Pembicaraan:Freemasonry

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikelnya dalam bahasa Inggris panjang sekali, jadi hanya bisa menulis rintisan saja sementara ini. Meursault2004 20:23, 28 Jun 2005 (UTC)

Freemason adalah sebuah organisasi yang bersifat lecet lecet secret society, bukan berasal dari asosiasi tukang batu di pinggir kali. Freemason adalah gerakan yang dicetuskan oleh para ksatria Templar templar knight yang pulang ke eropa dari Jerusalem setelah kalah dari perang salib. Pada awalnya, Ksatria Templar adalah sekumpulan kecil pasukan ksatria baja hitam yang bersumpah untuk hidup sederhana dan miskin hanya makan tempe, makanya dinamakan templar, tempe sampe kelar, mengabaikan kekayaan, dan berjuang untuk membela agama, seperti halnya para pendeta yang berpedang. Akan tetapi ironisnya, mereka selalu dipercayakan oleh para raja-raja dan gereja untuk melindungi dan menyimpan kekayaan mereka oleh karena sumpah para ksatria Templar. Para ksatria Templar selama perang salib di tanah palestina selain berperang melawan tentara muslim juga belajar ilmu-ilmu pengetahuan dari orang-orang timur tengah. Mulai dari ilmu astronomi, management bank, ilmu kedokteran sampai mystisme. Setelah perang salib selesai dan jerusalem jatuh di pihak kaum muslim, para ksatria Templar yang pulang kembali ke eropa (inggris, perancis, german) mulai mengelola skill dan ilmu yang mereka pelajari, salah satu yang paling menonjol adalah ilmu perbankan. Ironisnya, sumpah mereka dahulu untuk tetap hidup sederhana dan berjuang demi agama telah mereka tinggalkan, mereka mulai mempraktekan mistisme dan ilmu-ilmu sihir. Mereka mengelola harta dan kekayaan para raja-raja eropa dan gereja dengan didirikannya bank-bank pertama di eropa. Akan tetapi, para raja-raja dan gereja mulai takut akan kekuasaannya dan pengaruhnya yang mulai kurang berpengaruh oleh karena pengaruh para mantan ksatria Templar yang makin kuat dikarenakan kekuatan finance para ksatria Templar melalui bank bank mereka. Dan juga gereja mulai curiga dengan keimanan para ksatria Templar yang mulai menunjukan penolakan mereka terhadap ajaran agama kristen. Sampai pada puncaknya raja raja dan gereja bersekutu untuk melenyapkan para ksatria Templar dan mengambil kembali kekayaan mereka. Ksatria Templar akhirnya diburu, dipenjarakan, disiksa dan dihukum mati. Sebagian yang selamat dengan mengganti identitas mereka akhirnya bersumpah akan membalas dendam untuk para rekan-rekan mereka yang telah tewas. Disitulah awal didirikannya gerakan Freemason.

Mungkin tulisan di atas ini bisa dimasukkan ke dalam teks, namun harus disesuaikan dengan teks yang telah ada dan tolong diberi sumber. Meursault2004 10:50, 11 Maret 2006 (UTC)

Sudah lama saya memasukkannya ke dalam artikel. Kalo mau tau sumbernya silakan baca artikelnya di situs Harun Yahya. --@fP 10:44, 12 November 2006 (UTC)

Bagian ini sebaiknya jgn dimasukkan dahulu. Sebagai seorang anti-Freemason, Harun Yahya bisa dibilang bukan sumber yang netral. Lagipula sejarah tersebut sama sekali berbeda dengan sejarah dalam en:History of Freemasonry. Hayabusa future (\0-0/) 11:47, 12 November 2006 (UTC)

Bagian Freemasonry di Indonesia mulai dari "Freemasonry secara bahasa terdiri dari dua kata, Free dan Mason" terasa sangat tidak netral. Mungkin seharusnya dihapus atau disembunyikan dahulu. Toh, tidak dicantumkan sumbernya. Thank you. Jacinta (bicara) 04:21, 1 Juni 2010 (UTC)

Saran saya, artikel ini ditulis ulang dari awal. Kandungan artikelnya sangat kacau dan tak bermutu. Hand15 (bicara) 12:14, 1 Juni 2010 (UTC)
Versi pertamanya OK. Mulai dari sana saja.
βέννγλιν 14:30, 1 Juni 2010 (UTC)

Artikelnya sudah ditulis ulang oleh Pengguna:Segaintil, lengkap dengan referensinya.  Mimihitam  07:52, 22 Maret 2011 (UTC)

Freemason menurut Islam[sunting sumber]

Ini ada kontradiksi tentang "Freemason mendukung Nazi...." "....Saat mana Otto von Bismarck menjadi Perdana menteri Jerman tahun 1872 -1890 meluncurkan politik anti Katolik yang disebut Kulturkampf..". Sementara dari artikel Nazi, partai Nazi baru berdiri 1919. Jadi mungkinkah Otto van Bismarck meluncurkan Kulturkampf pada tahun 1800an, lalu didukung orang yang sepertinya freemason, lalu tiba-tiba kesimpulannya Freemason mendukung Nazi? 202.72.212.75 09:52, 1 Agustus 2011 (UTC)

Sebenarnya yang bermasalah bukan tanggal pendirian Nazinya. Berdasarkan analisis Harun Yahya, "keterlibatan Freemason dalam mendukung gerakan anti-Katolik-lah yang kemudian menjadi tujuan Nazi." Kalau kita runut, ini tidak kontradiktif, karena menurut Harun Yahya "kulturkampf itu kemudian dipakai jadi tujuan Nazi." Masih berurutan. Yang bermasalah di sini adalah Harun Yahya terperangkap dalam kesesatan non sequitur, yaitu penarikan simpulan yang premisnya tidak nyambung. Coba kita lihat premis2nya Yahya:
  • Bismarck mengobarkan kulturkampf
  • Ide ini didukung dari kalangan sekuler yang antara lain dari anggota Freemason
  • Gerakan anti Katolik ini kemudian menjadi tujuan Nazi
Penyimpulannya kacau.
Secara historis pun juga hal tersebut tidak benar. Freemasonry sendiri malah ditekan pada masa Nazi.[1] Jadi di sini masalahnya adalah pendapat Harun Yahyanya yang ngawur, dan yang bisa kita lakukan adalah tambahkan sanggahannya.  Mimihitam  20:51, 17 September 2011 (UTC)
  1. ^ Keith H. Pickus. Constructing modern identities: Jewish university students in Germany, 1815-1914. Detroit, Michigan, USA: Wayne State University Press, 1999. Pp. 86.

Freemason = Mason Bebas?[sunting sumber]

Halo, mengapa freemason tidak diterjemahkan menjadi Mason Bebas atau Kemasonan Bebas? Padahal bisa merujuk perkumpulan tersebut di Indonesia masa lalu, yakni Tarekat Mason Bebas.ꦄꦢꦶꦤ꧀ꦒꦸꦤꦂꦡ꧉ (bicara) 8 November 2019 09.52 (UTC)[balas]

@Gunarta istilah Freemasonry sepertinya lebih dikenal daripada "Tarekat Mason Bebas". Terjemahannya juga sebenarnya nanggung, mestinya sekalian aja "Tarekat Tukang Batu Merdeka" wkwk.  Mimihitam  8 November 2019 10.37 (UTC)[balas]
@Mimihitam Apakah kepopuleran istilah adalah satu-satunya pertimbangan? ꦄꦢꦶꦤ꧀ꦒꦸꦤꦂꦡ꧉ (bicara) 8 November 2019 13.35 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (November 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Freemasonry that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

  • http://www.glnf.asso.fr/ is considered to be dead, however has been found to be alive. Recommend removing the dead flag from the URL.

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 2 November 2023 07.14 (UTC)[balas]