Pembicaraan:Brokeback Mountain

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Film  
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Film, sebuah upaya untuk membangun dan menyusun informasi mengenai film dan segala sub-bidangnya. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, di mana Anda dapat bergabung dengan proyek ini dan/atau berkontribusi dalam diskusi.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 

Andai aku bisa memilih…

Saya yakin tak seorangpun ingin dilahirkan dalam keadaan cacat, tetapi itu bukan sebuah pilihan, melainkan sesuatu yang harus diterima sebagai nasib. Saya yakin tak seorangpun ingin dilahirkan dengan keadaan buta warna, sehingga kelak ia tidak bisa mengambil perkuliahan di jurusan farmasi. Tapi lagi-lagi itu bukan sesuatu yang dapat dipilih. Saya rasa demikian pula dengan seorang gay, andaikan ia bisa memilih perasaan, saya yakin ia akan memilih perasaan yang dapat mencintai seorang wanita, bukan seorang pria.

Menurutku, kehidupan seorang gay sangatlah sulit dalam hal percintaan, bahkan menderita. Tidaklah mudah menemukan pasangan gay. Ketika salah melangkah, banyak risiko yang harus dihadapi dan banyak hal yang harus di pertaruhkan, misalnya: harga diri, kehormatan, pekerjaan. Kadang… orang yang dicintai berada didekatnya, ada keinginan mendekap dan didekap, tetapi ia hanya bisa menahan diri, memandang dari jauh. Ada rasa ketakutan, orang lain akan mengetahui keadaan dirinya yang sebenarnya. Tidaklah mudah seorang gay menyatakan cinta kepada seseorang yang ia cintai. Sangat berbeda dengan menyatakan cinta kepada lawan jenis, paling-paling ditolak dan kecewa. Tetapi tidak demikian pada orang yang gay. Kisah cinta mereka adalah kisah cinta yang tersiksa.

Meskipun Annie Proulx (penulis Brokeback Mountain) mengatakan bahwa kisah itu pure fiksi, bukan menceritakan kisah hidup seseorang, tetapi ia menuliskan itu berdasarkan hasil pengamatannya terhadap masyarakat Amerika Utara. Saya sangat berterima kasih kepada Annie yang sudah mengangkat fenomena kaum gay ke sebuah novel yang pada akhirnya diangkat ke layar lebar. Dari sana saya mendapatkan banyak hal, antara lain tentang kebesaran cinta antara dua orang gay, yang bukan semata-mata didasari masalah seksual. Jake Gyllenhall (pemeran Jack Twist) mengatakan bahwa seks bukanlah pembahasan yang utama di dalam kisah Brokeback Mountain, tapi yang diinginkan adalah keintiman. Heath Ledger (pemeran Ennis Del Mar) pun mengatakan bahwa cerita tersebut menunjukkan kuatnya naluri hubungan cinta pada skala yang jauh lebih besar. Ketika saya membaca komentar-komentar mereka saya sungguh terharu dan kagum.

Terkadang saya berpikir dan merenung, mengapa orang (pada umumnya) begitu "memusuhi" kaum gay? Apakah hanya karena perilaku seksual mereka? Tentu yang saya maksud kaum gay disini bukanlah mereka yang disebut waria. Saya bukan orang yang termasuk "memusuhi". Saya beranggapan bahwa mereka manusia yang "normal", bisa berkarya dengan baik dan bisa menjalani kehidupan dengan layak.

Sekali lagi saya menyampaikan rasa kagum, hormat dan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam film Brokeback Mountain. Semua orang telah bermain dengan sangat baik, khususnya Ledger dan Gyllenhall. Kisah ini meninggalkan kenangan yang sangat dalam bagi diriku.

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Brokeback Mountain that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 27 Oktober 2023 11.42 (UTC)[balas]