Pembicaraan:Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Indonesia (Dinilai kelas A, Top)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Indonesia, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Indonesia dan topik yang berkaitan dengan Indonesia di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 A  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas A pada skala kualitas proyek.
 Sangat tinggi 
Sangat penting
 
ProyekWiki Geografi (Dinilai kelas A, High)
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Geografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Geografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 A  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas A pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 
Mantan artikel pilihan Artikel ini adalah mantan artikel pilihan. Silakan lihat halaman nominasi awalnya (untuk artikel lama, lihat arsip nominasi) dan alasan pembatalannya.


Aloow...itu yang daftar-daftaran (tpt ibadah, dll) kan blom lengkap, jadi tolong yah! Takutnya ntar salah nama apa gimana gitu.... >.<--Indoboy 16:02, 4 Jun 2005 (UTC)

Artikel ini, bagaimana kalo dipindah ke "Jakarta" saja? Kalau tidak, setidaknya harusnya ke Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kalo "DKI" itu kan hanya singkatan. Hayabusa future 3 Juli 2005 13:16 (UTC)

Iya boleh2 saja. Kalau begitu NAD aku pindah sekalian ya ke Aceh. Meursault2004 3 Juli 2005 16:37 (UTC)

Rasanya tidak lazim ada artikel yang mencantumkan "credit" penulisnya. --Stephensuleeman 21:04, 21 Desember 2005 (UTC)

Three in one[sunting sumber]

mau tulis three in one kok rasanya gak ada tempatyang cocok gitu mau taruh di transportion tapi gak tau mau nyempil dimana?. juga ada aturan baru untuk yang berkenderaan bermotor roda dua bahwa lampu penerang jalan pada kendaraan tersebut mulai tanggal 29 november 2006 dah mesti nyala pada siang hari kalo gak bisa di denda atau di tilang.Daimond 12:28, 29 November 2006 (UTC)

gimana kalo di 'berita terkini' aja di halaman depan ? Kembangraps 13:05, 29 November 2006 (UTC)

Bisa juga dibuat artikel baru Transportasi di Jakarta (kalo punya cukup bahan untuk ditulis). Hayabusa future (\0-0/) 13:32, 29 November 2006 (UTC)

walah kalo buat articel baru transportasi jakarta tuh gak cuma berat banget ngumpulin informasinya dah, wa gak kuat. belum soal airbus yang katanya mau di bikin 2007 apa 2011 tuh mulainya buat melintas di sungai sungai jakarta.Daimond 13:07, 30 November 2006 (UTC)

Kalau begitu buatkan subbagian baru saja. Hayabusa future (\0-0/) 13:21, 30 November 2006 (UTC)

Senjata dan makanan[sunting sumber]

Saya mengusulkan supaya paragraf senjata dan makanan dimasukkan ke "budaya". Meursault2004ngobrol 06:16, 7 April 2007 (UTC)

Sudah saya pindahkan bung Revo. So how's Holland? Sorry banget saya ada keperluan tiba2 di kantor sewaktu acar di binus beberapa waktu lalu, jadi tidak sempat hadir. Padahal pengen banget hadir. --Andri.h 07:30, 7 April 2007 (UTC)

Padat = cacah?[sunting sumber]

Di bagian demografi saya lihat ada kerancuan dalam penyebutan "Jakarta Timur merupakan wilayah terpadat dengan jumlah penduduk XXX." Yg saya tahu kepadatan adalah cacah penduduk dibagi luas wilayah. Bisa ditinjau lagi? Kembangraps 14:28, 26 April 2007 (UTC)

Selamat Ultah Jakarta[sunting sumber]

Selamat Ulang Tahun ya, semoga tambah dewasa --Andri.h 11:56, 22 Juni 2007 (UTC)

Saya lihat Jacatra dialihkan ke artikel ini, namun di tubuh artikelnya tidak ada keterangan tambahan. Ada yang berkenan melengkapi?
bennylin
01:26, 29 Januari 2010 (UTC)

Sudah saya tambahkan rujukannya di bagian subjudul Etimologi. Salam, Naval Scene (bicara) 6 Juni 2012 09.23 (UTC)[balas]

Jawa dan Betawi?[sunting sumber]

Di kotak info, tertulis jelas bahwa jumlah populasi Suku Jawa (35%) lebih besar daripada jumlah Suku Betawi (27%) yang notabene merupakan suku asli Jakarta. Apakah data di kotak info tersebut benar? Saya sendiri merasa kurang yakin. Mohon penjelasannya. --Maung Bandung (bicara) 09:26, 3 Agustus 2010 (UTC)

Kelihatannya benar ... maaf sekali. Malahan sebenarnya andil suku Betawi sudah naik. Di beberapa polling saya lihat cuman 10 - 15%. BTW, di Lampung lebih parah. Jumlah suku Lampung cuma sekitar 15% dan suku Jawa 61% ... Meursault2004ngobrol 09:48, 3 Agustus 2010 (UTC)

Oh gitu, ya? Ckckckck... aya-aya wae jaman kiwari mah . --Maung Bandung (bicara) 10:04, 3 Agustus 2010 (UTC)

Iya coba jalan-jalan ke Jakarta, pasti ketemunya sama orang Jawa doang ... Bahkan di restoran Minang pelayannya banyak orang Jawa. Tapi gak usah khawatir, mayoritas di Bandung masih tetap suku Sunda :-) Meski saya tidak memiliki data statistiknya ... Meursault2004ngobrol 10:25, 3 Agustus 2010 (UTC)

Oke Om, hehehe... . --Maung Bandung (bicara) 06:03, 12 Agustus 2010 (UTC)

Jumlah penduduk suatu ibu kota berkembang dinamis, terlebih Jakarta sebagai kota metropolitan, komposisi etnisnya berubah dari waktu ke waktu. Etnis dengan budaya merantau yang tinggi akan menjadi penduduk mayoritas kota metropolitan. Memang dulu penduduk Jakarta, saat masih bernama Sunda Kelapa, bisa dikatakan 100 persen adalah bangsa Sunda. Sampai tahun 1961 pun suku bangsa Sunda masih menjadi mayoritas dengan komposisi sebesar 32,85%. Berdasarkan sensus penduduk tahun 1961, tercatat bahwa penduduk Jakarta berjumlah 3 juta lebih dan terdiri dari orang Sunda sebanyak 32,85%, orang Jawa-Madura 25,4%, Betawi 22,9%, Minangkabau 2,1%, Sumatera Selatan 2,1%, Batak 1,0%, Sulawesi Utara 0,7%, Melayu 0,7%, Sulawesi Selatan 0,6%, Maluku dan Irian 0,4%, Aceh 0,2%, Banjar 0,2%, Nusa Tenggara Timur 0,2%, Bali 0,1%, Cina 10,1% dan orang asing lainnya sebanyak 0,6%.Tapi dengan arus urbanisasi yang deras dan budaya merantau dan bertahan hidup yang hebat yang dimiliki suku bangsa Jawa maka komposisinya berubah drastis saat ini. Saya pikir ini merupakan fenomena biasa di sutu kota metropolitan. --Hadiyana (bicara) 04:46, 18 Agustus 2010 (UTC)

Menyusul kontroversi tentang bagian #Etnis sebagaimana yang disampaikan melalui milis, saya menemukan bahwa informasi tersebut sudah ada sejak 7 April 2010 dan ditambahkan oleh seorang pengguna anonim. Karena isinya yang tidak netral, saya mengusulkan untuk sementara disembunyikan dulu hingga ada editor yang dapat mencari sumber-sumber yang valid dan mengubah isi bagian tersebut.
βέννγλιν 10:07, 24 Mei 2011 (UTC)

Saya mempunyai ide kalimat yang di atas templat kenetralan itu dihapus saja, rasanya data tahun segitu sudah tidak akurat lagi.... Salam Cikiciw --Yoshiharu10 (bicara) 04:51, 25 Mei 2011 (UTC)
WP:BOLD. Sudah saya sunting untuk sedikit menetralkan, dan menambahkan tag refimprove. Silakan terus diperbaiki. Salam, Naval Scene (bicara) 06:43, 26 Mei 2011 (UTC)

Bendera Jakarta?[sunting sumber]

Saya baru tahu kalau Jakarta punya bendera, sumbernya darimana ya? Hddty. (bicara) 24 Desember 2016 02.24 (UTC)[balas]

Sesatkah Jakarta disebut sebagai sebuah provinsi? atau dibiarkan sesat sebagai kota Jakarta?[sunting sumber]

Jakarta adalah sebuah provinsi di Indonesia yang dipimpin oleh seorang gubernur, yang terdiri dari lima kota administratif dan sebuah kabupaten (Kepulauan Seribu), Selain itu, pernyataan Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi sama sekali tidak memiliki referensi dan cenderung merupakan opini yang tidak sesuai fakta di lapangan (Jakarta merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang dianggap berstatus setingkat kota); Manakah yang Fakta, adanya Pemprov DKI Jakarta atau Pemkot DKI Jakarta, {seandainya memang sebuah kota}? Benarkah Jakarta adalah sebuah "Kota" yang memiliki 5 kota dan 1 kabupaten ? Bukankah Jakarta merupakan Daerah Tingkat I (sebuah provinsi) dengan seorang gubernur; atau Jakarta merupakan Daerah Tingkat II ("sebuah Kota") yang memiliki "lima walikota" dan satu bupati ? Jika semisal Provinsi Jawa Barat beribukota di Kota Bandung, Provinsi Jawa Timur beribukota Kota Surabaya, apakah Provinsi DKI Jakarta beribukota di "Kota Jakarta" ?????

Kesimpulan: Tepatkah sebuah provinsi di Indonesia disebut sebagai kota terbesar di Indonesia, harap diteliti supaya tidak menyebarkan HOAX ke publik dan menutup fakta yang sebenarnya. – komentar tanpa tanda tangan oleh NouVa (bk).

Kalau menurut saya Jakarta merupakan kasus spesial yang tidak bisa disamakan dengan contoh lain di Indonesia. Jakarta termasuk kedalam kategori Daerah dan distrik ibu kota, sehingga mungkin lebih baik buat artikel terpisah yang menjelaskan tentang Jakarta sebagai Daerah Khusus Ibukota sedangkan artikel yang saat ini berubah menjadi kota Jakarta. Agsanshina Raka Syakti (bicara) 20 April 2021 14.37 (UTC)[balas]

Kasus seperti Jakarta sepertinya spesial, mirip seperti Washington, D.C., yang merupakan distrik yang tidak termasuk ke negara bagian mana pun di Amerika Serikat. Pengetik-AM (bicara) 2 Oktober 2022 10.17 (UTC)[balas]

Tag pemeliharaan[sunting sumber]

Empat tahun yang lalu saya pernah menambahkan tag refimprove di artikel, dan menambahkan kembali tag yang sama karena dihapus oleh oknum pengguna pada tahun selanjutnya. Pada tahun yang sama artikel ini kehilangan status AP karena kekurangan catatan kaki, dibuktikan dari banyaknya bagian dan subbagian yang tidak mengutip rujukan sama sekali. Tetapi apa yang terjadi? Tag itu dihapus oleh oknum pengguna dan sayangnya kedua penghapusan itu diterima oleh oknum editor. Padahal tindakan menghapus tag pemeliharaan tanpa adanya perbaikan artikel dan menerima suntingan yang menghapus tag pemeliharaan tanpa adanya perbaikan artikel dapat dikategorikan sebagai vandalisme. Saya harap editor dapat lebih selektif dalam menerima setiap perubahan tunda yang ada dan tidak menghapus tag tanpa adanya perbaikan artikel dan menerima suntingan yang menghapus tag tanpa adanya perbaikan artikel. Menghapus tag pemeliharaan tanpa adanya perbaikan artikel tidak akan menyebabkan artikel menjadi tidak bermasalah. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 25 September 2018 05.37 (UTC)[balas]

Hari jadi[sunting sumber]

Di kotak info ditulis kalau hari jadi DKI Jakarta adalah tanggal 22 Juni 1527, namun apakah memang mungkin bahwa sebuah provinsi sudah jadi lebih dulu daripada negara tempatnya? Menurut saya lebih baik tanggalnya diganti menjadi hari ditetapkannya DKI Jakarta menjadi provinsi pada tanggal 28 Agustus 1961 karena artikelnya memang mengenai Jakarta sebagai provinsi bukan sebagai kota. Atau mungkin lebih baik dicantumkan seperti versi Inggrisnya saja yang mencantumkan hari jadi, status kota, dan status provinsi supaya lebih jelas? Agsanshina Raka Syakti (bicara) 20 April 2021 14.37 (UTC)[balas]

Jakarta Raya[sunting sumber]

Mengapa halaman Jakarta Raya mengalih ke sini DKI Jakarta? Bukan seharusnya ke Jabodetabekpunjur ya? Dan mungkin halaman disambiguasi butuh menjelaskan perbedaannya juga. --Jiaminglimjm (bicara) 25 Januari 2022 05.55 (UTC)[balas]

Jakarta Raya[sunting sumber]

Kalau ingin menambah foto Jakarta gmn caranya ?

Saya tidak yakin bahwa nama "Daerah Khusus Ibukota Jakarta" adalah nama yang ditulis dalam sebuah ensiklopedia. Ditambah, artikel ini nampaknya mengarah pada warga Indonesia, dan bukan disunting dalam sudut pandang yang bisa dipertanggungjawabkan oleh semua khalayak.

Saya ingin menegaskan bahwa aturan di Wikipedia, "semua artikelnya tidak dimiliki oleh siapa pun, dan negara mana pun". Jika bertanya, itu kutipan siapa? sepertinya itu kutipan saya sendiri, setelah membaca pedoman Wikipedia.

Nama "Daerah Khusus Ibukota Jakarta" (dengan ibukota yang digabung–bukannya "ibu kota", (saya yakin ini karena biar mengepas menjadi DKI Jakarta, bukannya DKIB Jakarta)) tidaklah tepat berada di sini. Terlalu panjang, rinci, dan seperti ditulis bafan pemerintahan Indonesia.

Nama kota Washington, D.C. tetaplah "Washington", sekalipun ada negara bagian dengan nama sama, yang tidak memiliki hubungan dengan ibu kota Amerika Serikat tersebut. Jika alasan nama "DKI Jakarta" agar membedakannya dari kota-kota Jakarta (Jakarta Pusat, Selatan, Utara, Timur Laut dll.), tidakkah itu melanggar aturan tentang sudut pandang netral (NPOV) di Wikipedia? Pengetik-AM (bicara) 2 Oktober 2022 10.39 (UTC)[balas]

Saat ibu kota negara RI akan pindah ke Kota Nusantara, Kalimantan Timur dimana Jakarta akan berubah menjadi kota bisnis terinspirasi dengan Amerika Serikat, contohnya Kota New York masih menjadi pusat bisnis sedangkan Washington, D.C. adalah ibu kota negara dan sama juga dengan Kanada, Ottawa adalah ibu kota dan Toronto adalah pusat bisnis. Italia, Jerman, Republik Rakyat Tiongkok juga melakukan yang sama. Apakah judul tersebut diubah menjadi Jakarta saja karena nama resmi akan menjadi Daerah Khusus Jakarta? Gilang Bayu Rakasiwi (bicara) 20 Juni 2023 03.05 (UTC)[balas]
@Gilang Bayu Rakasiwi Setahu saya, seluruh artikel daerah di Wikipedia Bahasa Indonesia menggunakan judul sesuai dengan nama resmi. Nama resmi Jakarta ya Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk masalah pengubahan Jakarta setelah ibu kota baru resmi, kita lihat Undang-Undang yang berlaku kedepannya. Apakah Jakarta akan menjadi Daerah Khusus Jakarta atau menjadi Provinsi Jakarta? WillsonEP09💬 18 Agustus 2023 05.14 (UTC)[balas]
Tetap akan diubah menjadi Provinsi Daerah Khusus Jakarta karena kekhususan Kota Jakarta yang berbeda dengan provinsi lainnya, seperti Jakarta sebagai pusat bisnis Indonesia setelah ibu kota resmi pindah ke Nusantara dan peraturan hukum akan berbeda dengan provinsi lainnya seperti halnya di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan hukum keistimewaannya. Gilang Bayu Rakasiwi (bicara) 18 Agustus 2023 06.04 (UTC)[balas]
Kita lihat bersama ya tahun depan akan seperti apa. Untuk sekarang tetap menggunakan judul yang sekarang. WillsonEP09💬 18 Agustus 2023 06.10 (UTC)[balas]

Kok artikelnya dikunci mau sunting tidak bisa. 103.121.18.25 5 November 2022 07.27 (UTC)[balas]

Terkait judul[sunting sumber]

Saat ini, judul yang tepat untuk Jakarta masih Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk perubahan akan disesuaikan setelah IKN resmi jadi ibu kota Indonesia. WillsonEP09💬 23 September 2023 03.20 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Daerah Khusus Ibukota Jakarta that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 28 Oktober 2023 22.52 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Desember 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Daerah Khusus Ibukota Jakarta that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 20 Desember 2023 17.32 (UTC)[balas]

Nama yang panjang[sunting sumber]

Kenapa harus Daerah Khusus Ibukota Jakarta kalau Jakarta saja sudah cukup. Wikipedia menggunakan common name (nama umum, nama singkat, nama familiar), bukan official name. Google juga menggunakan nama Jakarta saja. Illchy (bicara) 3 Februari 2024 13.45 (UTC)[balas]

@Illchy Mungkin untuk membedakan bahwa Jakarta itu provinsi khusus ibu kota. Sama seperti halnya Daerah Istimewa Yogyakarta. 2001:448A:3042:817B:28F2:377:94AF:7CA4 4 Februari 2024 02.24 (UTC)[balas]
Kalau mau dibandingkan Washington DC di AS juga "negara bagian" yg berfungsi sebagai ibu kota tapi nama wilayah nya tetap washington dc di bhs inggris dan bukannya district of columbia, yaitu nama formalnya. Illchy (bicara) 4 Februari 2024 14.10 (UTC)[balas]
Saya masih penasaran kira kira siapa yg pertama kali mengusulkan nama unit administratif harus sesuai nama resmi. Illchy (bicara) 4 Februari 2024 14.13 (UTC)[balas]
Tidak ada pedoman resmi tentang penamaan level provinsi di Indonesia. Tapi bisa ditilik artikel Jakarta dipindah (mula-mula ke DKI Jakarta Raya lalu) ke Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada tanggal 5 November 2007 dengan alasan: "nama sesuai UU 29/2007". ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 15 Februari 2024 00.31 (WIB) 14 Februari 2024 17.31 (UTC)[balas]
Daripada merujuk ke Google, lebih baik merujuk ke Wikidata (d:Q3630). Per hari ini, hanya enam wiki yang menggunakan nama panjang Jakarta: ban.wp, ceb.wp, mad.wp, dan map-bms.wp, selain id.wp. (Per komentar saya di bawah) Bandingkan juga dengan interwiki dari D.I. Yogyakarta (d:Q3741), yang mana kebanyakan wiki memilih nama panjang Yogyakarta. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cakap 15 Februari 2024 00.29 (WIB) 14 Februari 2024 17.29 (UTC)[balas]

Izin mengundang @Gilang Bayu Rakasiwi @Bennylin @WillsonEP09 @RianHS @Gombang @Symphonium264 2001:448A:3042:817B:55F8:D91D:FAE:7360 5 Februari 2024 04.55 (UTC)[balas]

Yuk, bahas terkait pertanyaan dari
@Illchy 2001:448A:3042:817B:55F8:D91D:FAE:7360 5 Februari 2024 04.56 (UTC)[balas]
Ada dua pedoman terkait hal ini: WP:JUDUL (WP:COMMONNAME) sebagai pedoman umum dan WP:PPLG sebagai pedoman khusus. Selain itu, di awal WBI, sudah ada beberapa diskusi terkait konsistensi penjudulan kabupaten dan kota, kecamatan dan kelurahan/desa di Indonesia, namun (sejauh ingatan dan pencarian saya) tidak ada diskusi seputar tingkat provinsi di Indonesia - maupun tingkat negara di dunia. Oleh sebab itu maka kita juga harus melihat dari sisi kebiasaan (selingkung) yang berlaku di WBI, bahwa kita tidak mencantumkan embel-embel "Provinsi x" maupun nama panjang negara (mis. Republik Indonesia) dan berusaha konsistensi, maka memang seharusnya judul artikel ini cukup "Jakarta" saja. Pun saya lihat tidak ada yang mengangkat topik penamaan judul artikel ini sejak judul "Jakarta" dipindahkan ke Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada November 2007 (nama sesuai UU 29/2007).
Berbicara tentang konsistensi, maka perubahan nama artikel "Daerah Khusus Ibukota Jakarta" ke "Jakarta" juga akan berdampak ke artikel Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut saya pribadi, tidak masalah jika "Daerah Khusus Ibukota Jakarta" dipindah ke "Jakarta", karena tidak ada disambiguasi untuk nama Jakarta, jika hanya satu artikel ini saja yang tidak konsisten. Namun karena hal ini nanti juga akan terkait dengan (konsistensi) pemindahan artikel Yogyakarta, maka situasinya lebih kompleks, karena ada disambiguasi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan ada Kota Yogyakarta (mengikuti kabupaten dan kota, jika ada dua entitas dengan nama kembar, perlu dibedakan dengan nama pembagian administratif di depannya). Sehingga balik lagi, apabila judul Daerah Istimewa Yogyakarta tidak diubah, maka Daerah Khusus Ibukota Jakarta juga tidak perlu diubah. Walaupun kalau boleh saya lengkapi, ada perkecualian juga, misalnya Bali, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, sebagai nama provinsi, tidak ditulis "Provinsi x" untuk membedakan dengan Pulau Bali, Kota Bengkulu, Kota Gorontalo, dan Kota Jambi. Jadi jika "Daerah Istimewa Yogyakarta" juga setuju untuk dipindah ke "Yogyakarta", maka saya setuju dengan usulan di atas (sepaket). Mungkin hal ini bisa dibawa ke Warkop, karena terkait lebih dari satu artikel. Silakan undang saya jika hal tersebut didiskusikan di Warkop. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 15 Februari 2024 00.20 (WIB)

External links found that need fixing (Maret 2024)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Daerah Khusus Ibukota Jakarta that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 6 Maret 2024 12.24 (UTC)[balas]

Pergantian nama menjadi Daerah Khusus Jakarta[sunting sumber]

Saya melihat para fraksti DPR sudah sepakat dan telah mengesahkan UU DKJ, sehingga status Ibukota Jakarta sudah tidak aja. Jadi saya mohon untuk Mengganti ke Jaerah Khusus Jakarta saja. Terima Kasih sumber perhgantian nama Baqotun0023 (bicara) 28 Maret 2024 15.19 (UTC)[balas]