan minyak wangi.