Pembicaraan:Java

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

NetBeans IDE[sunting sumber]

sebuah GUI Editor yang menurut pendapat umum merupakan yang terbaik Mungkin ada sumbernya? Karena sangat tidak etis mengatakan satu IDE adalah yang terbaik, karena diskusi IDE apa yang terbaik tidak ada akhirnya. Sama seperti diskusi operating system mana yang terbaik. Masing-masing perangkat lunak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya, walaupun pengguna setia Eclipse , tidak berani mengatakan bahwa Eclipse adalah IDE yang terbaik. Mohon tanggapannya. Terima kasih, Attarinho

Mmm tulisannya mohon dicermati, GUI editor terbaik bukan berarti IDE terbaik. Saya sendiri juga pemakai setia Eclipse hingga saat ini. Waktu itu mencoba memakai Mattisse (netbeans 5.0) gara2 ada tulisan yang mengatakan GUI editor matisse lebih handal dari eclipse. Saya iseng mencobanya dan memang, bisa dikatakan untuk urusan form editor eclipse tertinggal satu generasi dari netbeans (mungkin bisa disejajarkan dengan Visual Studio .Net). Bahkan JDeveloper pun lebih baik dari eclipse untuk urusan ini. Tapi untuk urusan ketersediaan plugin yah .. eclipse emang gada bandingannya :D Wiendietry Japri 05:29, 6 Oktober 2006 (UTC)
Kalau memang GUI Editor-nya NetBeans terbaik mungkin di artikel tersebut disebutkan kelebihannya daripada GUI Editor dari Eclipse, atau lebih tepatnya Java Editor. Tapi mungkin sebaiknya dikatakan kelebihan NetBeans daripada Eclipse Editor, jadi terkesan lebih netral. Oia, dan sumber juga sebaiknya ditambahkan yang mengatakan hal ini. Terima kasih. Salam, Attarinho

Kelengkapan Library di Java[sunting sumber]

Library kelas yang lengkap? Menurut saya, besar dan kompleks. Kompleksitas Swing untuk GUI dikeluhkan banyak orang, sehingga banyak orang harus membuat databinding framework dan library-library lain (.NET memiliki built-in databinding yang cukup berguna). Lihat saja, ada SwingX, JGoodies-Bindings, dan Glazed Lists. Apache sampai membuat project 'Commons' yang khusus untuk membuat hal-hal mendasar yang belum ada atau sulit digunakan.

Saya memvote untuk menganulir 'Library Kelas yang Lengkap' di bagian 'Kelebihan Java'.

--yudhi 22:19, 6 Juli 2006 (UTC)

Ya saya sepakat, pernyataan java memiliki library yang lengkap cenderung bersifat opini, tak tambahin tpl taknetral :D Wiendietry Japri 09:11, 10 Juli 2006 (UTC)

--Pengguna:masyogo

Hallo mas Yudhi dan mas Wienditery,saya yang menambahkan sebagian besar dari text ini. Walau bagaimanapun java mempunyai library dari lengkap hingga sangat sangat lengkap (hingga membingungkan). Karena dia sangat modular,sehingga kita tinggal pilih saja mau memakai library yang mana. Saya menuliskan "library yang lengkap" dari pada "library yang tidak lengkap". Bila anda membandingkan dengan programming language yang sudah matang ya pasti ada kelebihan dan kekurangan.
saya ada ide bagaimana kalau kelebihan dan kekurangan di merge dalam subtopik karakteristik java, akan lebih fair. Sehingga lebih akurat dan tidak bias dengan opini. Anda mungkin menganggap banyak=lengkap, mr. Yudhi menganggap banyak dan kompleks sehingga membingungkan (dan ga ada yang menjamin bahwa pendapat salah satu dari anda lebih benar dari yang lain ) . Seandainya cukup ditulis Java kaya akan library mungkin tidak ada yang protes. Sama dengan point write once run everyhere yang oleh mr. Yudhi dibalas dengan write once debug everywhere, seandainya ditulis bahwa java itu multiplatform saja dan diberikan keterangan mengenai bahwa barangnya "ga lsg jalan di semua OS" namun cukup membantu karena "ga perlu bikin 2 kali scr keseluruhan" akan lebih fair. Btw saya usul untuk memindahkan artikel ini ke Bahasa pemrograman Java, bagaimana? Wiendietry Japri 11:43, 21 Juli 2006 (UTC)

--Pengguna:masyogo

Silahkan saja mas.Monggo.Saya juga setuju kalau text di wikipedia itu harus datar, harus menjadi ensiklopedi yang enak dibaca secara global dan menyeluruh.Opini, menurut saya bisa berbeda tiap orangnya.Silahkan saja demi supaya wikipedia-nya enak dibaca.Mengenai "write once run everywhere" itu memang slogan resmi dari Sun Microsystem. Karena ini merupakan halaman wikipedia bahasa indonesia resmi, saya menuliskannya berdasarkan slogan si empunya / pencipta java itu sendiri. Implementasi saya gak masukkan didalamnya karena bisa berbeda tiap orang dan tergantung dari kaca mata mana kita memandang. Untuk rekan-rekan yang mempunyai cukup waktu, bisa tolong update halaman ini agar lebih lengkap dan global.Terima kasih

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Java that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 2 Oktober 2023 00.50 (UTC)[balas]