Pembicaraan:Daftar nama orang yang mengandung angka

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Daftar (Dinilai kelas List)
Ikon ProyekWikiHalaman ini artikel merupakan bagian dari ProyekWiki Daftar, upaya untuk menyusun dan mengatur semua daftar halaman di Wikipedia. Jika Anda ingin membantu, silakan kunjungi halaman proyek, di mana Anda dapat bergabung dengan proyek dan/atau berkontribusi pada diskusi.
 Daftar  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas daftar pada skala kualitas proyek.
 


Nama Bali[sunting sumber]

Bukankah "Putu" artinya secara harafiah "cucu" dan diberikan kepada anak yang kakeknya masih hidup? Meursault2004 18:25, 18 Oktober 2006 (UTC)

Hmm.. saya kurang tahu; maklum bukan orang atau pakar Bali. Saya cuma tahu bahwa di kalangan masyarakat Bali nama "Putu" biasa diberikan untuk nama anak pertama, selain "Gde". Mungkin Winana dapat membantu?Stephensuleeman 18:33, 18 Oktober 2006 (UTC)
Terlepas dari arti harafiah, saya rasa Bung Stephen benar mengenai kebiasaan penamaan berdasarkan urutan tsb di Bali. Saya tambahkan juga alias2 lainnya. Naval Scene 18:55, 18 Oktober 2006 (UTC)


Secara harfiah memang berarti cucu, tapi dalam masyarakat Bali, sudah sangat umum mereka memberikan nama awal/depan yang menunjukan urutan anak seperti putu, wayan, made, kadek, nyoman, ketut dll...
Untuk anak pertama, mereka memberikan nama: Gede atau Wayan atau Putu
Untuk anak kedua, mereka memberikan nama: Made atau Kadek
Untuk anak ketiga, mereka memberikan nama: Nyoman atau Komang atau Koming
Untuk anak keempat, mereka memberikan nama: Ketut.
Ini hanya dipake sebagai penanda urutan anak. Sedangkan nama yang sebenarnya adalah yang mengikuti dibelakangnya, sebagai contoh: I Nyoman Gunarsa.
I yang pertama bukanlah singkatan, tetapi merupakan penanda bahwa dia anak laki-laki, untuk anak perempuan akan diberi Ni
Nyoman sebagai penanda dia anak ketiga, kelahiran ketiga (kalo ada saudaranya yang meninggal dalam kandungan, dia juga mendapat urutan anak).
Gunarsa adalah nama yang sebenarnya.
Pemakaian nama ini paling umum dipake oleh masyarakat kalangan bawah, atau wangsa sudra.
Untuk wangsa yang lain, mereka memakai gelar wangsa, kemudian baru nama.
winana(ngobrol) 09:27, 19 Oktober 2006 (UTC)

Nah itulah maksud saya. Nama-nama ini mengartikan bahwa seseorang adalah putra kesekian namun tidak mengandung angka :-) Meursault2004 09:55, 19 Oktober 2006 (UTC)

Jadi ini termasuk nama dengan angka ordinal, Bung Meursault. Persis seperti nama-nama Romawi: Primus, Secundus, Tertius, dst., meskipun di Bali kemudian nama-nama itu "berhenti" pada angka ke-4, lalu kembali ke urutan pertama lagi.Stephensuleeman 17:18, 19 Oktober 2006 (UTC)
Maksud saya ialah bahwa Putu artinya adalah "cucu" secara harafiah. Secara derivatif artinya memang "pertama" namun tidak secara harafiah. Meursault2004 17:25, 19 Oktober 2006 (UTC)

Usul dihapus[sunting sumber]

Artikel ini di wikipedia Inggris dihapus. Ini arsip alasannya. Kembangraps (bicara) 15:32, 29 Januari 2009 (UTC)


(404s)
Setuju untuk dihapus dengan alasan: ini daftar yang tidak berguna (subjektif), kecuali jika di paragraf pembuka bisa dijelaskan manfaat daftar tersebut
05:14, 18 Februari 2009 (UTC)