Pembicaraan:Ahmad Dahlan

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Biografi  
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 

Tahun meninggal[sunting sumber]

KH. Ahmad Dahlan meninggal tahun 1923. Salah satu buktinya adalah Muhammadiyah berganti ketua pada tahun tersebut. Mengenai tanggal tepatnya masih diragukan.– komentar tanpa tanda tangan oleh 82.210.112.239 (bk).

Terima kasih untuk informasinya. Isi artikel sudah saya perbaiki. Salam, 10:29, 9 Desember 2009 (UTC)

Karya tulis[sunting sumber]

Tokoh Ulama biasanya punya karya tulisan berupa buku/kitab, mengapa selama ini belum terdengar karya KH Ahmad Dahlan yang berupa buku/kitab hasil pemikiran beliau, kalau ada mungkin akan menambah wawasan bagi khasanah dunia ilmu pengetahuan (112.78.41.210 05:08, 9 Maret 2010 (UTC))

Ada pembaca yang bisa membantu menjawab? Naval Scene (bicara) 27 Oktober 2014 07.28 (UTC)[balas]

Nyai Yasin[sunting sumber]

Ada pendapat dari keturunan KH Ahmad Dahlan bahwa Nyai Yasin dari Pakualaman itu bukan istri dari KH Ahmad Dahlan. Berikut ini komentarnya:

"Saya adalah salah satu cicit KHA Dahlan, dari putri bungsu beliau (dari pernikahan beliau dengan Nyai Haji Ahmad Dahlan-Istri pertama), yang bernama Siti Zuharoh, yang menikah dengan seorang ulama dari Banjarmasin dan masih keturunan dari Syeh Al-Banjari.

Prof. Winai Dahlan itu adalah paman saya, beliau putra dari putra KHA Dahlan (dari pernikahan beliau dengan Nyai Haji Ahmad Dahlan), yang bernama Jumhan. kakek Jumhan adalah kakak dari nenek saya.

Mohon juga untuk diralat, karena sepengetahuan keluarga besar kami, istri KHA Dahlan hanya 4. Kami tidak mengetahui siapa Nyai Yasin dari Pakualaman. Kalau penulis menyatakan istri kelima beliau adalah valid, mohon dibuktikan kepada keluarga besar kami, melalui Yayasan KHA Dahlan di Yogyakarta."

Referensi: https://waskita.wordpress.com/2010/03/09/poligami-kh-ahmad-dahlan/#comment-379

Kadalia (bicara) 16 Agustus 2012 08.07 (UTC)[balas]

Dari rujukan yang tercantum, sepertinya itu dikutip dari buku ini: Salam, Yunus (1968). Riwayat Hidup KHA. Dahlan. Amal dan perjuangannya. Jakarta: Depot Pengadjaran Muhammadijah. Mungkin yang punya akses ke buku tersebut dapat membantu memeriksanya. Terima kasih. Salam, Naval Scene (bicara) 27 Oktober 2014 07.27 (UTC)[balas]

Buku biografi KH Ahmad Dahlan[sunting sumber]

Ada buku biografi KH Ahmad Dahlan berjudul "Cerita Tentang Kiyai Haji Ahmad Dahlan", karangan dari Haji Muhammad Syoedja'. Apakah dapat dipakai untuk referensi artikel ini? Sufi500 (bicara) 26 Oktober 2014 13.41 (UTC)[balas]

Sejauh buku tersebut sudah diterbitkan oleh penerbit tertentu, shearusnya dapat dipakai sebagai referensi. Salam, Naval Scene (bicara) 27 Oktober 2014 07.27 (UTC)[balas]

Skripsi Tentang Ahmad Dahlan[sunting sumber]

Ada skripsi S1 tentang KH Ahmad Dahlan, berjudul "NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM PESAN-PESAN K.H AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN MATERI) " di http://digilib.uin-suka.ac.id/5496/ . Barangkali bisa mengambil beberapa informasi dari situ, plus mengambil bibliografi yang ada di situ. Berikut beberapa literatur yang nampaknya mengulas khusus tentang KH Ahmad Dahlan:

  • Hadjid, KRH. Pelajaran KHA Dahlan (7 falsafah ajaran dan 17 Kelompok Ayat Al-Qur’an). Yogyakarta: Lembaga Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2008.
  • Mulkan, Abdul Munir. Pemikiran KHA Dahlan dan Muhammadiyah. Jakarta: Bumi Aksara, 1990.
  • Salam, Junus. K.H Ahmad Dahlan Amal dan Perjuangannya. Tangerang: Al- Wasat Publising House, 2009.
  • Soedja’, Muhammad. Cerita Tentang Kiyai Haji Ahmad Dahlan . Jakarta: Rhineka Cipta, 1993.

Sufi500 (bicara) 15 Desember 2014 15.52 (UTC)[balas]

Tambahan Referensi[sunting sumber]

Saya tambahkan 2 referensi tentang KH Ahmad Dahlan

  • Wahyudi, Jarot (2002). In Burhanuddin, Jajat. Nyai Ahmad Dahlan: Penggerak Perempuan Muhammadiyah. Ulama Perempuan Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. hlm. 39–67. ISBN 978-979-686-644-1.
  • Syoedja', Muhammad (2003). Cerita Tentang Kiyai Haji Ahmad Dahlan Catatan Haji Muhammad Syoedja'.

Sufi500 (bicara) 1 Februari 2015 15.09 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Ahmad Dahlan that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 23 Oktober 2023 08.25 (UTC)[balas]