Pembicaraan:Aljabar Boolean

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aljabar boolean atau Aljabar Boole ?[sunting sumber]

Sama dengan bentuk "Cartesian", apakah bentuk "Boolean" bisa dipakai dalam adaptasi ke bahasa Indonesia? Kembangraps (bicara) 12:59, 21 September 2009 (UTC)

Buku yang pernah saya baca menggunakan bentuk aljabar Boole. Tapi tidak apa juga sih Boolean. Gombang (bicara) 14:08, 21 September 2009 (UTC)
Matematika/ekonomika senang betul dengan bentuk -ian ini ya? Konstruksi kata majemuk yang dikenal di Indonesia hanyalah N-N, tidak ada N-Adj. Itu juga yg jadi masalah ketika membentuk "biologi molekuler". Ketika disodorkan "biologi molekul", jadi rancu artinya (meskipun "biologi kemolekulan" adalah bentuk yang paling pas, tapi ngga enak dibacanya). Saya pribadi sih, kalau bentuk N-N tidak rancu, itu yang dipakai (jadi Aljabar Boole, Diagram Cartesius/Descartes, Statistika Bayes, Ekonomi Keynes, model pertumbuhan Malthus, dan seterusnya). Kembangraps (bicara) 15:13, 21 September 2009 (UTC)
(Mungkin saya terlambat sebelas tahun.) Saya setuju dengan pemilihan "N-N" seperti yang dijelaskan sebelumnya. Contoh lainnya ada Hukum gerak Newton (Newton's laws of motion), Hukum gravitasi universal Newton (Newton's law of universal gravitation), Jarak Euklides (Euclidean distance), Ruang Euklides (Euclidean space), Gerak Brown (Brownian motion), dan Permukaan Brown (Brownian surface). Namun, masih ada yang tidak sesuai juga seperti Fluida Newtonian (Newtonian fluid) dan Fluida non-Newtonian (Non-Newtonian fluid) serta beberapa judul bagian dalam artikel. Mungkin, ini bisa disepakati bersama di Warung Kopi Bahasa. Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 14 Oktober 2020 12.30 (UTC)[balas]
Yang dipakai Kartesius, bukan Kartesian. Contohnya ada Sistem koordinat Kartesius (Cartesian coordinate system) dan Produk Kartesius (Cartesian product). Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 14 Oktober 2020 12.30 (UTC)[balas]