Pemberontakan Shays

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemberontakan Shays
Penggambaran Daniel Shays (kiri) dan Job Shattuck, dua pemimpin pemberontakan
TanggalAgustus 1786 – Juni 1787
LokasiMassachusetts, Amerika Serikat
SebabDepresi ekonomi
Pemungutan pajak dan utang yang agresif
Kebijakan fiskal negara
TujuanReformasi pemerintahan
MetodeAksi langsung ke pengadilan terdekat, kemudian organisasi militer
HasilPemberontakan dipadamkan
Pihak terlibat
Demonstran anti-pemerintah
Pemerintah Amerika Serikat
Tokoh utama
Jumlah
4.000+ (jumlah terbesar 1.500)
4.000+ (jumlah terbesar 1.000)
Jumlah korban
5 tewas
lusinan terluka
banyak yang ditangkap
2 dihukum gantung
1 tewas
lusinan terluka

Pemberontakan Shays' adalah perlawanan bersenjata di Massachusetts Tengah dan Barat pada tahun 1786 dan 1787. Pemberontakan ini dinamai dari Daniel Shays, veteran Perang Revolusi Amerika yang merupakan salah satu pemimpin pemberontakan.

Pemberontakan ini dimulai pada tanggal 29 Agustus 1786 dan dipicu oleh beberapa faktor: kesulitan ekonomi akibat depresi ekonomi setelah perang, penyitaan kredit, dan kebijakan fiskal pemerintah yang dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah utang negara. Para demonstran, yang meliputi banyak veteran perang, menutup pengadilan-pengadilan pada tahun 1786 untuk menghentikan pemeriksaan pemungutan pajak dan utang. Demonstran menjadi lebih radikal setelah beberapa pemimpin mereka ditangkap, dan mulai menggunakan kekerasan. Milisi yang dibentuk oleh pemerintah berhasil menghentikan upaya pemberontakan untuk merebut Gudang Senjata Springfield pada akhir Januari 1787. Pasukan pemberontak utama terpecah pada 4 Februari 1787 akibat serangan mendadak terhadap kemah mereka di Petersham, Massachusetts. Perlawanan terpisah masih berlangsung hingga Juni 1787.

Pemberontakan Shays' berlangsung saat Pasal-Pasal Konfederasi dianggap perlu direformasi. Peristiwa ini diyakini telah memengaruhi perdebatan mengenai bentuk pemerintahan yang baru.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]