Pembatasan air di Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pembatasan air Tingkat 5 di Goulburn tahun 2006.
Bendungan Pejar, penyedia air di Goulburn pada November 2005

Pembatasan air sedang diberlakukan di banyak daerah dan kota di Australia sebagai akibat dari penjatahan kronis karena kekeringan. Tergantung letaknya, pembatasan ini juga meliputi larangan menyiram lapangan, memakai sistem penyiram, menyuci kendaraan, menyirami permukaan jalan dan mengisi kolam renang. Peningkatan jumlah penduduk dan bukti iklim yang semakin mengering, dilengkapi dengan pengurangan suplai air minum, telah memaksa pemerintah negara bagian untuk mempertimbangkan sumber air alternatif untuk memenuhi sumber yang telah ada, dan memberlakukan "inspektur air" yang dapat memberikan penalti kepada orang-orang yang membuang-buang air.

Pada Juli 2007, sejumlah daerah dan kota tidak memiliki pembatasan air, termasuk Teritorial Utara, Tasmania, Newcastle, Bathurst dan Dubbo. Juga ada sebagian daerah Australia yang tingkat penyimpanan airnya berada di atau mendekati 100%, seperti Taree.

Banyak negara bagian menjelaskan tingkatan pembatasan air yang berbeda dengan sebutan "tahap": dimulai dari Tahap 1 untuk batasan yang longgar, hingga Tahap 8. Tingkatan tertinggi yang pernah tercapai dalam kekeringan modern adalah tahap 7 di Kingaroy. Ada banyak definisi yang diberikan pada setiap "tahap" di berbagai negara bagian.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]